Taman Nasional Kepulauan Seribu

1544 views

Tempat wisata bahari yang satu ini akan menghadirkan sebuah nuansa yang berbeda dari tempat wisata lain. Dengan udara sejuk yang khas serta beranekaragam flora dan fauna yang di hadirkan, tentu akan membuat siapapun yang berkunjung menjadi takjub.

Taman Nasional Kepulauan Seribu

Photo by zona-tiket.com

Bagi Dolaners yang berada di Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh melangkahkan kaki apabila ingin berwisata mengitari daerah-daerah yang tropis. Di Jakarta terdapat destinasi wisata bahari bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu atau yang lebih di kenal dengan kepulauan Seribu yang menyimpan sejuta kekayaan alam yang dapat Ddolaners saksikan sendiri. Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan sebuah teluk Jakarta yang terbentang hingga mencapai 100 mil, dengan luas 108.000 hektar.

Tidak sesuai namanya yakni kepulauan Seribu, pulau-pulau yang berada di Taman Nasional Kepulauan Seribu hanya berjumlah 342 pulau. Terdiri dari 20 pulau untuk tempat wisata ideal, 45 pulau yang digunakan untuk area wisata umum serta khusus dan 6 pulau lainnya digunakan untuk tujuan wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ke enam pulau tersebut ialah: Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara serta Pulau Sepa. Mayoritas pulau-pulau yang berada di Taman Nasional Kepulauan Seribu ini tidak memiliki penghuni, melainkan hanya menyerupai pulau dengan tumpukan pasir dan terumbu karang. Karena dampak abrasi pantai, hampir 17 pulau tenggelam.

Berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Seribu ini memang sangat menyenangkan, Dolaners bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Setiba di Kepulauan Seribu, Dolaners akan menjumpai aneka ragam flora dan fauna yang berlimpah, pemandangan yang belum tentu Dolaners dapatkan sewaktu berkunjung ke area wisata lain. Fauna yang berada di pulau ini mencapai 17 jenis satwa burung, 350 spesies ikan karang, 2 jenis kima, 3 gerombolan ganggang, 101 speies moluska, 237 macam terumbu karang, serta 6 spesies rumput laut. Sedangkan untuk flora di Taman Nasional Kepulauan Seribu, mayoritas di padatkan oleh tanaman pantai seperti: nyamplung (Calophyllum inophyllum), butun (Barringtonia asiatica), bogem (Bruguiera sp.) dan sukun. Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya, Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses menuju ke Taman Nasional Kepulauan Seribu ini, Dolaners bisa melewati Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu dan KM Lumba-lumba. Selain KM Kerapu dan KM Lumba-lumba, di Marina Ancol juga tersedia Speedboat menuju Pulau Pramuka yang berangkat tiap hari pukul 08.00 WIB.

Alternatif lain untuk bisa mencapai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Dolaners bisa berangkat dari dermaga Muara Angke. Di dermaga ini terdapat banyak kapal tradisional bermesin yang berangkat menuju Kepulauan seribu, bertanyalah untuk mengetahui rute yang dilalui kapal tersebut. Di Muara Angke tersedia juga kapal feri menuju Pulau Pramuka dengan jadwal keberangkatan pukul 7.30, menuju Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dari dermaga ini lebih banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan. Untuk Dolaners yang tinggal di wilayah Tangerang, Dolaners bisa menyeberang ke Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu melalui Rawasaban.

Untuk dapat sampai ke Taman Nasional Kepulauan Seribu ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih dari Kota menuju ke Dermaga Muara Angke. Kemudian diteruskan menuju ke Taman Nasional Kepulauan Seribu dengan naik kapal feri maupun kapal nelayan atau bisa juga menyewa speedboat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link