Stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta

4988 views

Coba tebak, Dolaners. Ada berapa stadion di Jakarta? Yang pasti terkenal dan Dolaners tahu, paling tidak, ada Stadion Senayan atau Stadion Gelora Bung Karno. Tapi masih ada banyak stadion lain di Jakarta, sebenarnya. Salah satunya adalah Stadion Soemantri Brodjonegoro yang berada di kawasan Kuningan, dekat dengan pusat perbelanjaan dan kampus. Cocok untuk mewadahi aktivitas olah raga mahasiswa. Mau tahu lebih lanjut tentang stadion ini? Yuk lanjutin bacanya.

Stadion Soemantri Brodjonegoro, Stadion Soemantri Brodjonegoro Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Alan Hartawan

Stadion Soemantri Brodjonegoro di kawasan Kuningan Jakarta adalah stadion multifungsi. Meskipun multifungsi, stadion ini paling sering dipakai untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola. Timnas Indonesia, Arab Saudi, Uruguay, hingga Bayern Munchen pernah turun di gelanggang bola stadion ini. Bukan berarti olahrga lain tidak mendapat fasilitas di stadion ini ya, Dolaners. Sebaliknya, Stadion Soemantri Brodjonegoro memiliki lapangan basket, ada kolam renang, dan masih ada lapangan futsal indoor. Nah, multifungsi banget, kan?

Memang masih ada keterbatasan, tapi stadion ini sudah mumpuni kalau untuk memfasilitasi kebutuhan olah raga mahasiswa. Makanya, nama lain stadion inipun ada tambahan penggunanya, yaitu Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro atau Stadion Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro. Dan tak hanya mahasiswa, pengguna stadion ini termasuk warga Jakarta, terutama yang tinggal di sekitar stadion.

Meskipun pengguna stadion ini adalah masyarakat umum dan warga biasa seperti Dolaners, Stadion Soemantri Brodjonegoro sebenarnya bukan milik pemerintah. Sejak tahun 1990-an, stadion ini telah dikontrak oleh grup perusahaan Bakrie hingga puluhan tahun kedepan. Meskipun tak terlalu memberi aliran dana yang signifikan bagi perusahaan, grup Bakrie tetap bertanggungjawab merenovasi stadion bilamana diperlukan perbaikan.

Jangan dibandingkan dengan Stadion Senayan atau Lebak Bulus ya, Dolaners. Memang Stadion Soemantri Brodjonegoro masih banyak memiliki kekurangan bila dibandingkan kedua fasilitas olah raga tersebut, tapi tetap saja keberadaan fasilitas olahraga di kawasan Kuningan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan dan menjaga stamina.


AKTIVITAS

Kuliner
Stadion Soemantri Brodjonegoro berdekatan dengan Pasar Festival atau Plaza Festival di Kuningan. Jelas, banyak banget kuliner menarik di sini. Misalnya, ada Lucky Cat Coffee & Kitchen, Dim Sum Inc., Burger King, Berlin Doner, J.CO Donuts & Coffee, D’Bollywood, Koh E-Noor, Warung Tekko, Solaria, McDonald’s, Royal Cafe, McCafe, Gokana Ramen & Teppan, Bakmi GM, Bebek Dower, dan masih banyak lagi pilihan kuliner di sini.
Akomodasi
Beralih kepengolaan dari Pemerintah DKI ke grup perusahaan Bakrie, tarif sewa dan penggunaan Stadion Soemantri Brodjonegoro ditentukan oleh pengelola yang sedang berjalan. Tarif sewa stadion ini bisa mencapai Rp. 1,8 juta per jam.
Kegiatan
Sesuai dengan fasilitas yang ada, Dolaners bisa datang ke Stadion Soemantri Brodjonegoro untuk main bola, renang, main basket, atau jogging. Bahkan lintasan jogging di stadion ini cukup difavoritkan banyak orang. Dan lapangan indoornya dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Jakarta. Selesai olah raga, Dolaners bisa langsung menikmati beragam kuliner di Plaza Festival.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasi Stadion Soemantri Brodjonegoro berdekatan dengan Plaza Festival dan Universitas Bakrie. Bila menemukan salah satunya, Dolaners sudah tak jauh lagi dari stadion. Ketiganya berada dalam satu kawasan superblock terpadu di Jalan Haji Rangkayo Rasuna Said yang merupakan salah satu jalan protokol utama di Kota Jakarta.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum untuk sampai ke stadion. Stadion Soemantri Brodjonegoro ini mudah dicapai dengan menggunakan Transjakarta karena dekat dengan halte busway, yaitu halte busway GOR Soemantri. Halte ini terletak di Jalan HR. Rasuna Said, Karet Kuningan, Kecamatan Setia Budi. Bila menggunakan bus biasa dari arah Kota Tua, Dolaners bisa naik bus P11. Kalau dari arah X2 Club, bus yang menjangkau Stadion Soemantri Brodjonegoro adalah S66. Dari ITC Mangga Dua, Dolaners bisa naik bus M12A atau AC47. Dari Monumen Nasional, Dolaners membutuhkan bus P11. Dan kalau dari Jalan Tol Prof. DR. Insinyur Sedyatmo, Dolaners bisa naik bus B06, 1A, atau 6B.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link