Situ Cileunca

793 views

Tak akan lengkap rasanya untuk tidak mengunjungi Situ Cileunca saat dolaners berkunjung ke kota Bandung. Dengan letak lokasi sekitar 45 km sebelah selatan kota Bandung atau sekitar 185 km dari kota Jakarta, keindahan Situ Cileunca yang terletak 1100 mdpl ini tak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai fasilitas outbond dan adanya taman wisata di tempat ini, tentunya sudah cukup untuk menyampaikan keindahan pesona alam yang ditawarkannya, Swissnya Indonesia, begitulah para wisatawan biasa menyebutnya.

Situ Cileunca Bandung

Photo via Andika Bayu

Situ Cileunca ini merupakan sebuah PLTA/Waduk yang digunakan sebagai salah satu pembangkit tenaga listrik yang berlokasi di ketinggian 1100 mdpl. Luas Situ Cileunca ini ditaksir sekitar 1400 hektar. Air yang menggenangi situ ini sendiri berasal dari aliran Sungai Palayangan, yang sekarang ini dijadikan sebagai tempat wisata arung jeram. Karena suasana tempat wisata ini memiliki alam yang sangat indah dan sejuk pula udaranya, serta dikelilingi oleh banyaknya tebing dan gunung yang indah, tentunya Situ Cileunca ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tempat liburan keluarga ataupun untuk camping.

Di Situ Cileunca ini juga terdapat sebuah taman wisata yang banyak ditumbuhi pohon arbei dan stroberi. Untuk bisa memetik langsung buah arbei dan stroberi di tempat ini, dolaners hanya akan membayar Rp. 5.000,- per orangnya. Akan tetapi, jika anda ingin pulang dengan membawa buah arbei dan stroberi tersebut, maka dolaners akan dikenakan biaya Rp. 15.000,- per kilogram untuk buah arbe dan Rp. 25.000,- per kilogram untuk buah stroberi. Bagaimana dolaners? Tentunya sangat menyenangkan bukan?

Selanjutnya, di Situ Cileunca sendiri para dolaners bisa melakukan olahraga ekstrim seperti arung jeram. Biayanya sekitar Rp. 150.000,-/orang. Olahraga arung jeram ini biasanya dilakukan di sepanjang aliran Sungai Paralayangan yang bermuara di Situ Cileunca dan tentunya sangat menyenangkan. Untuk mengelilingi Situ Cileunca Bandung, para dolaners bisa menyewa perahu motor dengan tarif Rp. 10.000,- per orangnya. Para dolaners juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing di Situ Cileunca, Pangalengan. Pastinya, para dolaners tak akan menyesal untuk berlama-lama berada disini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tetaplah mengutamakan keselamatan saat para dolaners berwisata ke tempat-tempat yang menyajikan olahraga ekstrim seperti ini. Selain itu, bagi para dolaners yang ingin bermalam, bawalah jaket yang tebal, karena saat malam suhu di Situ Cileunca ini bisa mencapai kurang dari 15 derajat Celsius.
Untuk menuju Situ Cileunca, maka para dolaners bisa melakukannya dengan akses transportasi berikut ini :
  • Menggunakan transportasi umum / Bus Antar Kota dengan lama waktu tempuh sekitar 2,5 jam, langsung ke Pangalengan.
  • Rute terbaik dengan melalui Dayeuhkolot – Bale Endah – Pameungpeuk – Banjaran – Cimaung – Pangalengan – Situ Cileunca.
  • Jika para dolaners berangkat dari tol Purbaleunyi di Jakarta, maka untuk menghindari kemacetan, silakan melalui Baros Cimahi – Nanjung – Patrol – Cipatik – Soreang – Banjaran – Cimaung – Pangalengan – Situ Cileunca.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link