Stasiun Palmerah Jakarta

2531 views

Dolaners cari background foto yang tampak kece seperti di luar negeri? Gampang, meluncur saja ke kawasan Palmerah. Stasiun kereta apinya yang baru direnovasi sekarang tampil cantik, mirip banget sama stasiun-stasiun kereta di luar negeri. Tapi mungkin beda jumlah pengguna ya, jadi bisa agak susah nemu spot selfie yang pas. Tapi jangan patah arang dulu, Dolaners. Yuk baca-baca dulu tentang Stasiun Palmerah ini, lalu tentukan spot selfie Dolaners saat tiba di lokasi kemudian.

Stasiun Palmerah, Stasiun Palmerah Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Ridho Siregar

Dolaners tahu apa yang unik dengan Stasiun Palmerah? Lokasinya. Yup, Stasiun Palmerah tidak terletak di Kecamatan Palmerah, tapi di perbatasan antara Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Palmerah.

Berawal dari sebuah kawasan dengan patok-patok (paal) berwarna merah pada zaman Belanda, nama Palmerah kemudian disematkan pada stasiun ini. Patok merah ini oleh Belanda digunakan untuk menjadi penanda perbatasan antara Batavia dan Bogor. Seiring bertambah ramainya kawasan ini, Belanda membangun jalur kereta api yang menghubungkan Rangkasbitung dengan Duri, melewati Tanah Abang. Dimasa kemerdekaan, pada awal tahun 1990-an, Stasiun Palmerah dielektrifikasi dan digunakan untuk perjalanan KRL Serpong Ekspres. Sekitar 2 tahun yang lalu, Kementrian Perhubungan baru selesai merenovasi Stasiun Palmerah menjadi dua lantai.

Bangunannya yang baru membuat Stasiun Palmerah tampak lebih modern, bahkan banyak yang mengapreasiasi kemiripan stasiun ini dengan stasiun-stasiun di luar negeri. Ada lebih banyak gate untuk mengakses kereta, sesuai tujuan masing-masing penumpang. Untuk menuju lantai dua juga sudah ada elevator dan eskalator, selain tentu saja ada tangga biasa. Bagi Kementrian Perhubungan sendiri, Stasiun Palmerah memang salah satu programnya dalam memperbaiki fasilitas publik.

Kini, stasiun kereta api yang telah melalui sejarah panjang ini tampak menjadi lebih lapang dan megah. Hanya melayani KAI Commuter Jabodetabek dengan dua jalurnya, Stasiun Palmerah menghubungkan KRL Commuter Line tujuan Tanah Abang dan Serpong, Tanah Abang dan Parungpanjang, Tanah Abang dan Maja, serta Tanah Abang dan Rangkasbitung.


AKTIVITAS

Kuliner
Lapar di kawasan Stasiun Palmerah? Jangan kuatir, Dolaners bisa ke Rocky Rooster, Coteca, Bakso BRI, Bebek Bandar, Obonk Steak & Ribs, the Cortado, Rumah Makan Kharisma, Maple Plate, Barapi Meat and Grill, Logika Coffee, Kebak Monster, Ciz n Chic, Bakso oemardi, the Cortado, Ayam Blenger PSP, Pondok Raymon, atau ke tempat-tempat makan yang lain. Banyak banget pilihan kuliner di kawasan Palmerah, memang.
Akomodasi
Stasiun Palmerah ini fasilitas publik yang digunakan sehari-hari ya, Dolaners. Meskipun bisa diakses dengan leluasa tanpa biaya, jalan-jalan ke stasiun bukan ide bagus bila dilakukan saat jam-jam sibuk.
Kegiatan
Kalau Dolaners termasuk pengguna KRL, sepertinya tak ada yang baru dengan Stasiun Palmerah. Bila tergabung dengan komunitas pengguna KRL mania, sekarang saatnya mengkampanyekan sikap merawat dan menghargai fasilitas publik. Tapi bila Dolaners bukan pengguna KRL, suasana Stasiun Palmerah bisa jadi pemandangan yang menarik. Dan ingat ya, untuk senantiasa menghargai, turut merasa memiliki, dan tidak merusak fasilitas publik yang telah dibangun dan disediakan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bila Dolaners cuma ingin melihat-lihat bangunan baru Stasiun Palmerah, lebih baik datang bukan pada jam-jam orang berangkat dan pulang kerja. Pada jam-jam sibuk, akan banyak sekali pengguna KRL yang memadati stasiun hingga Dolaners akan kesulitan bahkan hanya untuk sekedar melihat-lihat. Selain itu, Dolaners juga bisa mengganggu orang-orang yang sedang mengejar jadwal kereta. Tapi bila Dolaners tiba pada saat yang tepat, saat tak terlalu banyak orang berlalu lalang di dalam stasiun, maka bisa jadi acara wisata yang asik.
Tak hanya mengguanakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa naik angkutan umum untuk sampai di Stasiun Palmerah. Apa saja pilihan Dolaners? Ada kopaja B86 yang mengarah ke Kota, kopaja S608 yang menuju ke Tanah Abang, kopaja S615 yang menuju ke Tanah Abang juga, DAMRI ke Lebak Bulus, serta bus feeder transJakarta ke Tosari.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link