Rumah Sate Mbah Margo

1349 views

Ogah makan olahan daging kambing karena bau prengusnya? Apalagi kambing jantan ya, Dolaners. Bau prengus yang menguar ini bener-bener bikin hilang selera makan, deh. Makanya, orang suka pilih-pilih alias rewel kalau mau makan olahan daging kambing, kecuali emang udah dari sononya doyan, sih. Kalau Dolaners bagaimana? Suka tidak, sama olahan daging kambing? Misalnya yang disate, ditongseng, digule, atau yang lain-lain. Seperti yang dihidangkan di Rumah Sate Mbah Margo, nih.

Rumah Sate Mbah Margo, Rumah Sate Mbah Margo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjaculinary

Ada yang menyebutnya satay, ada juga yang menamainya Javanese Steak. Tapi yang namanya sate kambing, tentu Dolaners udah pada tahu, kan? Dan konon, menurut referensi dari mulut ke mulut, Rumah Sate Mbah Margo ini adalah yang terbaik di Kulon Progo.

Ternyata, sate kambing yang paling enak di wilayah Kulon Progo ini tidak dibuat di sebuah warung atau resto. Malahan, tempat untuk mengolah dan makan sate kambing yang melegenda ini berupa sebuah rumah tinggal biasa, ya rumahnya Mbah Margo. Makanya, sate inipun terkenal dengan nama Rumah Sate Mbah Margo. Saat mampir untuk mencicipi sate kambing ini, kemungkinan besar Dolaners akan melihat Mbah Margo dalam balutan kebaya tradisional Jawa tengah duduk di sekitar teras. Mbah margo sering bermurah hati menceritakan masa lalunya saat masih menjajakan sate keliling bersama suaminya, hingga mulai membuka kedai sekitar tahun 1965.

Seiring waktu, meskipun hingga nyaris 2 dekade kemudian, Rumah Sate Mbah Margo semakin dikenal luas. Alih-alih dibakar dengan tusukan bambu sebagaimana sate kambing pada umumnya, Rumah Sate Mbah Margo menggunakan tusuk besi yang mirip seperti sate klathak. Racikan bumbunya yang mantap membuat daging kambingnya terasa gurih dan beraroma sedap, teksturnya juga empuk. Didukung oleh pemilihan usia kambing yang spesifik, pengolahan daging sedari penyembelihan yang dilakukan sendiri, serta umur daging yang tak boleh lebih dari 24 jam, tentu citarasa sate di Rumah Sate Mbah Margo ini juara. Rata-rata, Rumah Sate Mbah Margo menyembelih 2 ekor kambing setiap hari. Namun bila sedang musim liburan atau saat akhir pekan, angka ini membengkak antara 4 hingga 7 ekor.

Tak hanya proses panjang sejak sebelum kambingnya dipotong, Rumah Sate Mbah Margo menghidangkan menu satenya dengan cara yang istimewa pula. Keunikan hidangan sate di Rumah Sate Mbah Margo ada pada taburan irisan kubis dan tomat segar. Hampir tak ada sate yang dihidangkan dengan irisan kubis, karena topping ini biasanya muncul dalam racikan soto. Tapi entah bagaimana irisan kubis dan tomat segar ini rasanya nyambung aja sama satenya Mbah Margo, ditambah dengan irisan bawang merahnya juga. Maknyus deh, pokoknya!


AKTIVITAS

Kuliner
Rumah Sate Mbah Margo menyediakan daging kambing muda untuk sate. Gak kudu dibakar, Dolaners bisa pesan daging kambingnya digoreng. Unik, bukan? Oh ya, dan masih ada pula tongseng kambing yang tak kalah nikmat. Dan jangan lupakan pula gule serta tengklengnya. Duh, bingung ya, pilih yang mana…
Akomodasi
Seporsi sate dengan nasi dan minum: Rp 25.000,-
Tips Kuliner
Tahukah Dolaners, apa yang unik dalam sate kambingnya Rumah Sate Mbah Margo? Setelah dibakar, satenya dilepas dari tusuk, jadi Dolaners tinggal menikmati potongan daging kambing siap santap di piring. Gak perlu repot-repot gigit-gigit sate dari tusuknya, dan cukup aman buat pelanggan keluarga yang datang menikmati sate bersama si kecil.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bila kesulitan menemukan Rumah Sate Mbah Margo, Dolaners tinggal bertanya lokasi perempatan Kenteng Ngemplak pada warga Desa Kembang. Atau, langsung saja bilang mau ke Rumah Sate Mbah Margo Utomo.
Untuk menikmati sate kambing yang nikmat di Rumah Sate Mbah Margo, mudah saja. Bila menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners tinggal menuju ke arah barat dari kawasan Tugu Jogja. Dolaners akan tiba di wilayah Dusun Boto Wetan, dan menemukan Rumah Sate Mbah Margo dengan mudah karena lokasinya yang berada di tepi Jalan Purboyo – Ngentak.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link