Sumber Sirah

1560 views

Wisata tersembunyi dengan jernihnya air Sumber Sirah ketika menyentuhnya. Ikan-ikan kecil yang bermain perak umpet dibalik ganggang menambah uniknya pemandangan perairan yang memukau hingga tak akan bosan mata memandang.

Sumber Sirah

Photo by youtube.com

Sumber Sirah – Satu lagi destinasi wisata yang ada di daerah Malang, tepatnya berada di Desa Sumber Jaya, kecamatan Gondanglegi, Malang. Wisata yang satu ini tergolong masih baru dan masih sedikit wisatawan yang tahu. Sumber Sirah adalah wisata yang bertemakan sebuah pemandian dan wisata air tawar yang amat jernih. Dolaners bisa berenang sekaligus melihat indahnya pemandangan wisata bawah laut yang ditawarkan. Memang tak seperti pemandangan bawah laut lainnya yang memiliki terumbu karang yang lebat, namun Sumber Sirah Malang memiliki kelestarian rerumputan yang terjaga. Pemandangan ini pun tak kalah indahnya, airnya yang jernih menambah pandangan mata Dolaners betah berlama-lama memandangnya.

Indahnya sumber air ditempat ini dilengkapi dengan tanaman-tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau ditemani oleh pasir hitam yang halus, babatuan kecil dan ikan-ikan kecil yang menghiasi. Sangking jernihnya sumber air disana maka ketika Dolaners masih berada dipermukaan, Dolaners dapat menyaksikan indahnya tumbuhan jenis ganggang kecil dan ikan-ikannya yang sangat jelas dari permukaan.

Untuk menjangkau tempat wisata Sumber Sirah Malang, Dolaners akan ditemani oleh hamparan luas kebun kelapa, tebu dan mawar milik warga sekitar. Fasilitas seperti toko makanan dan minuman serta persewaan ban juga telah ada disada untuk memudahkan kegiatan para wisatawan. Akses jalan untuk menuju lokasi Sumber Sirah dari kota Malang bisa mengambil jalur arah menuju Bululawang lalu dilanjutkan kearah pabrik gula Krebet dan lurus hingga sampai di pabrik Pioneer. Saran untuk Dolaners yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Sumber Sirah ini adalah bertanya pada penduduk sekitar ketika telah sampai di pabrik Pioneer, selain itu transportasi roda dua juga lebih disarankan demi kemudahan transportasi dan kelancaran dalam perjalanan Dolaners.

Wisata Sumber Sirah yang masih alami menambah keindahan suasana sumber air yang asri bagi kunjungan Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang akan berlibur ke wisata alam Sumber Sirah disarankan Dolaners membawa bekal makan dari rumah atau ketika masih di perjalanan, Dolaners mengisi perbekalan sesuai kebutuhan, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasannya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan wisata Sumber Sirah ini.
Akomodasi
Biaya Sewa Ban Anak anak : Rp. 2.000,-
Biaya Sewa Ban Dewasa : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Air yang mengalir di Sumber Sirah sangat jernih dan di dasar sumber air ini terdapat tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil. Karena jernihnya air di sumber sirah ini, ketika masih berada di permukaan, tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan-ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Menuju Sumber Sirah, Dolaners akan ditemani hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar. Disarankan bagi Dolaners agar membawa peralatan snorkling dan kamera underwater, agar tidak terlewat untuk nikmati sensasi wisata biota air tawar yang menghijau. Menikmati indahnya ganggang atau alga hijau, Dolaners juga bisa main river tubbing. Ya, meski lintasannya pendek namun seru juga bisa kintir-kintiran di sungai yang jernih dengan pemandangan sawah di kanan kiri. Selesai bermain air, cobalah beristirahat di gubug-gubug yang ada di pematang sawah, atau berteduh di bawah pepohonan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Sumber Sirah jika ditempuh dari Kota Malang bisa mengambil arah menuju Bululawang, kemudian menuju arah Pabrik Gula Krebet lurus sampai Pabrik Pioneer. Akses menuju ke Sumber Sirah memang tidak memiliki petunjuk. Setelah sampai di Pabrik Pioneer disarankan untuk sering bertanya ke penduduk sekitar. Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan roda dua jika ingin menuju Sumber Sirah.
Untuk menuju lokasi wisata Sumber Sirah harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebab belum ada angkutan umum ataupun jasa transportasi yang akan mengantar Dolaners menuju ke tempat ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link