Sahid Sudirman Center, Jakarta

8383 views

Seni arsitektur yang semakin maju membuat orang lebih menghargai lingkungan perkantoran yang tertata dengan baik. Saat berada di gedung Sahid Sudirman Center, berada dalam kawasan Sudirman City, Dolaners akan langsung bisa merasakan kemewahan dimanjakan oleh fasilitas Kota Jakarta. Semua hal di tempat ini terintegrasi dengan sempurna. Dan yang teristimewa adalah gedung Sahid Sudirman Center sendiri, yang menjulang mencapai langit dengan ketinggian diatas rata-rata.

Sahid Sudirman Center, Sahid Sudirman Center Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via ach_perm

Kalau ada top five gedung tertinggi di Jakarta, Sahid Sudirman Center berada di peringkat ke empat. Gedung pencakar langit ini memiliki 59 lantai, dengan ketinggian gedung mencapai 258 meter dan luas lahan satu hektar. Dan lagi, tak tanggung-tanggung, masih ada empat lantai basement yang berfungsi sebagai lahan parkir. Area parkir ini termasuk pula tujuh lantai di atas basement, hingga gedung ini sanggup menampung 1500 unit kendaraan.

Untuk melengkapi fasilitas mobilitas seluruh penghuni gedung, ada 22 elevator penumpang, tiga elevator parkir, dua elevator service, dan satu elevator eksekutif. Fasilitas lain pada gedung Sahid Sudirman Center ini termasuk pendingin ruangan yang menggunakan VRV system, toilet VIP pada setiap lantai, serta jaringan fiber optic dengan broadband tangguh.

Dibanding gedung perkantoran lain di kawasan Sudirman, Sahid Sudirman Center memiliki fasilitas penunjang yang lebih terintegrasi. Pertama, lokasinya yang berada dalam kawasan Sahid City memungkinkan dukungan fasilitas lain mulai dari hotel bintang lima, apartemen, hingga rumah sakit. Memang fasilitas-fasilitas pendukung ini telah ada sebelum Sahid Sudirman Center selesai dibangun. Kedua, dari keseluruhan bangunan, 206.000 meter persegi, hanya 132.000 meter persegi saja yang difungsikan sebagai bangunan perkantoran. Sisanya adalah lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya. Tentunya ini sangat memfasilitasi kebutuhan para pengguna gedung. Dan yang ketiga, Sahid Sudirman Center dikelilingi oleh gedung-gedung perkantoran penting yang lain, seperti perusahaan multi-national, kantor pusat pemerintahan, perusahaan BUMN, perbankan, kedutaan besar, universitas, retai, dan pusat-pusat perbelanjaan. Memang kawasan Sahid City ini telah dilengkapi dengan Grand Sahid Jaya Hotel, Grand Sahid Jaya Hotel, Sahid Office Boutique, Sahid Sahirman Memorial Hospital, dan Sahid Sudirman Residence. Yang akan menyusul melengkapi kawasan Sahid City ini adalah menara kembar Sahid Perdana Tower.

Gedung yang lebih sering disebut namanya sebagian saja ini, Sudirman Center, baru menyelesaikan keseluruhan pembangunannya dua tahun lalu. Bahkan peresmian gedung ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Dimiliki oleh KSO Sahid Megatama Karya Gemilang, gedung ini adalah karya kerja sama antara Sahid Group dengan Tan Kian Konsorsium dan Pikko Group.


AKTIVITAS

Kuliner
Sebagai salah satu gedung komersial di Jakarta, Sahid Sudirman Center tentu dilengkapi dengan diner berkelas. Untuk saat ini, di lantainya yang paling atas, gedung ini memiliki Scenic dan O2 Sky Club. Sementara di unit D, ada Lungo Fresh Coffee & Bakery.
Akomodasi
Sahid Sudirman Center sebenarnya bukan destinasi wisata karena meskipun berlabel sebagai gedung multifungsi, hampir keseluruhan fungsinya digunakan sebagai perkantoran.
Kegiatan
Kalau Dolaners bisa mencapai lantai teratas Sahid Sudirman Center, view Kota Jakarta dari lantai puncak gedung bisa tampak sangat indah, baik saat siang maupun malam hari. Benar-benar sasaran fotografi yang sayang bila disia-siakan. Tapi bahkan dari luarnya sekalipun, gedung ini sudah tampak megah dan menarik.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sahid Sudirman Center berada dekat dengan Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Untuk mendukung fasilitas gedung, lantai basement Sahid Sudirman Center ini bisa langsung terhubung dengan Sahid Jaya Hotel & Sahid Sudirman Residences.
Gedung Sahid Sudirman Center berada di prime area Jalan Jenderal Sudirman, mudah sekali diakses hingga menjadi jalur umum yang bisa dilalui oleh siapa saja. Opsi lain, Dolaners bisa mencapai gedung melalui Jalan KH. Mas Mansyur. Rencananya, Sahid Sudirman Center akan dilalui oleh jalur MRT, dengan stasiun yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Sahid City Jakarta.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link