Daerah Istimewa Yogyakarta

Puncak Panguk Kediwung

1051 views

Hamparan pegunungan hijau di deretan Imogiri dan Dlingo akan menyapa dolaners saat mengunjungi negeri di atas awan yang satu ini. Puncak Panguk Kediwung ini memang selalu diselimuti awan tebal dan tentunya memikat mata siapapun yang mendatanginya. Tak hanya itu, saat matahari terbit dan mulai menyapa, sunrise berkabut adalah lukisan alam selanjutnya yang tak kalah mempesona.

Bukit Panguk Kediwung, Mangunan, Dlingo - Daerah Istimewa Yogyakarta

Photo via Fedora Devena

Objek wisata Puncak Panguk ini memiliki lokasi di wilayah Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, di Kabupaten Bantul. Lokasinya berada di Puncak Bukit Batu Lawang yang berjarak sekitar 2 km dari kawasan Kebun Buah Mangunan. Objek wisata Bukit Panguk Kediwung masih tergolong baru karena baru resmi dibuka pada tanggal 16 Mei 2016 silam. Lokasinya yang berada di bibir bukit membuat tempat ini terlihat sangat instagrammable dan bisa dolaners jajal untuk huning foto seraya memanjakan mata dolaners.

Di lokasi wisata Puncak Panguk ini sudah didirikan cukup banyak gardu panjang yang menjorok ke mulut tebing dan bagi dolaners yang mengambil foto disana akan mendapatkan angle yang sangat bagus dan luas nantinya. Jika dolaners lelah, maka dolaners bisa juga untuk beristirahat di gazebo-gazebo yang dusah disediakan di Puncak Panguk Kediwung ini. Lokasi wisata satu ini memang sering dijuluki negeri di atas awan karena memang selalu berkabut, terlebih lagi pada saat pagi hari.

Selanjutnya, yang paling dicari oleh dolaners yang datang berkunjung kesini adalah sunrise Puncak Panguk Kediwung ini. Dolaners akan takjub melihat matahari terbit di sela-sela awan tebal yang menyelimuti kawasan Puncak Panguk Kediwung ini. Spot terbaik untuk melihat sunrise tersebut adalah gardu-gardu yang telah disediakan tadi.


AKTIFITAS

Kuliner
Di lokasi wisata Puncak Panguk Kediwung ini sudah banyak yang mendirikan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tentunya, dolaners tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal makanan dari rumah dan tak perlu takut akan rasa haus dan lapar saat dolaners berada di lokasi wisata Puncak Panguk Kediwung ini.
Akomodasi
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Di lokasi wisata Puncak Panguk kediwung ini dolaners akan bisa menikmati pemandangan bak negerri di atas awan dan juga melakukan hunting foto karena memang Puncak Panguk Kediwung Yogyakarta sangat mempesona. Selain itu, dolaners bisa menikmati sunrise berkabut dari atas Puncak Panguk ini dan tentunya hal tersebut merupakan fenomena yang sangat indah untuk diabadikan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Di lokasi wisata Puncak Panguk Kediwung ini dolaners akan bisa menikmati pemandangan bak negerri di atas awan dan juga melakukan hunting foto karena memang Puncak Panguk Kediwung ini sangat mempesona. Selain itu, dolaners bisa menikmati sunrise berkabut dari atas Puncak Panguk ini dan tentunya hal tersebut merupakan fenomena yang sangat indah untuk diabadikan.
Cara menuju ke lokasi Bukit panguk, sebenarnya cukup mudah asalkan dolaners tahu arah jalan untuk menuju ke Hutan Pinus ataupun lokasi Kebun Buah Mangunan. Jika dolaners dari arah Jogja, maka dolaners tinggal ambil saja arah yang menuju ke kawasan Imogiri. Kemudian dolaners bisa lanjut menuju ke Dlingo ataupun Kebun Buah Mangunan dan sudah tersedia papan penujuk arahnya. Setelah dolaners sampai di daerah sekitar Kebun Buah Mangunan,dolaners bisa bertanya ke warga sekitar arah jalan untuk menuju ke Kediwung. Setelah dolaners berada di Dusun Kediwung, maka dolaners tinggal ikuti saja petunjuk arah jalan karena telah banyak terpasang oleh pengelola Puncak Panguk Kediwung Yogyakarta.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link