Taman Lumbini

872 views

Jika Dolaners berkunjung di Kota Medan, jangan lupa untuk menikmati wisata alam yang sangat luar biasa. Salah satunya Dolaners dapat menemukannya di Tanah Karo. Tepatnya terletad di Desa Tongkoh Kabupaten Karo. Di sini terdapat sebuah pesona taman wisata yang membuat para Dolaners serasa berada diluat Indonesia. Taman wisata tersebut adalah Taman Lumbini.

Taman Lumbini

Photo by tobasatu.com

Taman Lumbini ini terletak sekitar 50 kilimeter dari Kota Medan. Untuk perjalanannya menuju Taman Lumbini ini memakan waktu sekitar 2 jam dengan memakai kendaaraan. Serta Taman Lumbini ini terletak sangat dekat dengan tempat Wisata Berastagi. Jika Dolaners ingin masuk kekawasan Taman Lumbini ini, Dolaners tidak dikenakan biaya apapun. Untuk semua Dolaners yang berkunjung di Taman Wisata Lumbini ini hanya disuruh untuk mengisi buku tamu yang ada di depan pintu masuk dan sudah disediakan oleh petugas. Di Taman Lumbini sudah disediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan para Dolaners yang berkunjung di Taman Lumbini ini.

Luas Taman Lumbini sekitar 3 hektar mempunyai banyak keistimewaan yang dapat menarik para Dolaners untuk berkunjung ke tempat ini. Yang menjadi daya tarik para Dolaners untuk berkunjung ke Taman Lumbini Medan ini yaitu adanya Replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar. Replika Pagoda Shwedagon Taman Lumbini ini merupakan replika tertinggi keduany di luar Myanmar dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini sudah di buka untuk umum mulai tahun 2010.

Jika Dolaners ingin menuju ke pagoda ini, Dolaners harus melewati jembatan gantung yang merupakan infrastruktur penyeberangan dan di sambungkan dengan lentera yang bergelantungan. Panjang jembatan gantung ini sekitar 20 meter yang terkenal namanya dengan Titi Lumbini. Dibawah jembatan ini terdapat taman yang tertatak indah dan sangat menarik. Udara disepanjang perjalannya menuju pagoda sangat sejuk.

Setelah sampai di pagoda, Dolaners akan disuguhkan oleh kemegahan Replika Pagoda Shwedagon dengan berlapiskan emas serta dengan arsitektur yang sangat indah. Terdapat juga relief-reliaf serta patung-patung budha yang menghiasi pagoda ini. Disebelah kiri pagoda terdapat menara yang mempunya puncak yang berbentuk bekisar. Jika Dolaners berda di sekitar pagoda ini, serasa berada di luar negeri.

Jika Dolaners sudah puas untuk mengelilingi pagoda tersebut, jangan lupa untuk menikmati taman bunga yang sangat indah sebagai pelengkap untuk tujuan wisata.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Taman Lumbini ini tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sepanjang rute menuju ke Taman Lumbini ini terdapat banyak tempat makan yang berjajar. Mulai dari warung hingga restaurant. Beragam menu yang ditawarkan pun beragam. Seperti Omerta Koffie, Rumah Makan Tesalonika, Mie Aceh Baru dan masih banyak lagi.
Kegiatan
Di Taman Lumbini ini Dolaners bisa menemukan Pagoda yang terdapat di Taman Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar, dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Untuk menuju ke Pagoda ini, Dolaners akan melewati sebuah jembatan gantung sebagai infrastruktur penyebarangan yang dipadukan dengan puluhan lentera yang bergelantungan. Jika Dolaners sudah puas berkeliling di sekitar Pagoda, Dolaners bisa mengunjungi taman yang berhiaskan berbagai macam bunga dan pohon yang tertata rapi. Patung-patung bikhu mempercantik taman ini. Hijau dedaunan dan suasana alam akan menemani jalan-jalan Dolaners diobjek wisata ini.
Tips Berwisata
Akses menuju ke Taman Lumbini cukup mudah yaitu dengan patokan dari Simpang Tongko. Simpang Tongloh di Tahura merupakan tugu buah jeruk ynag berda di pertigaan yang memiliki tanda panah dan cukup berjalan 20 menit saja maka Taman Lumbini akan terlihat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link