Stadion Gelora 10 November Surabaya

2885 views

Tentu Dolaners tahu sejarah panjang dan kelam yang disimpan oleh Kota Surabaya. Riwayat beratus-ratus tahun di tempat ini, atau berpuluh tahun dalam statusnya sebagai ibu kota Jawa Timur, tentunya meninggalkan jejak yang tak sedikit. Dan jejak sejarah yang paling mudah ditemui adalah bangunan. Lantas bangunan bersejarah apa yang paling keren di Surabaya, menurut Dolaners? Bagaimana dengan Stadion Gelora 10 November di wilayah Tambaksari?

Stadion Gelora 10 November Surabaya, Stadion Gelora 10 November, Gelora 10 November Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Rama Perdana

Stadion Gelora 10 November dikenal juga dengan nama aliasnya, Stadion Tambaksari. Barangkali sekedar menyesuaikan dengan alamat atau nama jalan di mana stadion ini berada. Dolaners yang suka bola pasti tak asing lagi dengan stadion legendaris di Kota Surabaya ini. Dahulunya, Stadion Gelora 10 November memang menjadi markas Persebaya, tim sepak bola Surabaya, sebelum berpindah markas ke Stadion Gelora Bung Tomo Benowo. Stadion yang masih tampak gagah hingga hari ini berkonstruksi Cakar Ayam, yang merupakan satu-satunya pada masa stadion ini dibangun.

Dengan kapasitasnya yang sanggup menampung hingga 35.000 orang, fungsi Stadion Gelora 10 November tak hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola saja. Beberapa konser musik turut dipentaskan di Stadion Gelora 10 November, misalnya konser musik grup SWAMI pada tahun 1990 silam. Tak hanya musik dan bola, Stadion Gelora 10 November juga menjadi tempat berkumpulnya umat Muslim untuk menyelenggarakan doa bersama, atau biasa dikenal dengan istilah istighosah. Acara-acara seperti ini berarti Stadion Gelora 10 November disewakan pada pihak penyelenggara. Nah, Dolaners bisa gunakan kesempatan seperti ini untuk masuk ke dalam stadion.

Kini, setelah tak lagi menjadi lokasi pertandingan bola secara rutin, Pemkot Surabaya mengadakan perbaikan dan pembangunan Stadion Gelora 10 November. Mungkin karena stadion ini telah dikategorikan sebagai Bangunan Cagar Budaya ya, Dolaners. Tapi yang jelas, tribun penonton mendapat lapisan cat yang baru, atap VIP sudah dibenahi, dan rumput lapangan bola juga tampak lebih hijau terawat meskipun hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola lokal. Tak hanya fasilitas olahraganya yang diperbaiki, namun juga penghijauan di bagian luar stadion. Dolaners bisa memanfaatkan jogging track tanpa perlu masuk ke dalam Stadion Gelora 10 November. Atau kalau mau menikmati Taman Mundu yang berada di depan stadion ini juga bisa.


AKTIVITAS

Kuliner
Saat main ke stadion yang berlokasi di wilayah Tambaksari ini, Dolaners masih bisa menikmati kuliner Surabaya. Pedagang kaki limanya memang tampak sepi di jam-jam tertentu, tapi mungkin Dolaners hanya datang pada saat yang kurang sesuai dengan jadwal para pedagang ini berjualan.
Akomodasi
Untuk sekedar datang dan melihat-lihat, Dolaners tidak akan dikenai biaya. Tapi hanya dari luar stadion saja ya, Dolaners. Kecuali Dolaners berminat beli pernak-pernik bola pada penjaja dagangan di sekitar Stadion Gelora 10 November, tentu lain lagi ceritanya.
Kegiatan
Dolaners bisa datang dan sekedar melihat-lihat bangunan stadion ini, tapi juga bisa turut serta meramaikan suasana dengan jogging, main bulutangkis, senam aerobik, atau kegiatan apapun yang sedang berlangsung di sekitar Stadion Gelora 10 November. Bergeser sedikit dari stadion, Dolaners juga bisa bersantai di Taman Mundu yang rindang.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bila Dolaners ingin meramaikan acara apapun di Stadion Gelora 10 November, sebaiknya tetap berhati-hati. Konser musik maupun pertandingan olahraga akan tetap ada potensi ricuh.
Menuju ke Stadion Gelora 10 November, Dolaners tentu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua. Kalau menggunakan bus kota, jurusan yang dipilih tergantung dari titik tolak Dolaners. Dari Garuda Lounge, Dolaners membutuhkan bus JND, PAC8, atau WK. Kalau dari matchbox too, Dolaners akan menumpang bus T2 atau WK. Beda lagi bila Dolaners menuju stadion ini dari Bandara Juanda. Dari sini, Dolaners akan memerlukan bus JND, P6, atau C. Jika Dolaners dari arah CITO (City of Tomorrow), maka yang dibutuhkan adalah bus DKM, PAC 8, atau WK. Dan kalau Dolaners bertolak dari Pakuwon City XXI, bis yang diperlukan adalah jurusan S atau W.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link