Taman Apsari Surabaya

751 views

Sekalinya ke Surabaya, dan Dolaners pengen ke satu tempat yang jenisnya nyerempet-nyerempet one stop destination, gitu? Lokasi yang punya nilai sejarah dengan kota pahliawan ini, cukup nyaman buat ngadem ditengah cuaca kota yang panas, dan ada sedikit ruang buat stretching mengurangi pegel-pegel badan sehabis perjalanan darat yang cukup panjang. Yak, ada lokasi sepertini di tengah kota, sehingga aksesnya cukup mudah. Baca terus yuk, seperti apa Taman Apsari ini.

Taman Apsari Surabaya, Taman Apsari, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo by Hardiawan Wicaksono

Yuk Dolaners flashback sejenak, menelusuri jejak lama tentang Taman Apsari. Taman ini dibangun sesuai perintah dari penguasa Belanda di Surabaya pada akhir tahun 1900-an. Karena kurang puas dengan kediaman resminya, dianggap kurang representatif sebagai penguasa tunggal di wilayah ini, maka dipindahlah lokasinya ke Gedung Grahadi saat ini. Pada awalnya, Taman Apsari befungsi sebagai backyard gedung megah ini, berada di bagian belakang kediaman resmi sang penguasa. Tapi kemudian diputuskan bahwa bagian depan gedung ini dibalik, sehingga taman yang semula berposisi di belakang gedung berubah menjadi berada di depan gedung. Galau juga ya, sang penguasa ini.

Jadi begitulah, hingga hari ini Dolaners bisa lihat Taman Apsari berada di seberang jalan Gedung Grahadi. Taman ini memiliki 20 jenis bunga yang terawat asri, tak lupa pohon-pohon rindang yang menawarkan suasana sejuk di tengah Kota Surabaya. Nah, bayangkan saja Dolaners, betapa menyenangkannya menghabiskan waktu nongkrong di Taman Apsari. Lumayan banget buat melepas penat kalau Dolaners habis menempuh perjalanan panjang. Kalau mau melemaskan otot-otot yang sudah kram di perjalanan, Dolaners bisa juga jalan-jalan atau bahkan lari-lari santai seputar Taman Apsari. Manfaatkan saja jogging track yang telah disediakan di taman ini. Kalau mau lebih capek, Dolaners bisa ikutan main futsal di lapangan yang berada di bagian belakang taman . Tapi biasanya orang main futsal selalu datang berkelompok ya, jadi jangan asal gabung saja, Dolaners. Boleh lah beraksi sok kenal sok dekat sesekali, atau cuma nonton mereka main futsal aja, deh.

Kalau Dolaners kurang suka ketemu orang, boleh ketemu arca Joko Dolog di kawasan Taman Apsari. Arca kuno ini aslinya berada di sebuah desa di dekat Kota Nganjuk, dipahat untuk dipersembahkan bagi Raja Singhasari, Raja Kertanegara. Kemudian, pada awal tahun 1800-an, pemerintah Belanda memindahkan arca ini ke Surabaya, dan menjadikannya bagian dari Taman Apsari. Arca ini berbentuk patung Budha karena Raja Kertanegara dikenal sebagai penganut Budha yang taat. Selain arca Joko Dolog, Dolaners juga bisa melihat-lihat patung Gubernur Surya yang berdiri megah di tengah taman. Dikitari air mancur di sekelilingnya, patung ini juga bisa menjadi center piece yang menarik di Taman Apsari ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Apsari bisa jadi lokasi yang nyaman untuk membuka bekal makanan, dan makan-makan di udara terbuka. Tapi kalau Dolaners bukan tipe orang yang suka bawa bekal, tinggal langkahkan kakimu ke restoran-restoran yang ada di sekitar taman ini.
Akomodasi
Taman ini bisa dikunjungi siapapun, semua orang yang ingin memanfaatkan fasilitas outdoor Kota Surabaya, siang dan malam. Yup, taman ini terbuka 24 jam dan tidak ada tiket masuk.
Kegiatan
Berada di taman ini, Dolaners bisa nongkrong santai, memanfaatkan jogging track yang ada, atau ikutan main futsal. Sekedar jalan-jalan mengitari taman juga bukan ide buruk. Apalagi kalau Dolaners bawa kamera. Pasti bisa bikin foto keren, dengan bunga-bunga taman yang akan tampak cantik saat muncul dalam frame kameramu.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mendapatkan teman nongkrong, Dolaners datang saja dimalam hari, terutama saat akhir pekan. Banyak pengunjung taman yang bisa jadi kawan baru atau potensi pasangan kalau Dolaners masih ngejomblo.
Taman Apsari mudah sekali dicari. Dolaners bisa jadikan Gedung Grahadi sebagai patokan ke mana mengarahkan kendaraan. Kalau menggunakan bus kota, Dolaners tinggal naik bus W yang rutenya melewati taman ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link