Pura Lingsar

869 views

Tempat wisata yang satu ini memang sangat unik dan khas sekali. Dengan latarbelakang kehidupan spiritual yang mana terdiri dari dua penganut kepercayaan, menjadikan Pura Lingsar sebagai salah satu destinasi wisata Lombok yang cukup berbeda dan istimewa.

Pura Lingsar

Photo by triptrus.com

Pura Lingsar terletak di Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini akan memberikan Dolaners gambaran kehidupan spiritual yang akur nan rukun. Yakni antara penganut kepercayaan agama Islam dengan Hindu. Pura ini didirikan oleh Anak Agung Ngurah pada 1714. Sejak pura ini berdiri, sudah dianggap sebagai salah satu pura yang tersuci di wilayah Lombok. Memiliki kombinasi nilai agama dari kepercayaan Hindu dengan Islam. Hal inilah yang membuat Pura Lingsar menjadi destinasi wisata yang sangat istimewa.

Pura Lingsar di Lombok mempunyai 4 macam bangunan, yakni Pura Kemaliq, Gaduh, Pesiraman & pesimpangan Bhatara Bagus Balian dan Lingsar Wulon. Ketiga kawasan Kemaliq, Gaduh serta Bhatara Bagus Balian di pagari dengan tembok pembatas yang cukup besar. Disana biasanya diadakan upacara pemujaan terhadap kelahiran Ida Bhatara yang umat Hindu lakukan. Upacara tersebut dinamakan upacara Pujawali. Umat Hindu menggunakan Pura Gaduh, sedangkan umat Islam mempergunakan Kemaliq sebagai area ibadah. Suku Sasak yang menganut Islam rutin menggelar do’a bersama di kawasan Kemaliq tersebut. Sehingga rasa toleransi yang tinggi terbina antara umat Islam dengan Hindu. Selain itu satwa yang di anggap suci oleh umat Hindu juga di larang di konsumsi atau di sembelih oleh umat Islam, begitu pula sebaliknya.

Ketika Dolaners memasuki area Pura Lingsar Lombok, Dolaners di perkenankan untuk menggunakan selendang kuning yang telah di persiapkan untuk dikenakan di pinggang. Hal ini dilakukan guna memberi penghormatan kepada tempat-tempat yang di sucikan oleh pemeluk agam Hindu dan Islam. Nah, tidak jauh dari area pura, terdapat pula kolam kecil yang memiliki air jernih dan tidak pernah kekeringan. Apabila ada yang melempar koin sembari berdoa, konon katanya dapat dikabulkan apa yang menjadi doanya. Sekian ulasannya, semoga bermanfaat ya, Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makanan Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Pura Lingsar ini banyak terdapat tempat makan, mulai dari warung hingga restaurant. Beragam tempat makan yang ada disini menawarkan menu andalannya masing masing. Seperti Sushi Men, Rumah Makan Asano, The Berugaq Coffee House & Gallery dan masih banyak lagi.
Kegiatan
Selain bisa melihat ritual keagamaan yang unik, Dolaners juga harus menjelajahi kemegahan Pura ini. Selain pura Gaduh dan Kemaliq, di Pura Lingsar terdapat kolam yang dibangun untuk menghormati Dewa Whisnu dengan luas 6.230 meter persegi. Kolam bernama Telaga Ageng ini dihuni ikan yang jika tidak dipanggil keluar tidak akan menampakkan diri. Di dasar kolam Dolaners akan melihat banyak uang koin yang berserakan. Uang-uang tersebut dilempar oleh pengunjung. Konon katanya setiap pengunjung yang melempar koin ke dalam kolam akan mendapatkan kemudahan rejeki dari Tuhan.
Tips Berwisata
Akses menuju ke Pura Lingsar ini terbilang mudah. Ini karena letaknya yang hanya sekitar 7 km dari kawasan Narmada dan hanya 15 km dari Kota Mataram. Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke kawasan Narmada, kemudian dilanjutkan lagi menuju ke kawasan Lingsar. Maka Dolaners akan menemukan kemegahan Pura Lingsar ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link