Soto Moneter

182 views

Soto. Makanan berkuah ini memang banyak banget variasinya, selalu berbeda di setiap kota. Ada soto dengan kuah bening, ada soto dengan kuah santan. Belum lagi, ada soto dengan daging ayam, atau dengan daging sapi. Nah, kalau yang ada di Kotagede Yogyakarta ini, sotonya pake daun kemangi, Dolaners. Daun kemanginya masih segar, pula! Kuahnya bening, baik yang soto daging maupun soto ayam. Kedai apa, nih? Yuk, lihat!

Soto Moneter, Soto Moneter Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjafood

Ingat tentang krisis moneter tahun 1998, Dolaners? Nah, nama Moneter pada soto ini berawal dari masa suram perekonomian bangsa diakhir abad ke-21 tersebut. Tak disangka, ketika keadaan ekonomi sebagian besar orang, terutama korporasi besar, kolaps pada masa ini, justru Soto Moneter di Yogyakarta lahir dan terus bertahan sampai saat ini.

Meskipun telah bertahan selama hampir 20 tahun, kedai soto ini tetap tampak sederhana. Dinding-dindingnya terbuat dari kayu dan anyaman bambu, dengan meja dan bangku kayu biasa. Bangunan berwarna biru pucat ini tampak tak beda dari rumah-rumah pedesaan di Jawa pada umumnya. Nyaris tak ada yang istimewa atau instagramable, dalam istilah kekiniannya. Tapi suasana sederhana ini akan segera pudar begitu Dolaners sudah mencecap Soto Moneter sejak suapan pertama. Jangan heran bila kedai sederhana ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan jam bukanya saja mungkin lebih pendek dari jam kantor pada umumnya. Udah habis sotonya, Dolaners! Jadi bukan menu makan malam, ya. Soto Moneter ini bisa buat menu brunch atau makan siang saja.

Kekhasan Soto Moneter adalah kuah kaldunya yang bening, dipadu dengan daun kemangi segar, serta lethok. Mungkin Dolaners kurang terbiasa ya, dengan tambahan rasa kemangi dalam menu soto? Kalau begitu, kudu dicoba racikan soto khas Kotagede nih, Dolaners! Atau malah sebaliknya, emang doyan sama daun kemangi? Nah, kali ini cobain daun kemangi segar yang melengkapi rasa kuah soto yang gurih. Hmm… ada gurih, sedikit asin, dan.. segeerrr!


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Tips Kuliner
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kedai Soto Moneter berada di sebelah utara perempatan Ring Road Timur, di kawasan Kotagede. Kedai sederhana ini dikenal sebagai Warung Soto Moneter. Dolaners bisa menggunakan nama familiar ini bila hendak bertanya pada warga sekitar. Bila Dolaners menggunakan kendaraan roda dua, lahan parkir mulai teras kedai sampai halaman siap menampung. Tapi bila Dolaners menggunakan kendaraan roda empat, pinter-pinter aja nyari spot parkir di tepi jalan, ya.
Penasaran sama rasa Soto Moneter? Dolaners bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pasar Legi Kotagede. Di perempatan kantor pos dan Pasar Legi Kotagede, ambil arah ke timur menuju Jalan Ringroad Timur. Sesampainya di perempatan jalan ring road, belok kiri dan masuk ke jalur lambat. Soto Moneter berada sekitar 100 meter setelah perempatan, di kiri jalan. Sebaliknya, bila Dolaners dari arah utara atau Jembatan Layang Janti, lanjutkan ke arah Rumah Sakit Angkatan Udara Adi Sucipto, terus sampai melewati perempatan Banguntapan. Soto Moneter berada dalam jarak sekitar 350 meter di kanan jalan setelah perempatan tersebut.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link