Sumber Krabyakan

2225 views

Kolam mata air dengan kejernihannya yang sebening kaca berpadu dengan batuan alam dan rindangnya pepohonan dijamin akan membuat liburanmu tak hanya menyenangkan, namun juga menyenangkan dan menyegarkan pikiran yang kalut.

Sumber Mata Air Krabyakan

Photo by inspirasibackpacker.wordpress.com

Terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, wisata pemandian Sumber Air Krabyakan merupakan sebuah mata air alami. Untuk mencapai lokasinya pun tidaklah sulit. Dari kota Malang, Dolaners bisa menuju arah ke kota Lawang. Jika sudah mencapai Pasar Lawang, tepat di seberang timur terdapat Jalan Pandawa, dari sini Dolaners akan masuk dan meneruskan perjalanan sekitar 3 km lagi untuk bisa sampai ke pintu gerbang wisata Sumber Krabyakan. Karena keindahan alamnya yang tidak tak bisa dianggap sepele, Sumber Krabyakan menjadi perbincangan di kalangan para Dolaners akhir akhir ini. Keunikan dan daya tarik dari Sumber Krabyakan ini terletak pada sumber mata airnya yang dibentuk seperti kolam dan tersusun dari batu kali yang ditata melingkar di tepi kolam. Paduan kolam alami dan pemandangan sekitar yang masih terjaga dijamin memanjakan mata Dolaners.

Suara gemericik air sungai pun menambah kesejukan yang ditawarkan obyek wisata ini. Tak hanya itu, mata air yang mengalir deras di sejumlah anak sungai juga bisa dijadikan tempat bermain air yang nyaman dan menyenangkan. Sumber Krabyakan juga tersedia banyak kolam tanah berukuran kecil. Kolam-kolam tersebut berisi ikan kecil dan berfungsi sebagai terapi ikan bagi setiap pengunjung yang datang. Di Sumber Krabyakan ini, Dolaners akan menikmati lengkap dengan pemandangan sawah dan bukit yang menghijau serta udara yang masih segar. Kealamian panorama yang sangat jarang ditemukan ini bisa menjadi pelepas penat para Dolaners yang datang. Puas bermain air, liburan Dolaners di Sumber Krabyakan akan semakin lengkap jika dilanjut dengan menikmati lezatnya menu makanan khas pedesaan yang tersedia di sejumlah warung yang ada di kawasan tersebut.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Sumber Krabyakan tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Sumber Krabyakan : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Terapi Ikan : Rp. 2.000,-
Kegiatan
Memiliki sumber mata air yang dibentuk seperti kolam dan tersusun dari batu kali yang ditata melingkar di tepi kolam, ditambah lagi pemandangan sekitar yang masih alami dijamin akan memanjakan Dolaners. Tak hanya itu, mata air yang mengalir deras di sejumlah anak sungai juga bisa dijadikan tempat bermain air yang nyaman dan menyenangkan. Sumber Krabyakan juga tersedia banyak kolam tanah berukuran kecil. Kolam-kolam tersebut berisi ikan kecil dan berfungsi sebagai terapi ikan bagi setiap pengunjung yang datang. Puas bermain air, liburan Dolaners di Sumber Krabyakan akan semakin lengkap jika dilanjut dengan menikmati lezatnya menu makanan khas pedesaan yang tersedia di sejumlah warung yang ada di kawasan tersebut.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk bisa sampai ke wisata pemandian Sumber Krabyakan, sebenarnya tidaklah sulit. Dari kota Malang, Dolaners bisa menuju arah ke kota Lawang. Jika sudah mencapai Pasar Lawang, tepat di seberang timur terdapat Jalan Pandawa, dari sini Dolaners akan masuk dan meneruskan perjalanan sekitar 3 km lagi untuk bisa sampai ke pintu gerbang wisata Sumber Krabyakan. Perlu diketahui bahwa belum ada papan petunjuk arah untuk menuju lokasi wisata ini, sehingga Dolaners jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar jika kesulitan mencari lokasi sumber mata air yang satu ini.
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Sumber Taman Malang ini. Jika Dolaners terpaksa harus menggunakan transportasi umum, maka dari arah terminal Arjosari Malang, Dolaners bisa naik angkutan umum berkode LA yang menuju ke arah Lawang, dan turun di Jalan Pandawa (sebelah timur Pasar Lawang), kemudian meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek memasuki jalan tersebut sejauh sekitar 3 km. Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, Sumber Krabyakan dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link