Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

5563 views

Dolaners suka sepak bola? Mengikuti pertandingan-pertandingan sepak bola yang diadakan di stadion-stadion lokal? Jika jawabannya iya, Dolaners tentu bisa menyebutkan nama-nama stadion dan lokasi kotanya. Bagaimana dengan stadion di Surabaya? Apa yang Dolaners tahu tentang stadion di kota ini? Ya, yang terbaru dan termegah adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Apa kabarnya stadion milik Pemkot Surabaya ini sekarang? Mari dengar ceritanya.

Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Dinar R. Yuangga

Sebagai bagian dari komplek Surabaya Sport Center, Stadion Gelora Bung Tomo dibangun dengan kapasitas 55.000 penonton atau bahkan bisa disesak-sesak sampai 60.000-an. Tak heran, banyak orang berkeyakinan kalau stadion ini satu-satunya yang layak di Surabaya untuk menggelar pertandingan sepak bola.

Stadion Gelora Bung Tomo menjadi basis Persebaya setelah diboyong dari Stadion Gelora 10 November. Akan tetapi, sejak pertengah tahun ini, Persebaya harus pindah rumah lagi ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Setelah sekian lama digunakan, tujuh tahun sejak peresmian pembukaan, memang sudah saatnya Stadion Gelora Bung Tomo diistirahatkan untuk perawatan rutin. Dan kebutuhan akan perawatan ini semakin mendesak setelah turunnya penonton ke lapangan bola beberapa waktu lalu saat perayaan ulang tahun Persebaya. Apalagi, jalanan di sekitar dan menuju stadion ini telah rusak dengan rumput liar yang tumbuh tinggi, sehingga memerlukan perbaikan aspal. Temboknyapun retak di sana sini, sementara pintu besi stadion banyak juga yang tak berfungsi. Semoga saja pemulihan keadaan Stadion Gelora Bung Tomo bisa berlangsung dengan baik dan lebih cepat dari perkiraan.

Sama seperti Stadion Gelora 10 November, Stadion Gelora Bung Tomo dimiliki oleh Pemkot Surabaya juga. Bahkan, dana yang digelontorkan untuk pembangunan Stadion Gelora Bung Tomo tak bisa dikatakan sedikit. Yak, kurang lebih pada kisaran 500 Miliar. Sudah jelas, kapasitasnya saja lebih besar, nyaris dua kali lipat, dari Stadion Gelora 10 November. Saat Dolaners memandang Stadion Gelora Bung Tomo dari kejauhan, tegap berdiri di tengah lahan tambak, yang tampak adalah kemegahan dan barangkali kemewahan pula.


AKTIVITAS

Kuliner
Tidak ada wisata kuliner atau sekedar jajanan ringan pengisi perut di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo. Jadi bila lapar, Dolaners harus keluar dari area stadion atau sekalian bawa bekal bila berencana berlama-lama di sini.
Akomodasi
Selain tiket pertandingan, Dolaners tidak akan dikenakan biaya bila hanya melihat-lihat di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo.
Kegiatan
Saat tak ada pertandingan olahraga, Dolaners hanya bisa menikmati stadion ini dari luar. Jadi kalau ingin menikmati stadion dari dalam, pastikan saja Dolaners mengikuti jadwal pertandingan yang diadakan di Stadion Gelora Bung Tomo. Tapi sepertinya akan lama lagi baru ada pertandingan olahraga, mengingat saat ini stadion direncanakan akan memasuki masa perawatan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bila Dolaners menuju Stadion Gelora Bung Tomo dengan kendaraan pribadi, pastikan untuk menggunakan kendaraan yang tangguh. Seperti diketahui, akses jalan menuju stadion ini kurang baik, jadi Dolaners perlu menggunakan mobil atau motor yang sesuai dengan medan. Terdengar kabar kalau Pemkot Surabaya akan membangun jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo karena perlu mengurangi kemacetan. Kalau Dolaners kurang suka off-roading, bisa menunggu saja sampai jalan ini selesai dibangun. Hanya saja, belum ada yang bisa memastikan waktunya.
Stadion Gelora Bung Tomo berada di bagian barat Kota Surabaya. Dolaners bisa menuju stadion ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Bila menggunakan bus kota, Dolaners memerlukan bus jurusan WK dan RDK dari Ranch Market, JND, PAC 8, dan RDK dari McD Sidoarjo, P, WK, dan RDK dari Graha Sepuluh Nopember (ITS), E dan RDK dari SMA Trimurti, atau I dan RDK dari Shangri-La Hotel. Dari sekian pilihan bus kota ini, bus RDK adalah satu-satunya yang bisa menurunkan penumpang paling dekat dengan Stadion Gelora Bung Tomo.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link