Stadion Gelora Bung Karno

822 views

Dolaners suka bola? Suka nonton pertandingan bola? Atau sekedar mengagumi bangunan-bangunan ikonik? Tapi bilapun Dolaners tak suka keduanya, tentu nama Stadion Gelora Bung Karno tak asing di telinga. Yang ada di pikiran saat mendengar nama stadion dan Bung Karno adalah Jakarta. Memang stadion ini berada di Jakarta. Mudah banget diingat, kan? Tapi ada yang baru tentang stadion ini loh, Dolaners. Yuk kepoin, yuk!

Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

Stadion Gelora Bung Karno via Fransiscus Bobby

Salah satu yang menandai masa pemerintahan Presiden Sukarno adalah didirikannya bangunan-bangunan dalam ukuran besar. Salah satunya adalah Stadion Gelora Bung Karno. Sebagai bagian dari kompleks Gelanggang Olah Raga Bung Karno, stadion ini sering juga disebut sebagai stadion utama.

Stadion Gelora Bung Karno pada awalnya memiliki kapasitas 120.000 penonton, namun setelah direnovasi sekitar 10 tahun lalu kapasitasnya menjadi 80.000-an penonton. Sampai hari ini, stadion ini satu-satunya yang berstandar internasional di Indonesia. Bahkan, rencananya sih, Stadion Gelora Bung Karno akan menjadi lokasi pembukaan Asian Games tahun depan. Karenanya, stadion ini mengalami renovasi lagi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Asian Games. Renovasi yang terbaru ini menghasilkan kursi penonton menjadi 70.000an, tetapi dengan fasilitas single seat yang tentunya lebih nyaman. Warnanya juga disesuaikan dengan bendera Indonesia, dan masih ada tambahan warna abu-abu selain merah dan putih. Disamping area tribun, tata suara dan lampu stadion juga mengalami perbaikan. Hasilnya, Stadion Gelora Bung Karno memang layak disebut sebagai stadion bertaraf internasional untuk menyemarakkan Asian Games.

Bagimana dengan fasilitas olahraganya? Lapangan bola sudah ditanami rumput berstandar internasional, dengan sistem drainase yang mencegah air menggenang di lapangan saat hujan deras turun. Lintasan atletiknya juga dirawat dengan lapisan rumput sintetis. Perbaikan fasilitas ini jelas untuk meningkatkan kualitas pertandingan yang diadakan di stadion.

Tak hanya kepentingan atlet, kenyamanan penontonpun diperhatikan. Smart stadium adalah tujuan akhir yang ingin dicapai dari renovasi terbaru Stadion Gelora Bung Karno. Fasilitas smart stadium ini diantaranya mencakup lampu yang lebih terang, kamera pengawas atau CCTV, sistem e-ticketing, dan masih banyak lagi. Hasil akhirnya, semua pihak pengguna Stadion Gelora Bung Karno bisa menikmati fasilitas yang mendukung kenyamanan dan kemudahan selama even-event berlangsung di sini.


AKTIVITAS

Kuliner
Lapar saat ada di sekitar kawasan Stadion Gelora Bung Karno? Banyak banget pilihan kulinernya. Dolaners bisa coba jajan pasar, Senshu Japanese Restaurant, Seroeni, Nasi Gila dan Sate Taichan Patung Panahan, atau sekalian langsung masuk mall terdekat dan memilih resto favorit di dalam mall.
Akomodasi
Dolaners wajib membayar tiket bila hendak mengikuti acara-acara komersial di dalam stadion. Tapi bila acara yang akan diikuti memang terbuka gratis untuk umum, maka Dolaners tak perlu membeli tiket. Jadi, biaya tiket masuk ditentukan dari acara atau event yang diselenggarakan, bukan dari pihak pengelola stadion.
Kegiatan
Selain sebagai stadion olahraga, yang menjadi lokasi pertandingan sepak bola berskala nasional dan internasional, Stadion Gelora Bung Karno juga mewadahi acara-acara yang melibatkan massa dalam jumlah besar, misalnya acara-acara keagamaan, peringatan hari besar nasional, konser musik, ujian masuk pegawai negeri, ataupun kampanye partai politik. Bisa jadi Dolaners mengikuti salah satu acara-acara ini dan mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tampilan baru Stadion Gelora Bung Karno memang cukup mengesankan, bahkan layak dibandingkan dengan Stadion Ernst Happel di Vienna, Austria. Kalau sekedar melihat keadaan stadion dari luar sehari-hari tentu masih diperbolehkan, tapi bila memasuki arena tanpa ada event yang sedang diselenggarakan, sepertinya akan memerlukan perijinan dari pihak terkait.
Dolaners bisa menuju Stadion Gelora Bung Karno dengan kendaraan pribadi. Tapi kalau naik angkutan umum, Dolaners bisa naik bus B21, P14, S615, AC143, S615, WTC Serpong, Blok M, S615, atau AC05T, sesuai dengan arah keberangkatan Dolaners.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link