Sumber Maron

3713 views

Menikmati alam Sumber Maron yang menarik dengan kejernihan air yang begitu memikat dilengkapi suasana air terjun sangatlah memukau untuk dinikmati apalagi diabadikan dalam jepretan kamera dengan pose terbaik yang pasti akan menambah kerinduan pada keindahan Sumber Maron.

Sumber Maron

Photo by pitangker.wordpress.com

Lokasi Sumber Maron berada di daerah Gondanglegi lebih tepatnya di desa Karangsuko, kecamatan Pagelaran. Saat ini Sumber Maron telah menjadi destinasi wisata favorit pilihan pengunjung untuk menghabiskan waktunya menikmati wisata alam tersebut. Sumber Maron merupakan wisata alam dari suber mata air jernih yang memiliki pemandangan pedesaan begitu indah dan terkesan alami. Untuk menjangkau wisata mata air Sumber Maron Malang ini tidaklah terlalu sulit, akses jalan menuju wisata ini sudah layak baik dilalui oleh motor maupun mobil. Apalagi jika Dolaners berangkat dari stadion Kanjuruhan Kepanjen maka waktu yang Dolaners butuhkan hanya sekitar 15 menit saja dalam jarah tempuhnya berkisar 3 km.

Dolaners diharuskan berjalan kaki dari tempat parkir untuk menjangkau lokasi wisata ini karena jarak dari tempat parkir kendaraannya sekitar 500 m. Tapi Dolaners tidak perlu khawatir karena untuk mengobati perjalanan tersebut Dolaners disuguhi oleh pemandangan yang begitu indah dan memukau. Jadi ketika Dolaners dalam keadaan bad mood maka perasaan itu akan hilang seketika.

Ketika sampai di lokasi utama Sumber Maron Malang maka Dolaners akan menyaksikan air terjun yang oleh masyarakat sekitar akrab dijuluki dengan sebutan “Grojogan Sewu”. Dari ketinggian dan kemiringan tersebut Dolaners dapat mengabadikan moment dalam pose terbaik dari jepretan kamera ditebing-tebing Grojogan Sewu tersebut. Akan tetapi Dolaners harus berhati-hati ketika berfoto disana karena bebatuan diarea tersebut cenderung berlumut dan licin. Selain mengeksplorasi ala sekitar Air Terjun Sumber Maron Dolaners bisa menikmati penelusuran area sungai Sumber Maron dalam aktifitas river tubing dengan menyewa media ban.

Sumber Maron Malang yang menjadi wisata edukasi bagi instansi pendidikan yang akan merencanakan study tour ke Malang sangatlah menjadi pilihan yang tepat bagi Dolaners. Tak hanya cocok untuk wisata edukasi namun keindahannya juga dapat menjadi sebuah terapi bagi lelehnya fikiran maupun fisik Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Anda yang ingin berlibur ke wisata alam Sumber Maron tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia diSumber Maron Malang ini. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 1.000,-
Biaya Sewa Ban : Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 2.000,-
Kegiatan
Terdapat tiga lokasi utama yang bisa Anda nikmati di Sumber Maron ini, yakni :
  • Wahana Pertama yang memang sudah terbangun penampungan air alami yang bisa digunakan untuk renang khususnya anak-anak karena tidak terlalu dalam yakni sekitar 30 – 60 cm.
  • Wahana Kedua terdapat kolam besar yang menjadi awal mula terbendungnya air di Sumber Maron Malang yang fungsinya untuk menciptakan energi listrik yang berasal dari mesin micro hydro. Kedalamannya pun kurang lebih 3 meter. Selain itu juga bisa untuk berenang orang dewasa dengan menggunan ban yang banyak disewakan oleh warga untuk para pengunjung.
  • Wahana Ketiga, terdapat aliran sungai Sumber Maron yang mirip air terjun yang warga sekitar menyebutnya Grojokan Sewu. Kebanyakan orang yang datang ke Sumber Maron menuju wahana ketiga selain untuk berenang di bawah air terjun yang sangat jernih, pengunjungpun disuguhi oleh wahana arung jeram yang lumayan menantang, sehingga Anda bisa melakukan tubing dengan menggunakan ban yang banyak disewakan di sekitar Sumber Maron Malang ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Pemandian Sumber Maron, akses jalan yang akan Anda lalui cukup berkelok-kelok. Dari pusat kota Malang, Anda bisa melalui Kepanjen atau Gondanglegi. Kemudian arahkan kendaraan Anda menuju Desa Karangsuko. Jalannya cukup terjal dan medan akan semakin menanjak hingga sampai ke Sumber Maron Malang. Untuk mencapai lokasi pemandian, Anda harus berjalan di jalanan setapak di tepian persawahan dengan kondisi menurun. Setelah berjalan sekitar 5 menit, maka sampailah di Pemandian Sumber Maron.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda sampai ke Sumber Maron ini. Sehingga jika Anda ingin berlibur ke pantai ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Sumber Maron dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link