Bali

Puncak Karang Boma

1522 views

Bali memang terkenal dengan perpaduan antara kebudayaan dan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata di Bali yang menghadirkan kedua aspek tersebut. Contohnya saja Puncak Karang Boma Uluwatu. Uluwatu sendiri berarti puncak batu. Di Puncak Karang Boma ini terdapat sebuah Pura yang telah berdiri sejak abad 11. Inilah yang membuat Puncak Karang Boma Uluwatu ini kemudian menjadi tersohor dengan upacara adat dan sajian tari kecak yang dipertunjukkan di atas ketinggian dan berpadu dengan keindahan bentang alamnya.

Pura Puncak Karang Boma, Badung, Bali - Dolandolen

Photo via I Dewa Gede Pradhana

Puncak Karang Boma Uluwatu yang merupakan tempat berdirinya Pura Luhur Uluwatu berada di kawasan Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Pura Luhur Uluwatu tersebut menurut sejarah yang terdapat di Lontar Kusuma Dewa merupakan salah-satu dari enam Pura Sad Kahyangan yang paling dihormati. Pura ini memiliki lokasi di atas anjungan batu karang yang sangat terjal dan tinggi, posisinya yang menjorok ke arah Samudera Hindia dan berada pada ketinggian ± 97 mdpl. Inilah yang kemudian membuat Puncak Karang Boma Uluwatu menjadi sebuah sensasi wisata yang menarik di tambah lagi dengan keindahan alam yang terhampar di bawahnya.

Tepat di bawah Puncak Karang Boma Badung terdapat sebuah pantai yang sangat indah, yaitu Pantai Pecatu. Pantai ini sudah sangat terkenal bagi wisatawan sebagai tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan olahraga surfing. Selain itu, di pantai ini juga sering diselenggarakan berbagai event surving berskala internasional. Dari atas Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Puncak Karang Boma Uluwatu ini pada saat sore hari menjelang matahari terbenam, dolaners bisa menyaksikan keindahan pesona alam berupa matahari terbenam atau sunset dengan background siluet Pura Luhur Uluwatu yang sangat indah dan tak akan bisa dolaners temukan di tempat lain.

Pada saat sore harinya, sering diadakan upacara adat dan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh dolaners yang datang ke lokasi Puncak Karang Boma Uluwatu ini adalah pertunjukan tari kecaknya. Tari Kecak sendiri merupakan sebuah tari tradisional khas Bali yang merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Bali. Tentunya, bagi dolaners yang berkunjung ke Puncak Karang Boma Uluwatu ini bisa menyaksikan langsung pertunjukan seni ini sembari menunggu sensasi keindahan sunset Puncak Karang Boma Uluwatu tersebut. Setelah pertunjukan selesai, tentunya dolaners juga bisa berselfie ria dengan Hanoman yang menjadi bagian dalam pertunjukan Tari Kecak dan dolaners harus antri terlebih dahulu karena memang sudah banyak yang mengintai momen ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Saat dolaners berkunjung ke Pura Puncak Karang Boma, maka dolaners harus memakai pakaian yang sesuai dan tidak melanggar norma terlebih saat dolaners mengunjungi Pura Luhur Uluwatu. Selain itu, jangan melakukan kegiatan yang bisa mengganggu pertunjukan tari kecak, bersikaplah dengan sopan dan sewajarnya.
Pura Luhur Uluwatu memiliki jarak sekitar 30 km barat daya Kota Denpasar. Untuk menuju ke Pura Luhur Uluwatu, dolaners bisa menggunakan jasa angkutan seperti taksi, mobil sewaan ataupun motor.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link