Puncak Punthuk Setumbu

968 views

Nirwana Sunrise merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Candi Borobudur. Berjarak kurang lebih 5 km, tempat yang mempunyai nama asli Puncak Punthuk Setumbu ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh tempat lain.

Punthuk Setumbu

Photo by liburmulu.com

Berada di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, untuk mencapai ke Puncak Punthuk Setumbu, Dolaners bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang dengan jarak 20 km untuk sampai ke tempat tujuan. Atau bisa juga berangkat dari Candi Borobudur melalui Jl. Ngaran Kidul, dengan jarak hanya 4 km. Untuk bisa sampai ke Nirwana Sunrise ini Dolaners bisa menggunakan jasa ojek agar lebih tersistematis dan tidak sampai ketinggalan moment matahari terbitnya.

Ya, disebut Nirwana Sunrise karena memang dari tempat ini Dolaners bisa menikmati indahnya matahri terbit. Dari Puncak Punthuk Setumbu ini,  Dolaners bisa menjadi saksi kemunculan sang surya yang seakan membelah dua wilayah dan gunung, yakni Pegunungan Menoreh di sebelah selatan dan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di bagian utara. Sembari menunggu detik detik kemunculannya Dolaners bisa mengabadikan setiap moment yang ada. Dan tentu saja begitu matahari mulai menampakkan diri, view yang ada di Punthuk Setumbu ini amat sangat membuat Dolaners akan terpukau oleh keindahannya. Selain sebagai koleksi pribadi, banyak orang yang melakukan pemotretan komersil di Puncak Setumbu ini. Karena kini Puncak Punthuk Setumbu sudah dikelola secara profesional sebagai kawasan objek wisata, maka untuk bisa masuk ke kawasan Nirwana Sunrise Dolaners perlu membayar tiket seharga Rp. 15.000,-


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Puncak Punthuk Setumbu tak perlu khawatir akan kelaparan. Hal ini karena di desa terdekat terdapat warung makan, sehingga Dolaners bisa memesan makanan maupun minuman. Apalagi menyantap makanannya ditemani dengan panorama pemandangan yang indah luar biasa ada di depan mata, dijamin semakin nikmat.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 15.000,- (Domestik) & Rp. 30.000,- (Mancanegara)
Kegiatan
Berada di Puncak Punthuk Setumbu ini seolah sedang berada di negeri di atas awan. Pemandangannya sunggu indah menakjubkan. Salah satu waktu yang tepat adalah di pagi hari bersamaan dengan menjemput sunrise, sembari menunggu detik detik kemunculannya Dolaners bisa mengabadikan setiap moment yang ada. Dan tentu saja begitu matahari mulai menampakkan diri, view yang ada di Punthuk Setumbu ini amat sangat membuat Dolaners akan terpukau oleh keindahannya. Selain sebagai koleksi pribadi, banyak orang yang melakukan pemotretan komersil di Puncak Setumbu ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berada di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, untuk mencapai ke Puncak Punthuk Setumbu, Dolaners bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang dengan jarak 20 km untuk sampai ke tempat tujuan. Atau bisa juga berangkat dari Candi Borobudur melalui Jl. Ngaran Kidul, dengan jarak hanya 4 km.
Jika Dolaners ingin menuju ke Puncak Punthuk Setumbu dengan menggunakan transportasi umum, maka bisa naik bus trans Jogja dari Yogyakarta hingga Candi Borobudur, kemudian naik ojek untuk bisa sampai ke Bukit Punthuk Setumbu.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link