Taman Balai Kota Surabaya

2951 views

Wajah ibukota Jawa Timur semakin asri dari hari kehari. Taman-taman yang terus diperbaiki dan dirawat dengan baik bisa menjadi tambahan daya tarik wisata Kota Surabaya. Kombinasi dengan spot-spot bersejarahnya, taman yang hijau benar-benar tempat rehat yang menggiurkan di kota ini. Persis seperti inilah Taman Balai Kota Surabaya. Hijau asri dengan bunga-bunga, berseberangan dengan gedung balai kotanya yang telah berdiri selama berabad-abad. Nah, kenapa tak menjadi destinasi berikutnya, Dolaners?

Taman Balai Kota Surabaya, Taman Balai Kota, Taman Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo by Randy Yusuf Pratama Putra

Berkunjung ke Surabaya, tentu Dolaners menyempatkan diri melihat-lihat gedung balai kotanya, dong. Nah, mumpung ke area ini, mampirlah ke taman yang ada di seberang gedung ini, Taman Balai Kota Surabaya atau juga dikenal sebagai Taman Surya. Taman ini adalah taman resmi pemerintah kota, tak jarang menjadi lokasi penerimaan tamu, upacara, dan lain sebagainya. Tak ada salahnya sesekali Dolaners bergaya sebagai tamu negara, mengunjungi taman ini saat ada di Surabaya.

Banyak perubahan yang terjadi di taman ini semenjak Ibu Tri Rismaharini bekerja di gedung balai kota Surabaya. Misalnya, pagar tembok taman diganti tanaman hidup, latar tanahnya diganti dengan keramik, dan masih banyak lagi. Tidak ada fasilitas taman bermain selayaknya taman-taman Kota Surabaya yang lain, tapi masih banyak anak-anak berseliweran di Taman Balai Kota ini. Lantai taman yang terawat bisa jadi ajang main sepatu roda anak-anak. Tahu dong Dolaners, sepatu roda jaman Olga yang jadul itu sekarang ngehits lagi dikalangan anak-anak jaman sekarang. Jadi hati-hati aja kalau pas ke Taman Balai Kota Surabaya dan ketemu anak-anak yang lagi heboh main sepatu roda, jangan sampai ketabrak.

Meskipun minim fasilitas bermain anak-anak, seperti jungkat-jungkit, prosotan, atau ayunan, Taman Balai Kota punya lebih dari satu air mancur. Masing-masing air mancurnya cukup menarik, terutama yang terbesar di tengah taman. Ada lagi air mancur yang berlokasi di pinggir taman, terdiri dari lima sumber air yang memancar silih berganti. Air mancur yang paling disukai pengunjung anak di Taman Balai Kota berada diluar pagar, dengan airnya yang memancar bergantian pula. Dolaners yang hobi fotografi bisa menemukan objek foto menarik di sekitar air mancur yang penuh dengan keceriaan anak-anak bermain. Berbeda lagi kalau Dolaners lebih tertarik dengan foto-foto taman. Saat malam, semua air mancur ini dihiasi dengan lampu warna-warni yang akan tampak cantik banget kalau ditangkap dari balik kamera.

Dolaners kurang tertarik dengan foto? Datang saja dan duduk-duduk di bangku taman yang berjajar rapi di sisi luar. Taman Balai Kota ini cocok banget buat menikmati semilir angin sore. Coba dulu deh, Dolaners.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Balai Kota ini tidak menyediakan spot bagi penjaja makanan resmi. Memang taman kota resmi, jadi tentu tak ada pedagang kaki lima yang menggelar lapak di sini. Puas-puasin dulu di taman ini, lalu kalau Dolaners lapar bisa menuju destinasi berikutnya.
Akomodasi
Taman Balai Kota Surabaya terbuka untuk umum, selama 24 jam, dan bebas biaya. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners tinggal manfaatin parkir elektronik atau parkir meter di dekat taman ini.
Kegiatan
Dolaners bisa datang dan duduk-duduk menikmati angin di taman ini. Mau foto-foto kehebohan di taman juga bisa. Atau mungkin Dolaners lebuh suka mengambil gambar bunga-bunga tamannya?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners lebih tertarik bersantai di taman ini, datang saja saat sore hari. Saat malam, Dolaners bisa sekedar duduk-duduk, tapi lebih banyak warna-warni lampu taman yang cukup menggoda masuk dalam frame kamera. Sayang kalau disia-siakan.
Dolaners bisa sampai ke taman ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jangan lupa parkir di tempat yang telah disediakan. Kalau Dolaners perlu menggunakan bus kota, naik saja bus P, N, DKB, E, S, atau LK. Bus-bus ini punya akses trayek ke Taman Balai Kota Surabaya.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link