Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

377 views

Pernah mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah? Merasa destinasi wisata ini hanya cocok buat keponakan, adik, atau anak-anak saja? Eits, tunggu dulu, Dolaners. Banyak spot-spot kece di kawasan destinasi ini yang bisa dijadikan latar belakang foto. Dan masih banyak lagi yang bisa dilihat, bahkan dipelajari di lokasi ini. Ngaku kenal semuanya tentang Indonesia? Jangan buru-buru. Lihat dulu Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Mini Indonesia Indah, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Jiwangga

Taman Mini Indonesia Indah adalah destinasi wisata yang sangat edukatif, karena tema budayanya yang sangat kental. Dengan luas 1,5 km persegi, Dolaners bisa bayangkan sebanyak apa informasi budaya yang tersedia di kawasan ini.

Sesuai dengan saat pembangunannya, Taman Mini Indonesia Indah menampilkan kehidupan sehari-hari penduduk lokal di seluruh propinsi Indonesia. Pada tahun 1975, Indonesia memiliki 27 propinsi. Meskipun jumlahnya tak lagi relevan saat ini, Dolaners masih bisa melihat arsitektur rumah tradisional lengkap dengan pakaian dan tarian daerahnya masing-masing. Disamping anjungan daerah, Dolaners juga disuguhi dengan miniatur kepulauan nusantara. Bentuknya adalah sebuah danau buatan dengan pulau-pulau kecil yang menyerupai aslinya.

Sesuai dengan namanya, taman, destinasi wisata ini punya beberapa tema taman yang tampil cantik memukau. Ada taman anggrek, apotek hidup, kaktus, melati, bunga keong mas, bekisar, burung, dengan akuarium ikan air tawar yang tak kalah eloknya. Ada pula area hiburan, seperti Taman Ria Atmaja dan Taman Budaya Tionghoa.


AKTIVITAS

Kuliner
Lapar atau pingin istirahat sejenak saat jalan-jalan di Taman Mini Indonesia Indah? Dolaners bisa mampir makan dan nongkrong ke Mister Baso, Rumah Kopi Nusantara, Sushi Terrace, Aneka Soto & Tongseng, Restaurant Cokro Kembang, Rumah Makan Pecel Madiun, Shaker Time, Bakmi Gracia, Nasi Bakar Sego Pecel, Nasi Timbe, Kantin Andes, dan lain-lain.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk di Pintu Gerbang Utama Kala Makara: Rp. 9.000,- per orang (usia 3 tahun keatas)
Tiket Mobil: Rp. 10.000,-
Tiket Bus/ Truk: Rp. 15.000,-
Tiket Motor: Rp. 6.000,-
Tiket Sepeda: Rp. 1.000,-
Harga Tiket Masuk Istana Anak-Anak Indonesia: Rp. 7.000,-
Tiket Kereta Api Kelinci: Rp. 10.000,-
Tiket Mandi Bola: Rp. 5.000,-
Tiket Kolam Renang: Rp. 15.000,-
Tiket Bumper Car: Rp. 10.000,-
Tiket Airplane: Rp. 5.000,-
Tiket Monorail: Rp. 5.000,-
Tiket Komedi Putar: Rp. 5.000,-
Tiket Roda Tamasya: Rp. 5.000,-
Tiket Kiddy Boat: Rp. 5.000,-
Tiket Battery Car: Rp. 5.000,-
Tiket Giring Ombak: Rp. 5.000,-
Tiket Perahu Angsa Arsipel: Rp. 7.500,-
Tiket Sepeda Air: Rp. 10.000,-
Tiket SnowBay Water Park Senin – Kamis: Rp. 100.000,-
Tiket SnowBay Water Park Jumat – Minggu dan hari libur: Rp. 120.000,-
Tiket Balon Raksasa Dewasa Senin – Jumat: Rp. 90.000,-
Tiket Balon Raksasa Anak Senin – Jumat: Rp. 60.000,-
Tiket Balon Raksasa Dewasa Sabtu – Minggu dan hari libur: Rp. 120.000,-
Tiket Balon Raksasa Anak Sabtu – Minggu dan hari libur: Rp. 90.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa jalan-jalan keliling menikmati suguhan wisata edukasi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Jangan berpikir ini hanya untuk anak sekolah dasar. Barangkali masih ada hal baru yang Dolaners belum tahu. Disamping jalan-jalan sambil kepo-kepo, Dolaners bisa main kereta gantung atau memanfaatkan fasilitas rekreasinya di istana anak, perahu angsa arsipel, taman among putro, taman ria atmaja, kolam renang Snow Bay, atau meseum iptek. Ingin menikmati hasil karya kesenian? Dolaners bisa menuju teaternya dan menikmati pertunjukan teater, konser musik, atau bioskop. Teater IMAX terkenal akan fasilitasnya yang memuaskan bila Dolaners tak pernah ketinggalan nonton film-film box office. Disamping Teater IMAX, masih ada pula Teater Tanah Air Ku, dan Teater 4D
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners berniat melihat seluruh kawasan Taman Mini Indonesia Indah, pastikan mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Luas yang mencapai kilometer persegi ini bukan wilayah sempit yang bisa selesai dijelajahi dengan cepat.
Kawasan Taman Mini Indonesia Indah mudah sekali dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, seperti bus AC132, D112, B11, T15A, P9BT, P11, AC70, atay T06.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link