Puncak Moyeng

487 views

Menanti sang surya menguning dan meninggi di ufuk timur, menikmati pemandangan ketika pelan-pelan perkampungan dan perkotaan mulai tampak seiring kabut yang semakin tipis, seakan membuka tirai untuk menampilkan agungnya Gunung Merapi... adalah sebagian yang Dolaners rasakan saat berada di Puncak Moyeng. Salah satu puncak Menoreh yang anti mainstream ini masih jarang diminati wisatawan meskipun panoramanya tak kalah dari puncak-puncak lain di Menoreh.

Puncak Moyeng, Puncak Moyeng Yogyakarta. Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by yogapitung

Perjalananan menuju Puncak Moyeng sudah memanjakan mata dengan pemandangan hamparan sawah di kanan kiri jalan. Meskipun sejatinya tak setinggi Puncak Suroloyo, atau puncak-puncak lain di Pegunungan Menoreh, lokasi Puncak Moyeng yang berada di ujung kawasan timur Yogyakarta menghadirkan panorama kota dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, serta tak ketinggalan, barisan Pegunungan Sewu di satu sisi yang lain.

Akses infrastruktur menuju Puncak Moyeng masih berupa jalan aspal, tapi tentu tak sampai puncak. Hanya saja, jalur menanjak sudah mulai terasa, apalagi ketika Dolaners tiba di kawasan Kiskendo. Yang jelas, jangan sekali-kali menuju Puncak Moyeng dengan sepeda, kecuali Dolaners memang punya stamina terlatih untuk bersepeda lintas alam.

Sekitar 10 menit setelah Dolaners keluar dari jalan aspal, sebaiknya parkir kendaraan di tempat yang cukup lapang. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Puncak Moyeng dengan berjalan kaki. Sebagaimana biasanya pendakian gunung, perjalanan menuju Puncak Moyeng biasanya dilakukan menjelang matahari terbit. Tentu, suasananya cukup gelap, jadi sebaiknya Dolaners sudah paham medan sebelum menjelajah Gunung Moyeng malam-malam. Bisa dengan orang yang telah berpengalaman dengan Gunung Moyeng, atau sudah cek lokasi disiang hari. Baru, perjalanan ke Puncak Moyeng untuk melihat sunrise bisa dilakukan dengan lancar.

Puncak Moyeng, salah satu puncak Pegunungan Menoreh ini, masih belum banyak dilirik wisatawan lokal, apalagi mancanegara. Tentu dibutuhkan jerih payah tak mudah supaya tiba di lokasi dengan sehat, aman, sentosa. Tapi bila dibandingkan dengan pilihan-pilihan lain yang lebih mblusuk, Puncak Moyeng masih bisa dibilang tak jauh dari peradaban manusia, alias pemukiman penduduk. Pilihan yang pas, bila Dolaners suka lokasi-lokasi yang masih jarang terjamah orang tanpa harus mati gaya. Masih asri dan alami. Tetap dijaga ya, Dolaners!


AKTIVITAS

Kuliner
Puncak Moyeng benar-benar masih alami. Tak ada fasilitas apapun di area puncak, termasuk warung makan. Jadi Dolaners musti bawa bekal makanan sendiri. Pilihan terdekat untuk mengisi perut atau beristirahat melepas lelah adalah di warung penduduk yang ada di Dusun Banaran.
Akomodasi
Tidak ada tiket masuk untuk bertandang ke Puncak Moyeng.
Kegiatan
View favorit di Puncak Moyeng adalah pemandangan matahari terbit. Panorama favorit para pendaki gunung nih, Dolaners. Dolaners penyuka fotografi pasti sudah pegang kamera bila mendapat sajian pemandangan sunrise di Puncak Moyeng. Kalau Dolaners sukanya selfie, jangan ketinggalan tongsisnya, ya!
Tips BerwisataAkses Transportasi
Puncak Moyeng berada di perbatasan Dusun Sekaro Desa Giripuwo dan Dusun Tileng Desa Pendoworejo. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dan tahukah Dolaners, kalau Kecamatan Girimulyo punya 27 lagi destinasi wisata alam yang menggoda untuk dijelajahi? Jadi, turun Gunung Moyeng, lanjut deh keliling-keliling Girimulyo.
Menuju Puncak Moyeng dari Kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi, Dolaners ambil rute ke arah barat, melewati Godean, melewati jembatan Sungai Progo, kemudian Kenteng Nanggulan, terus hingga ke arah Girimulyo, ke arah Perbukitan Menoreh. Sebaiknya menggunakan kendaraan yang tangguh ya Dolaners, karena medannya cukup menanjak. Sekitar 10 menit dari Kenteng, Dolaners akan melihat papan penunjuk arah ke kiri, bertuliskan Puncak Moyeng. Ikuti jalan semen ini, yang kemudian akan berganti tanah. Bila musim hujan, jalan tanah ini akan menjadi medan offroad. Nah, kebayang kan, kendaraan macam apa yang dibutuhkan? Jangan terlalu risau dengan rute, karena Dolaners bisa bertanya pada warga setempat yang selalu memberi petunjuk arah dengan ramah pada setiap orang yang bertanya, apalagi yang tersesat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link