Stasiun Manggarai Jakarta

1034 views

Apa yang menarik dengan fasilitas publik? Barangkali Dolaners selama ini sekedar memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Pernahkah terlintas bagaimana sistemnya dibangun, terkait dengan apa saja, bagaimana mengelolanya, bahkan apa yang terjadi dibalik layarnya? Tanpa penataan dan pengelolaan yang cermat, Dolaners takkan sampai di tujuan sesuai rencana. Apalagi kalau jadwal kereta api. Dolaners bisa coba dulu dengan Stasiun Manggarai di Jakarta. Ada apa saja di stasiun kereta api ini?

Stasiun Manggarai, Stasiun Manggarai Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Jimmy Yohnatan

Stasiun Manggarai adalah stasiun kereta api terbesar di Jakarta. Tentu saja, karena lokasinya saja berada di persimpangan ke Jakarta Kota, Jatinegara, Bogor, Tanah Abang, dipo KRL Bukit Duri, Balai Yasa Manggarai, dan Pengawas Urusan Kereta. Rekor apa lagi yang dipegang hingga menjadi stasiun kereta api yang terbesar di ibu kota negara?

Stasiun Manggarai memiliki 10 jalur kereta api. Tak tanggung-tanggung ya, Dolaners. Tujuh dari sepuluh jalur ini digunakan untuk KRL Commuter Line menuju Jakarta Kota, Jatinegara, Bogor, Depok, dan Bekasi. Sementara itu, tiga jalur yang lain digunakan untuk perpindahan jalur ke Balai Yasa Manggarai, Dipo Bukit Duri, dan Pengawas Urusan Kereta. Oh ya, satu lagi Dolaners. Yang terbaru, jalur kereta api dari Bandara Soekarno-Hatta juga akan berakhir di Stasiun Manggarai ini. Nah, banyak banget kan, jalur kereta api di stasiun ini.

Selain jalur kereta, Stasiun Manggarai juga memegang rekor dalam hal penyimpanan kereta api. Yup, disamping melayani penumpang setiap hari, Stasiun Manggarai juga menjadi dipo penyimpanan kereta-kereta kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang akan menuju ke Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Saat ini Stasiun Manggarai tidak lagi melayani kereta api jarak jauh. Rencana kedepannya, Stasiun Manggarai akan menjadi stasiun pusat KRL Commuter Line. Tentu akan dilakukan banyak perubahan untuk mencapai tujuan ini. Misalnya, saat ini sedang dibangun lantai tingkat untuk KRL dan kereta api Bandara Soekarno-Hatta di lantai satu, ruang tunggu penumpang di lantai dua, dan kereta api jarak jauh di lantai tiga. Serta, penyelesaian jalur dwiganda Cikarang – Manggarai juga dikebut untuk menambah tiga lagi jalur KRL Commuter Line. Masih terus bebenah dan berkembang, memang tak ada yang membosankan dengan Stasiun Manggarai.


AKTIVITAS

Kuliner
Meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan kereta api dan mengakses Stasiun Manggarai hari demi hari menjadi target market tersendiri bagi banyak gerai terkemuka. Dolaners bisa mendapati KFC, Starbucks, Roti’O, Circle K, bahkan 7-Eleven di Stasiun Manggarai. Tentu, masih banyak pertokoan dan restoran lain, tapi keberadaan waralaba terkemuka tersebut menandakan betapa banyaknya orang yang menggunakan Stasiun Manggarai setiap harinya.
Akomodasi
Biaya untuk berkunjung dan berwisata bisa dipastikan saat mengurus perijinan.
Kegiatan
Dolaners tak akan berkunjung ke Stasiun Manggarai saja, kok. Di sebelah Stasiun Manggarai ada Balai Yasa Manggarai, bengkel yang mereparasi dan melakukan perawatan rutin kereta-kereta penumpang. Tak jauh, masih ada dipo KRL Bukit Duri yang melakukan perawatan harian dan menyimpan kereta-kereta rel listrik. Sayangnya, Dolaners takkan bisa mendapati lagi lokomotif diesel di Bukit Duri karena sekarang sudah dipindah ke dipo Tanah Abang dan Jatinegara. Meskipun demikian, tetap saja Dolaners bisa melihat kegiatan di balik layarnya perkeretaapian di Indonesia dengan mengunjungi Stasiun Manggarai dan sekitarnya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Stasiun Manggarai adalah stasiun aktif dan masih berfungsi harian hingga saat ini. Jadi sebenarnya stasiun ini bukan destinasi wisata secara resmi. Solusinya, bila Dolaners berminat belajar lebih jauh tentang perkeretaapian, jangan lupa mengurus perijinan untuk melihat-lihat.
Selain kendaraan pribadi, Stasiun Manggarai mudah sekali diakses dengan angkutan umum. Ada beberapa angkutan umum yang melintasi stasiun ini, seperti mikrolet M23, kopaja S66, kopaja S66 AC patas, kopaja S620, metromini P17, metromini T49, metromini S60, metromini S61, metromini S62, transJakarta koridor 4 jurusan Pulo Gadung – Dukuh Atas 2, transJakarta express koridor 4F jurusan Manggarai – Blok M, dan transJakarta express koridor 6H jurusan Manggarai – Ragunan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link