Pura Agung Jagat Karana Surabaya

1806 views

Pura di Surabaya? Oh, jangan salah.Selain cuaca panasnya, ternyata Surabaya dan Bali punya kesamaan dalam hal tempat peribadatan umat Hindu, yaitu pura. Dolaners bisa menemukan suasana yang mirip-mirip Bali di Pura Agung Jagat Karana Surabaya. Ya, Dolaners tak salah baca. Ada di Surabaya. Nah, sekarang Dolaners tak perlu ke Bali kalau mau suasana seperti Bali. Yuk lihat, semirip apa sih pura ini dengan Bali.

Pura Agung Jagat Karana Surabaya, Pura Agung, Pura Agung Jagat Karana, Dolan Dolen, Dolaner

photo via Chassanovaa

Pura Agung Jagat Karana adalah tempat ibadah umat Hindu yang masih difungsikan hingga hari ini. Sebagaimana pura-pura yang ada di Bali, tempat ibadah di Kota Surabaya ini juga punya keunikan dan kekhasan ornamennya. Hampir terasa seperti replika Bali, dengan susunan atap puranya, bunga-bunga kambojanya, iringan orang beribadah dengan pakaiannya yang khas, serta gamelan yang mengalun tenang dari bagian dalam. Suasana Bali ini akan makin terasa bila Dolaners memandang Pura Agung Jagat Karana Surabaya ini dengan frame kamera yang terbatas.

Pura Agung Jagat Karana yang ada di Kota Surabaya ini merupakan Pura Kahyangan yang mulai dibangun diakhir tahun 1960-an. Berbagai renovasi mengiringi perkembangan tempat ibadah ini hingga beberapa tahun kemudian. Di bagian depan, Dolaners bisa melihat candi bentar yang indah dengan ukiran-ukirannya serta patung sosok Dewi Saraswati. Sang Dewi berdiri di atas bunga teratai dengan patung angsa dikanan kirinya. Bagian dinding luar Pura Agung Jagat Karana dihiasi dengan berbagai ukiran dewa dewi yang indah sekali. Tempat ibadah ini sekarang sudah tertata menjadi tiga bagian, yaitu Mandala Nista atau Jaba Luar, Mandala Madya atau Jaba Tengah, dan Mandala Utama atau Jeroan. Dan kalau Dolaners ke tempat ini tidak untuk ibadah, maka Dolaners tidak akan diperbolehkan masuk ke bagian dalam. Jadi acara foto-foto dan melihat-lihat hanya bisa dilakukan di bagian luar saja ya, Dolaners.

Dengan angle yang tepat dan frame yang pas, Dolaners bisa muncul di foto dengan background yang akan mirip sekali dengan Bali. Kalau Dolaners memang hobi fotografi, proses pengambilan gambar di tempat ini akan jadi tantangan yang seru. Bagaimanapun juga, Pura Agung Jagat Karana ini ada di Surabaya, bukan Bali. Kalau Dolaners tak ada waktu atau biaya untuk jauh-jauh ke Bali, nampang di sekitar Pura Agung Jagat Karana sudah bisa jadi pelipur nestapa. Bisa jadi tampilan beda di Instagrammu, kan?


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bersikap sopan dan respek sama tempat ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan saat Dolaners memutuskan untuk melihat-lihat atau mengambil gambar di sini. Kenakan pakaian yang sopan. Jangan membuat kehebohan atau keributan, sehingga mengganggu peribadatan yang berlangsung. Serta patuhi peraturan dan larangan yang diterapkan pura bagi pengunjung yang datang tidak untuk ibadah.
Bila Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat ataupun roda dua, maka perjalananmu akan lebih nyaman. Tapi bila harus menggunakan angkutan umum, Dolaners musti siap menyambung perjalanan dengan menggunakan ojek hingga sampai di depan Pura Agung Jagat Karana.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link