Taman Nasional Gunung Merapi

1520 views

Tidak hanya panorama indah yang bisa dinikmati namun Gunung Merapi adalah wujud sangat megah dilengkapi dengan hamparan sawah nan hijau yang menambah kesejukan mata ditabah lagi dengan udara sejuk menyentuh kulit yang akhirnya tertutup kabut.

Taman Nasional Gunung Merapi

Photo by triptrus.com

Gunung Merapi berada di sebelah utara kota Yogjakarta. Pesona yang dimilikinya menjadikannya sebagai salah satu obyek yang populer di Jogja dan diakui sangat memikat hati para pendakinya. Gunung Merapi Jogja dikelola dengan sangat baik dengan buktinya yaitu Kinahrejo di lereng selatan. Selain itu juga terdapat wisata Kaliurang, Tuk Pitu atau Tujuh Mata Air, Kalikuning dan Kaliadem yang juga menjadi tempat-tempat wisata yang populer.

Ada sebuah mitos dan filosofi yang lekat pada Gunung Merapi di Yogyakarta, tentu hal ini menarik untuk diketahui. Salah satu filosofi terkenalnya adalah Jagat Alit dan Jagat Ageng yang merupakan garis imajiner yang menghubungkan antara gunung erapi dan laut Selatan serta kota Yogjakarta. Jalat Alit memiliki makna jalan panjang ansia menuju Sang Pencipta dimana tidak terlepas dari berbagai godaan dan kemewahan. Hal ini terlihat dari planolgi jalan yang terdapat di Kota Yogjakarta yang membujur dari arah selatan menju arah utara. Gambaran dari godaan tersebut meliputi Pasar Bringharjo dan komplek Kepatihan, sedankan Jagad Ageng adalah seorang pemimpin yang harus mendahulukan dan mementingkan kepentingan rakyat.

Ada juga rumor makhluk halus yang dipercaya masyarakat sebagai makhluk penjaga Gunung Merapi Yogyakarta tersebut. Dolaners akan mendapatkan pengarahan dari pemandu guna memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan. Saat menyusuri Gunung Merapi Dolaners perlu ekstra berhati-hati mengingat jalanannya cukup terjal, mudah longsor dan berbatu terlebih jika mencapai puncak tertinggi Gunung Merapi yaitu puncak Garuda.

Merapi tak hanya memiliki satu jalur namun juga memiliki beberapa jalur pendakian yang menyuguhkan tingkat kesulitan yang berbeda. Umumnya ada dua jalur yang dapat dipilih untuk dipergunakan, jalur yang pertama berada di desa Kinahrejo pada kemiringan sekitar 30-340 dalam kurun waktu sekitar 6-7 jam. Jalur kedua berada pasa sisi utara, disana terdapat beberapa posko. Bagi para pemula sebaiknya memilih jalur yang kedua ini karena lebih mudah jika dibandingkan dengan jalur pertama tadi.

Buktikan sensasi menantang yang memacu adrenalin di Gunung Merapi Yogjakarta. Ciptakan kenangan unik dengan pendakian yang mengesankan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Jika kuliner yang ada di kawasan Gunung Merapi ini kurang dapat memuaskan Dolaners, Dolaners tidak perlu khawatir karena di sekitar Taman Wisata Gunung Merapi masih banyak terdapat rumah makan maupun cafe yang berdiri. Salah satu rumah makan yang cukup terkenal adalah Water Castel Cafe. Cafe yang satu ini selain menyajikan beragam menu yang lezat juga menghadirkan suasana yang nyaman.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisata Gunung Merapi : Rp. 3.000,-
Biaya Tiket Wisata Volcano Trekking Kinahrejo : Rp. 5.000,-
Biaya Tiket Wisata Volcano Trekking Kepuhharjo : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp.2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 6 : Rp. 10.000,-
Biaya Ojek dari Kinahrejo – bekas rumah Alm Mbah Maridjan : Rp. 20.000,-
Biaya Ojek dari Kepuharjo – Kaliaden : Rp. 35.000 – Rp. 50.000,-
Biaya Menggunakan ATV kecil : Rp. 25.000 – Rp. 35.000,-
Biaya Menggunakan ATV kecil : Rp. 35.000 – Rp. 50.000,-
Biaya Naik Motorcross : Rp. 50.000 – Rp. 150.000,-
Biaya Foto Langsung Jadi : Rp. 20.000,-
Kegiatan

Salah satu yang menarik dari lokasi wisata Taman Nasional Gunung Merapi sekitaran Cangkringan dan Kinahrejo tersebut adalah wisata adventure/petualangan menggunakan motorcross atau sering disebut dengan motor trail dan ATV. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat menikmati wisata adventure/petualangan sekaligus melewati situs-situs bekas letusan Merapi dengan pemandangan yang sangat indah. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan sekitar Taman Nasional Gunung Merapi dengan dipandu dengan Guide yang professional. Paket wisata petualang ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu menggunakan Motorcross atau ATV. Apabila anda memilih menggunakan ATV anda dapat memilih rute panjang ataupun rute yang pendek. Kedua rute tersebut memiliki pemandangan yang sama-sama indah. Untuk rute pendek estimasi waktu sekitar 15 menit dengan biaya Rp. 25.000,- untuk ATV kecil dan Rp. 35.000,- untuk ATV Besar. Sedangkan untuk Rute Panjang, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 35.000,- untuk ATV kecil dan Rp. 50.000,- untuk ATV besar. Sementara untuk Motorcross kategori rute juga dibagi 2, namun rute motorcross lebih panjang. Untuk rute pendek motorcross merupakan rute panjang dari ATV hanya dengan biaya Rp.50.000,-.

Sedangkan untuk rute panjang motorcross memiliki estimasi waktu sekitar 2 jam dengan melewati rute yang sangat menarik hingga melewati Sungai Gendol yang menjadi aliran lahar dingin Merapi. Untuk paket rute ini anda hanya dikenakan biaya Rp. 150.000,-. Dan tentu saja jangan khawatir dengan keselamatan karena selain Dolaners di bimbing oleh professional, pengunjung juga dipinjami perlengkapan safety riding lengkap yang meliputi, baju, helm, sarung tangan, sepatu, sampai pengaman lutut. Selain paket menarik tersebut, Dolaners juga dapat mengabadikan pemandangan sekitar Taman Nasional Gunung Merapi dengan berfoto disana. Jangan khawatir apabila anda tidak membawa kamera, pendamping juga membawa kamera yang dapat mengabadikan wisata anda dan hasil foto langsung cetak hanya dengan Rp. 20.000,-. Di dalam pengembangannya, kedepannya juga akan dibuat wisata outbond dan sirkuit motorcross. Pengunjung wanita juga disediakan motorcross dengan ukuran lebih kecil. Wisata Petualang Gunung Merapi ini buka setiap hari dan akan melayani pengunjung apabila cuaca mendukung.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk sampai ke Gunung Merapi banyak jalan yang dapat Dolaners pilih, yakni :

• Jalur pertama : Melalui Desa Kinahrejo yang terletak 2 km sebelah timur Kaliurang. Dari Kinahrejo ke puncak merapi berjarak 9 km ditempuh dalam waktu 10 jam dengan medan yang cukup terjal.
• Jalur kedua : Melalui daerah Selo kabupaten Boyolali yang berlokasi diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari Yogyakarta menggunakan bus sampai Kartosuro selanjutnya menuju ke Boyolali dan akhirnya sampai Selo.

Jalur pendakian sebelumnya memang melalui sisi utara dari Selo yaitu di Desa Tlogolele Boyolali. Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan gunung Merbabu. Pendakian dari Selo ini memakan waktu 5 jam sampai puncak. Jalur lain yang dapat ditempu melalui sisi barat yaitu dari Sawangan Magelang dan melalui sisi tenggara dari arahh Deles, Kemalang Klaten. Namun setelah letusan besar 2010 tersebut jalur pendakian dialihkan melalui bukit Pronojiwo Kaliurang Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Untuk melewati jalur ini memakan waktu sekitar 7 jam untuk sampai puncak dengan jalan yang lumayan terjal.

Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Taman Wisata Gunung Merapi tidak perlu khawair, karena selain bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua, roda empat atau lebih, juga telah tersedia transportasi umum yang siap mengantarkan Dolaners, namun Dolaners harus ingat transportasi tersebut hanya sedikit jumlahnya dan tidak menggantar Dolaners sampai ke atas, jadi Dolaners harus naik ojek lagi atau membayar ongkos tambahan agar sampai pintu gerbang taman wisata ini. Jadi lebih disarankan bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Gunung Merapi ini untuk menggunkana kendaraan pribadi.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link