Spot Riyadi

643 views

Dolaners sudah menikmati elegannya suasana di Restoran Abhayagiri? Sudah menikmati lezatnya makanan yang dihidangkannya? Nah, lanjutkan perjalanan sedikit lagi, Dolaners akan tiba di suatu tempat yang berkebalikan dalam semua hal dengan resto ini, Spot Riyadi. Tempatnya sederhana, makanan yang ditawarkan juga tak kalah sederhana. Tapi spot ini menyimpan permata tak ternilai, yaitu pemandangan lembah pemukiman yang hijau berbatas Gunung Merapi.

Spot Riyadi, Spot Riyadi Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via haziq_baihaqii

Mulai dikenal khalayak ditahun 2015, Spot Riyadi semakin hits dikalangan pemburu landscape photography. Bisa nebak kenapa, Dolaners? Yak, lokasinya tinggi, persis di pinggir tebing. Sebelum punya nama hits Spot Riyadi, spot ini dulunya dikenal dengan nama Desa Dawangsari.

Nama Riyadi diambil dari nama sang pemilik lahan, Pak dan Bu Riyadi. Spot untuk melihat panorama Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi di latar belakang ini sejatinya adalah lahan pekarangan milik keluarga Pak dan Bu Riyadi. Awal-awalnya tebing ini meniti popularitas adalah kelompok gowes dan fotografer yang sering muncul. Kian hari kian banyak saja pengunjung yang melepas lelah setelah bersepeda atau nongkrong sehabis setelah foto-foto, hingga Pak dan Bu Riyadi lama-kelamaan mendirikan sebuah warung sederhana.

Tak hanya warung makan, Spot Riyadi kini bahkan sudah dilengkapi dengan Jembatan Cinta, spot foto bertema shabby chic yang kekinian. Mungkin Dolaners tak suka berkeringat gowes, atau sama sekali tak punya minat pada landscape photography. Ya udah, selfie saja di Jembatan Cinta ini setelah puas menikmati pemandangan Yogyakarta dari Spot Riyadi.

Suasana khas pedesaan di kawasan Spot Riyadi ini bakal bikin Dolaners jatuh hati, apalagi jika sudah sangat akrab dengan pemandangan dan irama kehidupan perkotaan. Meskipun Dolaners kurang mahir fotografi, apalagi landscape photography, melihat dan menikmati suasana Desa Sambirejo saja sudah bisa bikin hati adem. Jelaslah, penyuka gowes dan fotografi bakal sering-sering balik ke spot istimewa ini. Bahkan kalangan backpacker juga bisa bermalam di Spot Riyadi, menunggu pagi.


AKTIVITAS

Kuliner
Pak dan Bu Riyadi mengelola sebuah warung sederhana di Spot Riyadi. Dolaners bisa melepas dahaga dan mengisi perut di warung ini. Menikmati menu-menu khas Yogyakarta dan Jawa Tengahan ditingkahi udara semilir yang sejuk pasti terasa nikmat.
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Foto di Jembatan Cinta: Rp 5.000,-
Kegiatan
Menuju Spot Riyadi bisa jadi tantangan seru buat penggemar gowes. Bersepeda menuju puncak tebing Spot Riyadi, kemudian turun menuju kota, akan menghadirkan sensasi kesenangan tersendiri. Setiba di Spot Riyadi, hamparan lembah yang hijau dengan persawahan, candi, dan pemukiman terhenti oleh gagahnya Gunung Merapi yang menjulang. Panorama yang jelas menggoda buat penggemar landscape photography. Masih bisa selfie kekinian juga, di Jembatan Cinta. Fasilitas terbaru, sudah ada camping ground bila Dolaners ingin menginap di Spot Riyadi. Menikmati kerlip lampu kota, serta Candi Prambanan yang anggun dengan lampu sorotnya, dan melihat bintang yang terasa dekat di langit, tak terasa pagipun menyingsing. Pemandangan sunrise di Spot Riyadi ini memang layak ditunggu semalaman. Melihat kabut yang tipis menggelantung menyembunyikan Candi Prambanan, lantas perlahan menghilang disapu mentari.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Spot Riyadi semakin populer, terutama dikalangan penggemar fotografi bernuansa alam. Kalau Dolaners bertanya pada warga sekitar tapi masih belum familiar dengan Spot Riyadi, gunakan saja nama Desa Dawangsari. Atau, Dolaners bisa berpatokan pada lokasi Restoran Abhayagiri.
Bila berkendara dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners langsung saja menuju arah Restoran Abhayagiri. Terus saja mengikuti petunjuk arah ke restoran ini, hingga tiba di Abhayagiri. Mau mampir dulu, boleh. Tapi yang jelas, Dolaners akan mendapati petunjuk arah ke Spot Riyadi di Restoran Abhayagiri. Dolaners akan tiba di jalan tanjakan, ikuti saja terus. Diujung tanjakan dan jalan berlapis semen, serta beberapa tikungan, Dolaners akan tiba di Spot Riyadi yang sekarang sudah tertata manis dan instagramable.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link