Puncak Widosari

660 views

Suka menghirup udara segar pegunungan? Berjalan-jalan menikmati hijaunya pemandangan dan mengisi paru-paru dengan udara segar seakan me-reset pikiran yang penat. Dan lagi, badan jadi lebih fit dan bugar, hasil dari kegiatan fisik dan udara bersih. Tapi tak harus naik ke puncak gunung besar, Rinjani misalnya, apalagi bila Dolaners bukan pecinta alam yang tak pulang-pulang. Jalan-jalan saja ke Puncak Widosari, menikmati pemandangan dari kawasan Menoreh.

Puncak Widosari, Puncak Widosari Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via dekasetyandri

Tak harus melulu ke destinasi wisata yang menawarkan wahana permainan atau spot selfie, Dolaners bisa hiking santai dan menikmati pemandangan alam menakjubkan dari ketinggian Puncak Widosari. Gunung Widosari adalah bagian dari gugusan Pegunungan Menoreh, yang puncaknya bisa Dolaners lihat dari Borobudur di Magelang.

Hiking ke Puncak Wonosari memang membutuhkan stamina, tapi tak harus ikut kelompok pecinta alam dulu, kok. Salah satu bukit di Kulon Progo Yogyakarta ini medannya tak terlalu sulit. Bahkan, bagi kalangan pecinta alam yang udah biasa naik gunung, trek menuju Puncak Wonosari ini seperti jalan-jalan santai saja. Bagi keluarga yang memang aktif secara fisik, Puncak Wonosari ini bisa jadi salah satu pilihan destinasi wisata keluarga juga.

Konon menurut cerita dari mulut ke mulut, Gunung Widosari ini menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Entah di sebelah mana atau seberapa akurat kisah ini, yang jelas Dolaners bisa menikmati sejuknya hawa pegunungan saat dolan ke kawasan Widosari di Dusun Tritis, Samigaluh ini. Kawasan pegunungan ini sudah lebih dulu terkenal akan perkebunan tehnya, yaitu perkebunan teh Nglinggo, jadi hawanya tentu sejuk segar.

Ketenangan Puncak Widosari berpadu sempurna dengan keindahan panorama yang tersaji saat Dolaners tiba di titik tertingginya. Hmm… sebenarnya bukan titik tertinggi juga sih, karena ada sebongkah batu kokoh yang menjulang di dekat Puncak Widosari. Bisa tampak aneh, tapi unik juga. Apalagi bila Dolaners melihat keseluruhan Gunung Widosari, seperti melihat gumpalan awan dalam berbagai bentuk sesuai imajinasi, kawasan perbukitan ini bisa menampilkan pahatan alami kepala manusia dengan benjolan mata, hidung, dan mulut. Menarik, bukan? Nah, siapa hendak turut ke Kulon Progo?


AKTIVITAS

Kuliner
Jangan lupa bawa bekal, apalagi air putih. Tapi jangan risau, karena ada warung-warung yang menjual makanan di kawasan Widosari. Tentunya, makanan khas pedesaan Yogyakarta. Jangan berharap pizza, ya!
Akomodasi
Retribusi: Rp 2.000,-
Kegiatan
Menempuh perjalanan mendaki bukit, atau biasa disebut hiking, di kawasan Widosari ini tidak terlampau sulit. Pasalnya, trek menuju Puncak Widosari sudah tertata, jadi medannya bisa dibilang mudah. Tapi wajib hati-hati, karena Dolaners akan melalui jurang yang cukup dalam di kanan kiri setapak. Saat musim hujan, medan bisa sangat licin. Setelah lelah hiking dan puas menikmati panorama pegunungan Widosari, Dolaners bisa mampir ke pemukiman penduduk Desa Ngargosari. Selain bermatapencaharian sebagai petani, warga Ngargosari  juga beternak kambing. Siapa tahu Dolaners beruntung bisa menikmati susu kambing segar.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jangan kesampingkan unggah ungguh, orang Jawa bilang, atau tata krama saat bertamu ke suatu wilayah. Nah, kalangan pecinta alam tentu paham hal-hal beginian, kan? Kalau naik ke Puncak Widosari, salah satu larangan yang dianjurkan adalah jangan membakar dupa atau kemenyan. Alasannya? Yang begini-begini gak usah dianalisa, Dolaners. Turuti aja, gak pake pusing.
Bila menggunakan kendaraan pribadi, dengan berpatokan dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners lajukan kendaraan ke arah barat, tepatnya ke arah Godean. Menyusuri Jalan Godean, lewati Pasar Godean, masih terus lurus, hingga tiba di perempatan Nanggulan. Di simpang jalan ini, Dolaners belok kanan, teruskan hingga tiba di perempatan Dekso atau Pasar Plono. Dolaners akan menemukan petunjuk arah di kawasan ini, ikuti saja menuju Puncak Widosari. Arahnya hampir sama dengan tujuan ke Kebun Teh Nglinggo. Tapi sebelum mencapai kawasan kebun teh ini, Dolaners belok kanan menuju parkiran Puncak Widosari.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link