Taman Kota Wates Kulon Progo

836 views

Tugu Jogja punya kembaran! Oh, bukan. Tugu yang mirip sama Tugu Jogja ini berada di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Memang sekilas bentuknya mirip sama Tugu Jogja yang berlokasi di Kota Yogyakarta, tapi detail monumen ikonik di Wates, Kulon Progo, ini berbeda. Baru diresmikan pada sekitar pertengahan September kemarin, Taman Kota Wates telah menjadi primadona warga Kota Wates untuk rehat menikmati udara kota disaat senggang.

Taman Kota Wates Kulon Progo, Taman Kota Wates Kulon Progo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by agus_nurahman_

Dengan semangat menambah Ruang Terbuka Hijau atau RHT, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memperbanyak jumlah taman kotanya. Tak hanya menambah, beberapa taman kota juga mengalami revitalisasi, dan salah satunya adalah Taman Kota Wates. Taman kota ini berdekatan dengan kompleks kantor pemerintahan Kecamatan Wates dan Kabupaten Kulon Progo. Landmark utama Taman Kota Wates adalah monumen atau tugu sederhana yang bentuknya mirip sekali dengan Tugu Jogja.

Taman Kota Wates sebenarnya baru beberapa bulan terakhir ini selesai direvitalisasi dan diresmikan. Hasilnya kini, ruang terbuka ini menjadi lebih rindang, lengkap dengan bangku-bangku taman yang siap dipergunakan warga Kota Wates untuk duduk-duduk menghirup udara pagi, sore, atau malam hari yang hangat. Pemandangan kereta yang sesekali melintas di seberang Jalan Perwakilan sering menjadi suguhan menarik bagi anak-anak warga Kota Wates. Lampu-lampu penerangan di area Taman Kota Wates juga cukup baik, memberi kesan aman dan tenang saat menghabiskan waktu di kawasan penting pemerintahan Kecamatan Wates dan Kabupaten Kulon Progo ini.

Tak hanya warga Kota Wates yang antusias ketika Taman Kota Wates ini diresmikan mendekati penghujung tahun ini. Pada gilirannya, pengunjung dari luar kota yang kebetulan lewat jadi tertarik juga untuk rehat sejenak di area ini. Bahkan bila Dolaners bukan warga Kota Wates asli, tak sulit menemukan taman kota dengan tugunya yang ikonik ini karena tepat berada di pusat kota dan pemerintahan, baik Kecamatan Wates maupun Kabupaten Kulon Progo.


AKTIVITAS

Kuliner
Bahkan sebelum program revitalisasi taman pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan peresmian Taman Kota Wates, kuliner di sekitar Alun Alun Wates sudah lebih dulu menarik bagi warga Kota Wates dan wisatawan lokal. Kawasan kuliner di sekitar alun-alun ini terkenal dengan nama Alwa, Alun Alun Wates. Berlokasi di Jalan Perwakilan, Kuliner Alwa buka sejak pagi jam 5 hingga malam jam 11. Beberapa pilihan kuliner untuk mengisi perut di sekitar Taman Kota Wates misalnya di Royal Krepes, Geblek Bu Slamet, D’Srupat Sruput, Roti Bakar Rainbow, Soto Ceker Rusmidi, Lyky’s Bubble Drink, Pocinan Pak Wid, Resto Cafe Pring Petung, Jus Mbak Nessy, dan masih banyak lagi kuliner yang lain.
Akomodasi
Salah satu ruang terbuka publik di Kota Wates yang menarik wisatawan ini bisa dikunjungi setiap waktu tanpa dikenakan biaya.
Kegiatan
Sebenarnya tak banyak yang bisa dilihat disiang hari kecuali pemandangan jalan yang biasa. Tapi dimalam hari suasana bisa terasa beda karena hadirnya lampu-lampu jalan yang menerangi serta penataan lampu taman yang membuat satu titik mungil di Kota Wates ini jadi semarak. Bisa jadi obyek fotografi yang menarik bila Dolaners suka view perkotaan dimalam hari.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Taman Kota Wates letaknya berdekatan dengan Alun Alun Wates, tepatnya di pojok jalan menuju alun-alun. Dolaners bisa melihat Taman Kota Wates dari halaman kantor pemerintahan Kabupaten Kulon Progo karena lokasinya memang berseberangan.
Dengan kendaraan pribadi, Dolaners bisa langsung meluncur ke area pusat kota. Atau, bila menggunakan kereta api, Dolaners akan melewati Taman Kota Wates menuju Stasiun Wates yang lokasinya berseberangan dengan Alun Alun Wates. Dari stasiun, Dolaners tinggal jalan kaki sedikit, sudah tiba di Alun Alun Wates dan Taman Kota Wates. Jika menggunakan bus, Dolaners bisa naik bus Jogja – Godean ke Terminal Wates. Dari terminal, Dolaners bisa lanjutkan berjalan kaki ke arah alun-alun, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link