Sumber Pitu Tumpang

8759 views

Gemericik air terjun dengan 7 aliran namun bersumber dari 1 mata air ini menyuguhkan panorama yang lain dari yang lain. Mata air menyumbul dengan deras dengan jarak yang begitu berdekatan dari tebing dengan debit yang cukup besar yakni 1600 liter tiap detiknya. Saking besarnya hingga dimungkinkan Coban Sumber Pitu Tumpang ini berasal dari sungai yang berlokasi di bawah tanah.

Sumber Pitu Tumpang

Photo by panoramio.com

Sebelum menjangkau lokasi Coban Sumber Pitu Tumpang terlebih dahulu Dolaners akan dimanjakan dengan panorama Coban Tunggal dengan debit yang besar dan deras melalui jalan setapak. Setelah tiba pada cucuran air terjun ini Dolaners tinggal melongokkan pandangan kearah kiri, dan simsalabim panorama Coban Sumber Pitu Tumpang siap memanjakan kedua pelupuk mata Dolaners.

Tepat didepan kemegahan mahakarya Sang Illahi tersemat bebatuan dengan berbagai ukuran yang mampu membentuk kolam alami dengan bagian celah yang mampu mengalirkan air. Hal ini bisa dijadikan wahana berselfie ria dengan spot yang natural dan menantang. Hijaunya background sembulan air terjun oleh tumbuhan berhabitat lembab menjadi saksi bisu betapa lamanya Coban Sumber Pitu Tumpang memberikan nuansa kesegaran alami pada setiap sendi kehidupan makhluk hidup di sampingnya.

Setibanya di lokasi Sumber Pitu Tumpang tidak lengkap rasanya tanpa menikmati sentuhan air dengan mandi dan berenang di obyek wisata alam ini. Batuan dengan ukuran yang tidak bisa disebut kecil ini menjadi pagar alami namun masih bisa ditembus derasnya debit air yang terjun dari ketinggian. Hawa dingin air akan menyambut Dolaners saat pertama kali menyelupkan kaki atau tangan untuk sedikit mencicipi sensai airnya yang jernih, bersih dan pastinya bebas polusi ini.

Kesegaran mandi yang berbeda jauh dari mandi di kolam renang atau kamar mandi di kediaman pribadi bisa Dolaners rasakan. Air yang kaya oksigen dengan hawa sejuk dan dijamin kehigienisannya dari berbagai bakteri dan logam berat ini bisa Dolaners gunakan untuk memanjakan kulit mulai dari rambut hingga ujung kaki. Bermain air sambil menyipratkan air bersama kawan menjadi moment tak terlupakan ketika berada di Coban Sumber 7 Tumpang.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Anda yang akan berlibur ke Coban Sumber Sumber Pitu Tumpang disarankan Dolaners membawa bekal makan dari rumah, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasannya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan Coban Sumber 7 Tumpang ini.
Kegiatan
Coban yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Malang ini merupakan salah satu sumber mata air terbesar di desa Duwet Krajan. Sumber Pitu Tumpang berasal dari mata air yang muncul di tujuh titik yang hampir berdekatan. Uniknya, mata air coban ini berada di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung menyembur sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. Debit sumber air di Sumber Pitu Tumpang mencapai 1.600 L/detik. Mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar tersebut, kemungkinan coban ini merupakan sungai di bawah tanah. Masyarakat setempat percaya bahwa Sumber Pitu Tumpang masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun ini sering digunakan masyarakat dari luar desa sebagai tempat ritual. Mereka percaya bahwa air yang langsung keluar dari tanah dan menyembur merupakan air suci. Banyak orang yang datang membawa botol dan diisi air untuk dibawa pulang atau diminum langsung. Dengan hamparan warna hijau asri dan air yang jernih sangat memanjakan mata. Selain bermain air, di Sumber Pitu Tumpang ini juga terdapat banyak spot menarik yang patut untuk Dolaners kunjungi dan tentu saja sangat pas bagi Dolaners yang mempunyai hobby fotografi.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mencapai air terjun Sumber Pitu Tumpang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya masih satu jalur menuju Coban Pelangi dan Gunung Bromo. Bila menggunakan kendaraan umum, dari pasar Tumpang naik angkutan kota jurusan ke Gubugklakah kemudian turun di pertigaan balai desa Wringinanom. Di sini terpampang spanduk dan foto air terjun Sumber Pitu Tumpang. Lokasi air terjun masih sekitar 3 km lagi. Dari sini, Dolaners harus belok kiri sampai menemui Balai Desa Duwet Krajan, lalu Dolaners bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang eksotik. Antara lain pemandangan perbukitan yang banyak ditanami apel milik warga, lahan sayur-sayuran, tebing dan bebatuan yang sangat memukau. Wisatawan juga akan melewati sungai yang jernih dengan beberapa air terjun kecil di sepanjang perjalanan. Bahkan, jika beruntung Dolaners akan menemukan beberapa monyet berkeliaran.
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya masih satu jalur menuju Coban Pelangi dan Gunung Bromo. Bila menggunakan kendaraan umum, dari pasar Tumpang naik angkutan kota jurusan ke Gubugklakah kemudian turun di pertigaan balai Desa Wringinanom. Di sini terpampang spanduk dan foto Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Lokasi air terjun masih sekitar 3 km lagi. Dari sini, kalian harus belok kiri sampai menemui Balai Desa Duwet Krajan, lalu Dolaners bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link