Sumber Jenon

4508 views

Menjajal kesegaran mata air Sumber Jenon yang alami dan masih perawan dengan suguhan sumber mata air Jenon yang begitu jernih dan mashyur membuat keberadaannya dilirik oleh para wisatawan. Sumber mata air yang jernih dan pemandangan desa yang begitu oleknya, semakin menambah daya tarik terhadap wisata Sumber Jenon.

Sumber Jenon

Photo by feryarifian.blogspot.co.id

Sumber Jenon – Sebuah sumber mata air yang dipercaya mujarab untuk menyembuhkan beragam penyakit. Sumber Jenon terletak di kawasan desa Gunung Ronggo, kecamatan Tajinan, kabupaten Malang. Karena para pengunjung cenderung datang dengan tujuan untuk berobat, mereka mempercayai bahwa air yang berada disana memiliki energy untuk menyembuhkan penyakit. Sebelum mengobati penyakitnya dengan mandi air Sumber Jenon Malang, terlebih dahulu air tersebut ditaburi dengan taburan serangkaian kembang setaman.

Sumber Jenon sendiri memiliki bentuk yang menyerupai bentuk kolam yang didalamnya terdapat rangkaian batako yang tertata rapi sebagai pondasinya dengan kedalaman 4 m. Pondasi tersebut sengaja dibuat dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung. Di dalam Sumber Jenon juga terdapat batang pohon jenu yang posisinya membujur dari posisi arah barat ke arah timur.

Uniknya lagi Dolaners, disana juga terdapat ikan sengkaring yang memiliki usia ratusan tahun. Ikan yang berpostur hitam polos ini berjumlah 37 ekor berukuran 50 cm anakan dan 170 cm untuk indukan. Selain warna hitam, ada juga ikan sengkaring merah yang tidak pernah berubah walaupun sudah dipancing berkali-kali. Konon legenda sumber air ini bisa disebut dengan Sumber Jenon Malang berawal dari cerita Rantung Wigati dan istrinya yaitu Irogat yang berasal dari Mataram mengungsi ke daerah ini karena peperangan yang terjadi di Mtaram.

Mereka hidup bercocok tanam dan saat musim kemarau mereka kesulitan air kemudian bertapa dibawah pohon jenu di atas gunung Harimau. Tiba-tiba ada angina kencang dan membuat pohon jenu menjadi tumbang hingga membuat ledokan tanah bersumber air dengan begitu derasnya. Mitosnya lagi batang jenu kemudian berubah menjadi naga dan jik ditusuk mengeluakan darah.

Wisata Sumber Jenon akan membuat Dolaners penasaran pada legendanya dan rindu dengan kesegaran mata air jernihnya, Dolaners harus buktikan sendiri. Selamat berkunjung!!!


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Sumber Jenon Malang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Salah satu fasilitas cafe yang menjadi favorit para pengunjung adalah cafe yang berada di areal Telaga Jenon ini juga menjadi daya tarik, sebab selain lokasinya yang nyaman dengan penyajian lesehan menghadap perbukitan, juga dilengkapi dengan fasilitas karaoke keluarga serta menu-menu yang mengundang selera setelah Dolaners lelah berenang.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 2.000,-
Kegiatan
Begitu jernihnya air yang ada di wisata alam Sumber Jenon ini sehingga Dolaners bisa melihat dasar sumber yang cukup dalam dan juga ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Selain mata air yang sangat jernih, Pemandian Sumber Jenon juga menyajikan pemandangan desa yang elok. Tak hanya itu, warna airnya yang hijau kebiruan merupakan daya tarik tersendiri dari obyek wisata ini. Pemandian Sumber Jenon Malang mempunyai bentuk menyerupai kolam dengan kedalaman sekitar 4 meter. Di dalamnya terdapat pondasi batako yang tertata rapi. Bahkan, dalam kolam tersebut ada ikan sengkaring yang berusia ratusan tahun. Ikan hitam polos tersebut berjumlah 37 ekor, dengan ukuran 50 cm untuk anakan dan 170 cm untuk induk. Konon jumlah ikan sengkaring tersebut tak pernah berubah walau sudah berkali-kali dipancing. Oya, menurut masyarakat setempat, di dalam sumber air ini juga terdapat terowongan yang berujung sampai di laut selatan. Keunikan lainnya, mata air Sumber Jenon Malang juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk menuju lokasi Sumber Jenon dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Dari pusat kota Malang, arahkan kendaraan menuju Kecamatan Tajinan hingga menemui Pasar Tajinan. Dari pasar ini, jarak tempuh hingga sampai lokasi sekitar 20 menit ke arah timur. Ada beberapa petunjuk di sepanjang jalan. Dolaners juga bisa bertanya pada penduduk setempat arah menuju Pemandian Sumber Jenon.
Untuk menuju lokasi wisata Sumber Jenon harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebab belum ada angkutan umum ataupun jasa transportasi yang akan mengantar Dolaners menuju ke tempat ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link