Taman Bunga Matahari Bantul

1507 views

Dolaners pernah nonton Shrek 2? Sempet merhatiin soundtrack film ini, Accidentally in Love? Sepenggal frasa ini sepertinya cocok banget dibuat mendeskripsikan Taman Bunga Matahari Bantul. Awalnya, tak ada niat menjadikannya destinasi wisata seramai sekarang. Begitu bunga-bunga matahari di kebun ini mekar, pengunjung ramai berdatangan begitu saja. Dan awalnya, para pengunjung ini cuma kebetulan sekedar lewat, tapi langsung jatuh hati sama pemandangan yang instagenik di depan mata. Ikutan yuuuk!

Taman Bunga Matahari Bantul, Taman Bunga Matahari Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by freda_fredot

Thanks to Instagram, Taman Bunga Matahari Bantul ngehits maksimal belakangan ini. Apalagi, sekitar bulan Oktober tahun kemarin, bunga-bunga matahari di kebun ini semuanya sedang mekar. Kebayang dong, gimana instageniknya hamparan bunga matahari yang begitu luas. Bener-bener pilihan latar yang sempurna untuk selfie, wefie, groupie, bahkan Taman Bunga Matahari Bantul ini bisa jadi landscape photography view yang sayang banget bila sampai dilewatkan.

Tak hanya bagi pengunjung wisatawan dari luar Yogyakarta, bahkan warga Bantul sekalipun cukup antusias menikmati keindahan Taman Bunga Matahari Bantul. Wajarlah ya, habisnya bunga berwarna kuning cerah yang luas membentang ini memang tampak cantik banget. Terhampar pada sebidang lahan seluas 1000 meter persegi, tentulah Taman Bunga Matahari Bantul ini menjadi pemandangan yang menarik. Lokasi spot instagenik ini juga mudah diakses, jadi pengunjung semakin ramai saja dari hari ke hari.

Tampaknya, Taman Bunga Matahari Bantul memang disiapkan untuk latar selfie, menilik dari lorong-lorong setapak yang sepertinya ditujukan untuk pejalan kaki. Tapi, you know what, Dolaners? Bila diperhatikan lebih teliti, di bawah bayang-bayang bunga matahari yang cukup besar ini, ada tanaman cabai. Yak, bunga-bunga besar ini memang menaungi cabai yang sengaja ditanam untuk kemudian dipanen. Jadi, tak hanya berhati-hati supaya tak merusak tanaman bunganya, saat berkunjung kemari Dolaners juga wajib berhati-hati jangan sampai merusak tanaman cabainya.

Taman Bunga Matahari Bantul ini juga dikenal dengan nama Kebun Bunga Matahari Etik Purwanti. Ibu Etik Purwanti inilah yang memiliki lahan taman bunga ini, eh bukan, lahan kebun cabai sebenarnya. Bertani cabai di sebuah lahan dekat pantai berisiko angin yang berhembus kencang. Sekitar pertengahan tahun kemarin, Ibu Etik Purwanti mengganti tanaman kenikir dengan bunga-bunga matahari. Hasilnya, tak hanya lebih kokoh menahan terpaan angin pada tanaman cabainya, bunga-bunga matahari di lahan ini juga tampil cantik dan instagenik. Dolaners bisa menikmati view yang sempurna bila mendapati bunga-bunga matahari kuning ini sedang mekar merekah sempurna di seluruh lajur.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Bunga Mahari Bantul ini sejatinya adalah area kebun warga, bukan destinasi wisata. Jadi, wajar saja bila Dolaners takkan mendapati kedai atau warung makan. Bila lupa tak membawa bekal, Dolaners bisa mampir ke Restoran Mbolengan di Jalan Simas sebelum tiba di lokasi.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Harga Satu Tangkai Bunga Matahari: Rp 10.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan bunga-bunga matahari cerah di sela-sela lajur. Yang pasti takkan terlewat, Dolaners bisa selfie sepuasnya di Taman Bunga Mahari Bantul. Eksplor ide-ide kreatif Dolaners supaya bisa menghasilkan foto-foto yang kece, ya!
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jangan cuma ke Taman Bunga Matahari Bantul, Dolaners. Sayang! Sebabnya, taman bunga ini tak jauh dari destinasi wisata lain, misalnya Kebun Buah Naga Pandansari, Kebun Buah Naga Wonoroto, Pantai Hutan Cemara, Gumuk Pasir, Konservasi Penyu Pantai Samas, dan tentunya juga, Pantai Samas.
Berada di tepi Jalan Lintas Selatan, Taman Bunga Matahari Bantul pasti mudah ditemukan. Bila berkendara pribadi dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners bisa langsung melaju di Jalan Bantul, lewati Kota Bantul, lurus terus menuju Jalan Samas. Setelah belok kanan ke Jalan Lintas Selatan, kira-kira 500 meter dari persimpangan, Dolaners akan melihat hamparan kuning cerah bunga matahari di tepi jalan. Umumnya, Dolaners bisa tiba di Taman Bunga Matahari Bantul dalam waktu tak sampai 1 jam dari Kota Yogyakarta.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link