Taman Margasatwa Tandurusa

925 views

Obyek wisata yang berlokasi di kecamatan Aertembaga begitu menyerupai dengan kebun binatang mungil dengan beberapa satwa langka khas Sulawesi seperti: Tarsius, Babirusa, burung cenderawasih, buaya, aneka spesies ular, burung kasuari, monyet hutan dll.

Taman Margasatwa Tandurusa

Photo by kotabitung.com

Kota Manado Sulawesi Utara memang menyimpan obyek wisata yang tidak ada habisnya untuk dikunjungi dan dinikmati panorama kendahannya. Salah satu obyek wisata yang tidak terpisahkan dari kota ini adalah Taman Margasatwa Tandurusa. Salah satu hewan khas dan langka yang menghuni Taman ini adalah tarsius. Tarsius adalah satwa langka lucu yang aktif pada malam hari (nocturnal) dengan tinggi sekitar 15 cm, ekor panjang, dengan mata bulat besar yang konon tidak mampu berkedip. Hewan ini yang bisa berkembang biak dengan baik di Filipina dan Sulawesi Utara ini tampak lucu dan seram dengan bola mata bulat besar yang dimilikinya. Jika Dolaners ingin mengambil foto hewan lucu ini sungguh sangat sulit, karena ketika lampu kamera menyala pasti tarsius ini akan langsung berloncatan kesana kemari.

Di Taman Margasatwa Tandurusa Manado ini Dolaners bisa menikmati tarsius dengan lebih leluasa dari dekat, karena satwa lucu ini berada dalam kandang berukuran besar dengan habitat yang menyerupai aslinya. Dolaners bisa menikmati aksi lucunya seperti menempel di batang, bergelantungan, bermain dengan sesamanya dll. perkembangbiakan satwa ini tidaklah gampang karena jika dibiarkan dalam kandang kosong bisa membuat satwa lucu ini stress dan mati. Obyek wisata ini sangat pas dikunjungi para Dolaners terutama yang memiliki anak kecil sebagai media edukasi mengenal aneka satwa yang unik, lucu dan beragam. Kebun binatang mungil ini memiliki luas yang tidak terlampau luas sehingga Dolaners yang umumnya mengajak anak kecil tidak cukup kesulitan untuk mengajak anaknya keliling taman.

Untuk memasuki Taman Margasatwa Tandurusa Dolaners akan dikenakan biaya yang sungguh sangat terjangkau. Selain itu fasilitanya juga sangat lengkap mulai dari penjual makanan dan minuman, souvenir dll dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga tidak salah jika Taman Margasatwa Tandurusa ini tidak pernah sepi dari para Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk soal makanan, Dolaners tak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung ke Taman Margasatwa Tandurusa ini. Karena di sekitar kawasan lokasi wisata ini terdapat banyak warung yang menjual aneka macam panganan. Mulai dari hanya jajanan camilan biasa, makanan instan, hingga aneka macam minuman dijual disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 8.000,-
Kegiatan
Di Taman Margasatwa Tandurusa ini Dolaners bisa menemukan hewan langkah yang dilindungi. Yakni salah satunya adalah Tarsius. Di dalam kandang Tarsius tersebut Dolaners bisa masuk kedalam kandang dengan leluasa karena kandangnya tidak dikunci dan melihat Tarsius dari dekat. Saat siang hari sebaiknya tidak terlalu lama saat melihat-lihat Tarsius, karena Tarsius adalah hewan yang hidup di malam hari jadi sebaiknya tidak terlalu lama menganggu waktu tidurnya. Didalam Taman Margasatwa Tandurusa tidak hanya memiliki tarsius, ada juga buaya, beberapa jenis ular, burung cendrawasih dan beberapa hewan lainnya. Tak jauh dari kandang tarsius juga dapat ditemukan kasuari yang cantik.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Taman Margasatwa Tandurusa cukup mudah. Dolaners yang ingin mengunjungi Taman Margasatwa Tandurusa dapat melewati jalan Manado-Bitung. Hingga sampai di kota Bitung melalui bagian selatan/tenggara kota Bitung yang artinya Dolaners sudah dekat dengan lokasi wisata, tinggal sekitar 10 kilometer lagi. Dolaners sebaiknya mengikuti jalan utama dalam kota saja dan mengikuti jalan menuju pelabuhan Bitung, nanti sekitar 2 kilometer sebelum lokasi wisata sudah ada petunjuk jalan menuju pintu masuk Taman Margasatwa Tandurusa.
Untuk mencapai Taman Margasatwa Tandurusa ini Dolaners bisa menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Untuk pengguna transportasi umum, dapat menggunakan bus dari kota Manado yang dapat ditemukan di Terminal Karombasan, gunakan bus menuju kota Bitung, dan sesampainya di terminal Tangkoko di Kota Bitung Dolaners dapat menggunakan angkot menuju lokasi wisatanya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link