Taman Cahaya Pakal Surabaya

2623 views

Dolaners bosan dengan Taman Bungkul? Atau masih pingin ke Taman Bungkul, tapi taman ini sudah terlalu ramai? Jangan kuatir, Surabaya bagian barat punya taman lain, tak hanya Taman Bungkul. Memang Sudah saatnya Dolaners melihat-lihat lokasi lain di sisi kota ini, supaya tak terpaku pada satu lokasi taman saja. Yak, sekarang ada Taman Cahaya di wilayah Pakal. Mau tau seperti apa taman ini? Yuk intip bareng-bareng saja, deh.

Taman Cahaya Pakal Surabaya, Taman Cahaya, Taman Cahaya Pakal, Taman Cahaya Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo by andypinaria

Bertujuan untuk memecah arus pengunjung ke Taman Bungkul, Taman Cahaya dibangun dengan fasilitas yang tak kalah keren. Namun sedikit berbeda dari Taman Bungkul, Taman Cahaya lebih mengutamakan fasilitas-faslitas olahraga. Bahkan tahun lalu taman ini dilengkapi dengan lampu-lampu taman yang menggunakan tenaga matahari meskipun terkadang lampu-lampu ini kurang berfungsi atau bahkan padam dimalam hari. Memang masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan sehingga Taman Cahaya bisa menjadi taman kesayangan warga Surabaya dan pengunjung dari luar kota.

Pembangunan Taman Cahaya sempat mandeg beberapa waktu lalu, tapi jogging track dan area batu refleksi termasuk fasilitas yang rampung ditahap-tahap awal. Keberadaan fasilitas yang sudah bisa digunakan ini memungkinkan pengunjung tetap datang dan menikmati Taman Cahaya meskipun beberapa spot, seperti playground, masih belum selesai dikerjakan sepenuhnya. Memang konsep taman ini selain untuk rekreasi juga untuk olahraga dan refleksi, makanya tak heran kalau prioritas penyelesaian fasilitas taman dititikberatkan pada jogging track dan area batu refleksi. Nah, bila Dolaners pingin memanfaatkan kedua fasilitas ini di Taman Cahaya, tentu takkan jadi masalah.

Dibanding Taman Bungkul, Taman Cahaya memang masih kurang tenar. Tapi ada sisi baiknya, Dolaners bisa lebih leluasa di taman ini. Apalagi bila Dolaners memang lebih menyukai suasana tenang di tempat terbuka, tentu akan merasa sangat kurang nyaman bila harus ramai berdesakan dengan banyak orang di taman. Dan hal seperti ini takkan terjadi di Taman Cahaya. Mungkin karena akses kendaraan juga masih terbatas, jadi Taman Cahaya masih minim pengunjung. Tapi jangan patah arang ya, Dolaners. Sedikit jalan kaki tentu takkan jadi masalah buat Dolaners.

Taman Cahaya di wilayah pakal ini memang kondisinya masih kurang terawat saat ini. Tapi taman ini diproyeksikan akan segera menjadi destinasi wisata yang tak kalah dari Taman Bungkul. Bahkan, taman ini direncanakan bisa menjadi taman pilihan selain Taman Bungkul di wilayah Surabaya bagian barat. Kalau begitu, tak perlu lama-lama menunggu hingga saat itu tiba, Dolaners curi start saja, tengok taman ini sekarang juga.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Cahaya ini dilengkapi dengan sentra pedagang kaki lima. Terkumpul di satu lokasi, Dolaners bisa memilih-milih mana makanan yang disukai. Pilihan minuman juga tak kalah banyak untuk menghilangkan dahaga sehabis berolahraga atau jalan-jalan di taman ini.
Akomodasi
Seperti taman-taman kota di Surabaya yang lain, Dolaners tidak perlu membayar serupiahpun untuk menikmati fasilitas Taman Cahaya di daerah Pakal ini.
Kegiatan
Sesuai dengan konsep yang diusungnya, Taman Cahaya menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung untuk kegiatan-kegiatan luar ruangan. Dolaners bisa main basket, jogging, jalan-jalan bolak balik di area batu refleksi, atau sekedar duduk-duduk nongkrong menikmati suasana taman. Mau pakai playground? Tak jadi soal, asal tidak ada anak kecil yang menangis karena mainannya diserobot.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Mengingat kondisi taman yang masih kurang terawat, sebaiknya Dolaners mengunjungi taman ini disiang hari. Banyak lampu taman yang padam disaat malam, jadi keamanan di area taman ini masih cukup mengkhawatirkan. Kurangnya perawatan juga mengakibatkan beberapa area taman menyemak, mengakibatkan banyak nyamuk yang siap memangsa meminta donor darah. Jadi jangan lupa siapkan losion anti nyamuk kalau Dolaners hendak menuju ke Taman Cahaya.
Kalau Dolaners menggunakan kendaraan pribadi, pastikan terparkir dengan baik di lokasi yang aman atau bisa terpantau dari taman.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link