Seribu Batu Songgo Langit

1035 views

Udah punya berapa likes di selfie terakhir Dolaners? Mau ngehits? Atau mau lebih hits lagi? Yuk, perbarui selfie menjadi lebih artistik. Lokasi juga penting loh, Dolaners. Meskipun angle masih kesandung-sandung, tapi kalau lokasi udah kece, selfie-pun bisa tampil keren. Trus ke mana dong, kalau mau upgrade selfie look yang kekinian? Jalan-jalan aja! Yup, jalan-jalan ke Seribu Batu Songgo Langit di Bantul, Yogyakarta. Udah dapet serunya, dapet selfie, pula. Asik, kan!

Seribu Batu Songgo Langit, Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by roh_kyt

Meskipun namanya bikin melongo sesaat, Seribu Batu Songgo Langit, wisata alam di Yogyakarta ini ngehits banget. Asal bilangan Seribu pada destinasi wisata alam ini dikarenakan begitu banyaknya batu yang bisa ditemui di lokasi. Sementara Songgo Langit yang artinya menyangga langit, adalah julukan warga sekitar yang melihat perbukitan ini dari arah lembah, seolah tampak seperti tiang yang menyangga lagi. Apalagi bila langit sedang mendung dengan gumpalan awan menggelantung, sosok bukit ini seakan sedang menopang awan di langit.

Konsep awal Seribu Batu Songgo Langit adalah destinasi wisata keluarga di kawasan hutan lindung. Destinasi wisata alam ini memang berlokasi di perbukitan, tepatnya di kawasan Hutan Pinus Mangunan. Tentu, udaranyapun sejuk dan bersih. Terkadang kabut turun, menyamarkan pepohonan di perbukitan Seribu Batu Songgo Langit. Gunakan imajinasi sedikit, dan Dolaners akan berasa ada di hutan saat Harry berpetualang bersama Hermione dan Ron.

Suasana kawasan hutan pinus yang dipenuhi spot-spot artistik membuat Seribu Batu Songgo Langit seolah dihidupkan dari sepenggal kisah di buku dongeng. Suasana negeri dongeng ini didukung oleh rumah seribu kayu dan rumah hobbit, yang tampil unik di perbukitan. Rumah hobbitnya lucu, mungil dengan detail yang menggemaskan, sedangkan rumah kayu yang dibangun dari susunan ranting-ranting pohon tampak seperti rumah adat suku pedalaman jaman kuno. Hingga jalan setapak yang dihias dengan kerikil putih dan bunga-bungaan di kanan kiri, bila dicermati dan dirasakan sepenuh hati, rasanya seperti bukan di bumi. Apalagi, saat pendar cahaya matahari muncul di sela-sela dahan dan dedaunan, atau saat kabut turun dan menampilkan kesan sedikit spooky.

Pengelola wisata alam ini, yang notabene adalah warga sekitar, akan menambah daya tarik Seribu Batu Songgo Langit dengan taman kelinci dan panggung dongeng. Memang sudah ada flying fox, bahkan terkadang juga ada tim cliff climbing, tapi kalau ada kelinci kan, Dolaners bisa ajak wefie. Sepakat, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Sebelum tiba di destinasi wisata Seribu Batu Songgo Langit, Dolaners akan melewati Pasar Imogiri dan Restoran Bumi Langit. Pilihan wisata kuliner yang menarik, bukan? Dolaners bisa mampir saat berangkat, atau sepulangnya dari Seribu Batu Songgo Langit.
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Biaya Flying Fox: Rp 15.000,-
Kegiatan
Seribu Batu Songgo Langit seakan ditata sedemikian rupa untuk memuaskan generasi milenial yang gak bisa lepas dari telepon genggam ataupun tongsis. Buanyak banget spot selfie di sini, misalnya saja jembatan kayu, gardu pandang, rumah pohon, rumah kayu, rumah hobbit, bahkan setiap spot luang di perbukitan ini rasa-rasanya bisa jadi spot selfie seketika. Kalau Dolaners lebih suka kegiatan fisik yang tak sekedar jalan-jalan, boleh coba flying fox-nya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasi Seribu Batu Songgo Langit tak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Sekali jalan, Dolaners bisa mampir ke destinasi-destinasi wisata di sekitarnya. Tak hanya Kebun Buah Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit juga berdekatan dengan Hutan Pinus Asri, Jurang Tembelan, Bukit Mojo Gumelem, dan Bukit Panguk Kediwung. Asik kan, banyak lokasi yang bisa didatengin sekaligus.
Dari Kota Yogyakarta, Dolaners akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di lokasi bila menggunakan kendaraan pribadi. Luncurkan kendaraan ke arah Terminal Giwangan, lanjutkan terus di Jalan Imogiri Timur, belok kiri di Pasar Imogiri. Ikuti arah menuju Makam Imogiri, hingga Dolaners masuk di Jalan Hutan Pinus Nganjir. Di kawasan hutan pinus ini, Dolaners akan menemukan penunjuk arah ke destinasi wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link