Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

1555 views

Berbaur dengan alam merupakan suatu hal yang sangat seru untuk dilakukan. Obyek wisata yang satu ini akan membuat Dolaners bersatu dan melebur dengan nuansa alam yang indah nan permai. Udara yang sejuk serta angin yang berhembus ringan akan menambah kesyahduan berwisata.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Photo by wikimedia.org

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini berada di kawasan Sulawesi Selatan, merupakan obyek wisata yang akan membuat Dolaners berbaur dengan alam. Keindahan alam yang di tawarkan masih sangat asri dan sejuk, sehingga Dolaners dan keluarga akan selalu ingin kembali apabila telah mengunjungi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Kolaborasi sempurna antara wahana air, pemandangan alam, serta tebing-tebing tinggi yang terjal menjadi suatu komponen pembentuk lingkungan yang sempurna. Taman yang satu ini dikenal di mata mancanegara dengan sebutan “The Kingdom Of Butterfly”, nama tersebut diberikan oleh Alfred Russel Wallace di tahun 1857. Tentu sebutan tersebut di berikan karena ada alasannya, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memang memiliki penangkaran kupu-kupu yang kemudian digunakan sebagai konservasi bagi masyarakat umum.

Ketika menjejakkan kaki di obyek wisata ini, Dolaners akan di suguhi oleh atraksi air terjun yang mendesir deras, aliran airnya yang menggema serasa menantang untuk di mainkan. Dolaners dapat melakukan aneka aktivitas seperti bermain flying fox, mengikuti arus sungai serta berfoto ria demi mengabadikan moment yang langka ini. Dengan bermain flying fox Dolaners akan menikmati suatu panorama yang sangat mengesankan, yakni keindahan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dari atas, berupa desiran air, dinding tebing yang terjal, kupu-kupu yang berhamburan serta pemandangan nan hijau yang eksotis.

Di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini terdapat pula sebuah danau yang bernama Danau Kassi Kebo yang merupakan tempat utama kupu-kupu hidup. Tak jauh dari danau tersebut, terdapat sebuah gua dengan nama Gua Mimpi. Pernak-pernik berupa stalagtit dan stalagmit yang menjuntai menambah kemegahan pada gua ini. Di tempat wisata ini terdapat pula beberapa sarana dan prasarana seperti; mushola, toko souvenir hingga tempat beristirahat. Selamat mencoba ya, Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk masalah makanan, Dolaners tidak perlu membawa bekal dari rumah untuk kemudian dibawa berwisata ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, karena di sekitar kawasan ini telah banyak tersedia tempat makan ataupun restoran lengkap nan murah sesuai dengan kantong Dolaners.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 20.000,- (Wisatawan Domestik) & Rp. 50.000,- (Wisatawan Mancanegara)
Biaya Sewa Guide : mulai dari Rp. 25.000,-
Kegiatan
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna dan yang paling menonjol adalah kupu-kupu, setidaknya ada 20 Jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan berbagai jenis lain atau sekitar 250 Jenis Kupu-kupu yang mendiami tempat ini. Namun tidak hanya itu, kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini memiliki kurang lebih 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan ini, salah satu gua yang paling diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi adalah Gua batu dan gua Mimpi. Objek menarik selain gua dan kupu-kupu serta air terjun yang ada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini adalah Gugusan pegunungan Karts nya, yang merupakan gugusan pegunungan alami yang sangat indah, salah satu lokasi yang mempunyai gugusan indah pegunungan karts. Selain sebagai tempat konserfasi, Taman Nasional Bantimurung juga sangat pas untuk dijadikan pilihan bagi Dolaners yang hoby fotografi karena disini banyak spot menarik.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Taman Nasional Bantimurung ini cukup mudah, yakni jika menggunakan kendaraan umum, maka dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin, bisa naik bus Damri hingga tiba di jalan raya luar bandara yang jaraknya sekitar 3 km. Dari situ dilanjutkan dengan angkutan umum yang biasa disebut pete-pete menuju Pasar Sentral Maros, kemudian dilanjutkan menuju Bantimurung.
Untuk dapat sampai ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau angkutan umum yang menuju ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link