Denpasar

Pura Agung Jagatnatha

2010 views

Pura Agung Jagatnatha didesain dengan konsep Penyungsungan Jagat, yakni konsep ornament yang sangat indah dan unik khas masyarakat adat Bali. Tepat di tenga bangunan ada menara yang menjulang tinggi. Pura Agung Jagatnatha juga menjadi destinasi wisata yang sangat unik, karena nilai estetika dari bangunan pura Pura Agung Jagatnatha juga sangat tinggi.

Pura Agung Jagatnatha

Photo by panoramio.com

Pulau Bali, pulau dewata, maka tak heran kalau di pulau yang satu ini kita menemukan banyak sekali budaya yang sangat kental dengan religi khas masyarakat Bali . Masyarakat sebagian besar sangat dikenal taat terhadap agamanya. Salah satu agama yang banyak dianut masyarakat Bali adalah agama Hindu. Maka tak heran di Bali banyak sekali tempat peribadatan pura yang sangat unik baik dari segi ornament maupun desain bangunan. Pura Agung Jagatnatha adalah salah satu pura terbesar di Kota Denpasar, Bali.

Pura Agung Jagatnatha menghadap ke gunung Agung, yang diiyakini sebagai tempat pata dewa bersemayam. Masyarakat Bali sangat menjunjung tinggi adat dan agama, maka para wisatawan Bali juga harus selalu menjaga tata tertib di tempat persembahyangan agar rasa toleransi tetap harmonis. Saat bulan purnama, di Pura Agung Jagatnatha juga sangat ramai dikunjungi khususnya bagi mereka yang mau berdoa dan memiliki permohonan pada Tuhan yang Maha Esa. Saat ini Pura Agung Jagatnatha Bali dibuka dua puluh empat jam bagi siapa saja yang mau beribadah. Tentu tak boleh saling mengganggu bagi siapapun yang ingin beribadah di sana.

Lokasi dari Pura Agung Jagatnatha berada di sebelah timur lapangan Puputan, Denpasar. Kalau ditempuh dari bandara internasional Ngurah Rai sekitar 13 kilometer. Pura ini merupakan pura yang sangat dihargai oleh masyarakat sekitar dan juga Bali, maka bagi siapapun yang tak berkepentingan harus selalu menjaga toleransi dan harus menjaga sikap.

Pura Agung Jagatnatha adalah salah satu bukti bahwa keragaman Indonesia sangatlah beragam dan juga sangat kaya akan kekayaan budaya. Keramahan warga Bali merupakan bukti bahwa Bali akan selalu di hati bagi para sesiapa saja.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makanan Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan menuju Pura Agung Jagatnatha ini banyak terdapat tempat makan, mulai dari warung hingga restaurant. Beragam tempat makan yang ada disini menawarkan menu andalannya masing masing. Salah satu Rumah Makan yang ramai dikunjungi para penikmat kuliner setiap harinya adalah Buleleng Restoran.
Kegiatan
Pura Agung Jagatnatha merupakan pura yang paling besar di Kota Denpasar. Pura ini selain sebagai tempat sembahyang umat Hindu yang merupakan kepercayaan mayoritas di Bali, juga menjadi objek wisata sejarah dan keagamaan para wisatawan. Disini Dolaners bisa mengenal sejarah dan keagamaan masyarakat Bali lebih jauh lagi. Jangan lupa membawa kamera kesayanagan Dolaners untuk mengabadikan setiap moment karena banyak spot menarik di kawasan Pura Agung Jagatnatha ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses rute untuk Dolaners menuju lokasi Pura Agung Jagatnatha ini cukup mudah, karena terletak di lokasi yang strategis dengan akses yang lancar yakni Dolaners bisa mengambil jurusan menuju ke kawasan Sudirman – Dewi Sartika – Diponegoro – Hasanudin – Puputan, lalu Dolaners akan menemukan Taman Puputan Badung Bali ini, nah dari sini Dolaners tinggal menyebrang jalan karena lokasi Pura Agung Jagatnatha ini terletak diseberang atau di sebelah barat Taman Puputan Badung.
Untuk dapat sampai ke Pura Agung Jagatnatha ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau bahkan bus kota. Dolaners tinggal naik bus trans sarbagita yang menuju ke Taman Puputan Badung Bali, hal ini karena Pura Jagatnatha terletak diseberang Taman Puputan Badung ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link