Denpasar

Taman Budaya Bali

799 views

Keindahan arsitektur budaya bali dan juga nilai seni dan adat yang tinggi dituangkan dalam sebuah bagunan megah yang disebut sebagai taman budaya bali. Keindahan serta kearifan budaya bali yang terdapat pada taman budaya bali akan membuat hati siapa saja berdecak kagum dan ingin mengunjungi kembali tempat wisata ini.

Taman Budaya Bali

Photo by bali-island-guide.com

Taman Budaya Bali atau lebih dikenal dengan art center merupakan sebuah gedung yang dibangun untuk keperluan pelestarian budaya lokal. Tak heran jika design bangunan ini dibuat berdasarkan arsitektur tradisional terbaik pulau Bali. Terbelah dengan taman yang hijau dan juga sungai yang membentang dari timur ke barat, menjadikan Taman Budaya Bali ini terbagi menjadi 4 komplek dengan nuansa yang sejuk serta lanscape yang alami. 4 komples tersebut antara lain :

  1. Komplek suci, meliputi bale selonding, amartha saraswati, kalangan ayodya, bale pepaosan, dan pura taman beji.
  2. Komplek ketenangan yang meliputi perpustakaan widya kusuma
  3. Komplek setengah ramai meliputi bale gili, arena anak-anak, bale gajah mina, bale kambang, studio lukis, gedung pameran mahudara, patung kumbakarna karebut, studio patung, gedung kriya, wisma seni dan wantilan.
  4. Komplek ramai meliputi kalangan angsoka dan kalangan ratna kandha, panggung terbuka ardha candra & panggung tertutup ksirarnawa yang teletak disebelah selatan sungai.

Sejak pertama dibuka pada tahun 1973, Taman Budaya Bali memiliki kegiatan tahunanya, yaitu menggelar pesta kesenian bali atau PKB. Pesta kesenian ini akan diisi oleh parade budaya (pawai budaya) dan dilanjutkan dengan pentas seni tradisonal seperti wayang, sendratari, bondres, geguntangan dan berbagai budaya yang mencerminkan kearifan budaya bali. Acara tahunan tersebut, tentunya menjadi kesempatan yang bagus bagi Dolaners yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya bali. Acara PKB ini merupakan daya tarik utama dari taman budaya bali, saat acara ini berlangsung lokasi taman budaya bali akan sangat ramai, namun Dolaners tak perlu khawatir tentang membludaknya pengunjung ini, pasalnya Taman Budaya Bali memiliki luas kurang lebih 14 hektar sehingga mampu menampung 7000 pengunjung dan juga telah dilengkapi dengan areal parkir yang luas.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makanan Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Taman Budaya Bali ini banyak terdapat tempat makan, mulai dari warung hingga restaurant. Beragam tempat makan yang ada disini menawarkan menu andalannya masing masing. Salah satu tempat makan yang ramai dikunjungi para pelanggan setianya adalah Rumah Makan Depot Umum.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Bentuk susunan komplek bangunan di Taman Budaya Bali ini terdiri dari :

  • Komplek bangunan suci meliputi : Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dll.
  • Komplek bangunan tenang meliputi : Perpustakaan Widya Kusuma, dimana ditempat ini tersimpan buku buku tentang sejarah Bali.
  • Komplek bangunan setengah ramai meliputi : Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan tempat ini merupakan aula tempat pameran seni Bali.
  • Komplek bangunan ramai meliputi : Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa (keduanya berada di selatan Sungai).

Di Taman Budaya Bali ini, Dolaners bisa menyaksikan beragam kebudayaan dan pentas seni yang dipertunjukkan. Sebagian besar yakni seperti pagelaran kolosal Bali maupun tarian tarian khas Bali. Selain itu Dolaners juga bisa belajar tentang sejarah Bali di Perpusatakaan yang ada disini.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses rute untuk Dolaners menuju lokasi Taman Budaya Bali yakni Dolaners bisa mengambil jurusan menuju ke pusat kota di Jalan Gajah Mada, kemudian lurus ke Timur menuju Hayam Wuruk, setelah Banjar Kedaton sebelah kiri, ketemu jalan Nusa Indah, di situlah lokasinya.
Selain menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, Dolaners bisa mnggunakan angkutan umum. Dari Kuta Dolaners bisa naik angkot ke terminal Tegal. Dari terminal ini Dolaners harus ganti kendaraan menuju terminal Batu Bulan. Lalu, turunlah di pertigaan jalan Nusa Indah. Dari situ Dolaners harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 700 meter untuk bisa sampai ke Taman Budaya Bali ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link