Taman dan Kawasan Hijau Menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta

1203 views

Selalu buru-buru dengan jadwal flight di bandara? Bisa dipahami, nyaris setiap orang mengalaminya. Mana sempat melenggang menikmati perjalanan ke bandara kalau isi kepala sudah pada jadwal pesawat dan acara selanjutnya yang berentet. Tapi coba nih ya, Dolaners. Saat menuju Bandara Halim Perdanakusuma, pelankan kendaraan dan nikmati suasana hijau di sepanjang jalan. Kalau perlu, berhentilah dan foto-foto. Kok bisa? Ya, bisa, lah.

Halim Perdana Kusuma, Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Indra Kurniawan

Tentu Dolaners sudah kenal dengan nama Halim Perdanakusuma. Tapi mungkin Dolaners belum tahu hijaunya area di sekitar bandara udara ini.

Ada tiga lapangan golf di sekitar Halim Perdanakusuma, yaitu Golf Halim I, Golf Halim II, dan Royale Jakarta Golf Club. Bila pintu masuk Royale Jakarta Golf Club melalui Tol Cikampek, Golf Halim I dan II bisa dicapai dengan melewati ruas jalan menuju bandara. Dolaners tinggal belok kanan sebelum sampai pintu gerbang bandara. Lapangan golf ini, meskipun milik TNI AU, terbuka untuk umum. Dolaners bisa bayangkan sendiri seluas apa lapangan golf dengan 18 holes. Dan tentu, yang namanya lapangan golf, pastilah hijau asri dan terawat.

Tapi hijaunya kawasan Halim Perdanakusuma bukan hanya pada lapangan-lapangan golf disekitarnya. Sejak berada di jalur protokol Halim Perdanakusuma, tepatnya di Jl. Kramat, Dolaners sudah disambut pohon-pohon rindang di kanan kiri jalan. Bila melanjutkan perjalanan sampai mendekati pintu masuk bandara, Dolaners akan ditemani oleh rindangnya pohon-pohon yang menghijau sepanjang ruas jalan menuju Halim Perdanakusuma. Pemandangan ini sering terabaikan, apalagi bila Dolaners sedang buru-buru mengejar jadwal pesawat di bandara.


AKTIVITAS

Kuliner
Perut keroncongan? Perlu sedikit perjuangan ya, Dolaners. Ada Bakso Pukul Kota Malang, Bengawan Solo Coffee, Panggang Ucok, Bengkel Kuliner, Pondok Lesehan Mekar, Mie Ayam Bangka 88, McDonalds’ Pondok Bambu, Aneka Soto KJI Plaza, Bebek Renon, Bubur Ayam Cawang, Joni Steak, Rumah Makan Buyung Riza, Bakmi Naga Ny. Liong, Rumah Makan Simpang Raya Baru, Hay Thien, Soto Padang Cawang 327, Bakmi Golek, Warung Sate Pak Budi Pondok Bambu, dan masih banyak lagi destinasi kuliner lain di sekitar Bandara Halim Perdanakusuma. Tapi, sekali lagi, perlu sedikit perjuangan, karena rentang jaraknya sekitar 3 km lebih.
Akomodasi
Menikmati pemandangan dan jalan-jalan di kawasan sekitar bandara tidak akan dikenakan biaya. Tapi Dolaners musti ingat, kawasan ini masih dalam pengawasan TNI AU. Tentunya, Dolaners tak bisa main asal selonong masuk area tertentu tanpa permisi.
Kegiatan
Apa yang bisa dilakukan di sepanjang jalan menuju Bandara Halim Perdanakusuma? Tentunya, menikmati pemandangan. Kalau berada di kawasan ini saat pagi atau sore hari, dengan cahaya matahari yang mendukung, Dolaners bisa menghasilkan foto-foto yang keren. Ditangan dan kamera yang tepat, yang tampak adalah suatu area yang seolah bukan di Indonesia.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Menjelajah kawasan sekitar Bandara Halim Perdanakusuma tidak bisa dilakukan dengan asal saja. Selain menjadi satu dengan kawasan penduduk, kawasan ini sebenarnya adalah area militer dan masih digunakan serta diawasi dengan aktif oleh TNI. Jangan lupa permisi dan minta ijin bila Dolaners ingin masuk ke area tertentu, khususnya yang berpagar dan tampak terawat. Bahkan area yang tampak rimbun tak terawat saja, bisa jadi sedang digunakan oleh militer. Kalau mau praktisnya sih, saat jadwal penerbangan di Halim Perdanakusuma sudah jelas, Dolaners bisa berangkat lebih awal dan berkendara pelan saja menuju bandara. Nikmati saja suasana hijau di kanan kiri jalan, tak usah buru-buru.
Biasanya, orang-orang menuju Bandara Halim Perdanakusuma dengan kendaraan pribadi. Akan memudahkan acara bersantai dan menikmati suasana bila Dolaners menjelajah kawasan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau, Dolaners bisa juga menyewa mobil. Selain itu, kawasan Halim Perdanakusuma ini terjangkau oleh ojek online. Jadi Dolaners bisa memanfaatkan fasilitas transportasi umum yang satu ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link