Taman Nasional Taka Bonerate

1735 views

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat kaya akan keindahan alam dan juga keanekaragaman hayati berupa fauna yang sangat elok. Bahkan sebagian besar spesies hewan dan tumbuhan berada di Indonesia. Sungguh sangat menyenangkan bukan negara kita? Kita harusnya bangga dengan negara kita yang memiliki banyak sekali kekayaan yang merupakan anugerah Tuhan yang maha esa.

Taman Nasional Taka Bonerate

Photo by mprito.wordpress.com

Selain kekayaan alam yang ada di darat yang meliputi hutan, taman nasional gunung, dan juga kawasan konservasi alam, Indonesia memiliki kawasan taman laut yang sangat indah. Bahkan tak hanya orang Indonesia saja yang kagum, warga asing yang berlibur ke Indonesia juga sangat kagum akan kekayaan hayati baik di laut atau di daratan Indonesia. Taman Nasional Taka Bonerate adalah salah satu taman laut yang ada di Indonesia dengan keindahan yang sangat eksotis. Dan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan Atol terbesar ketiga di dunia. Setelah di kepulauan Marshall dan juga kepulauan Maladewa.

Taman Nasional Taka Bonerate berada di daerah Selayar Sulawesi Selatan. Taman laut ini memiliki panorama yang cukup mencolok mata akibat kemolekannya. Sudah sejak tahun 2005, kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate didaftarkan sebagai warisan dunia UNESCO. Di Taman Nasional Taka Bonerate terdapat lima belas pulau yang semuanya cantik. Sangat cocok untuk wisata bahari misalnya untuk menyelam, untuk snorkeling.

Bagi Dolaners yang haus akan tempat yang masih perawan bisa datang ke Taman Nasional Taka Bonerate. Dijamin Dolaners akan terkesima dengan keelokan dan segala keindahan alam yang ada di sana. Taman Nasional Taka Bonerate memiliki banyak sekali ragam biota laut yang ada di bawahnya. Selain itu di Taman Nasional Taka Bonerate terdapat flora yang unik dan bisa menjaga keseimbangan ekosistem laut. Demikian Dolaners info seputar Taman Nasional Taka Bonerate. Semoga Dolaners bisa menjadikan tempat yang satu ini untuk liburan nanti. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan sahabat Dolaners semuanya. Jaga alam dan jangan sampai melakukan tindak vandalism karena sangat merugikan.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk masalah makanan, Dolaners tidak perlu khawatir karena saat ini di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini telah berdiri banyak tempat makan, mulai dari yang hanya warung hingga restoran. Jenis menu makanan yang ditawarkan pun berbeda beda dan harganya pun sangat menyesuaikan budget Dolaners.
Akomodasi
Biaya Snorkling : Rp. 50.000,-
Biaya Diving : Rp. 40.000,-
Kegiatan
Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan berupa pulau-pulau kecil, perairan laut dengan ekosistem pantai, terumbu karang, lamun, dan biota-biota laut, membuat keindahan dan keunikan alam menjadi potensi atraksi wisata dengan nilai komparatif dan kompetitif yang besar. Wisata alam yang dapat dilakukan dengan berbagai aktifitas seperti melihat keindahan alam (seeing) dan berolahraga (sport). Keindahan alam yang dapat dinikmati berupa keindahan matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset), pasir putih disekeliling pantai, keanekaragaman biota laut (terumbu karang, ikan dan biota langka lainnya), rimbunan pohon kelapa, dan berbagai keindahan alam lainnya. Sedangkan aktifitas olahraga yang dapat dilakukan amat beragam antara lain berenang, snorkeling, menyelam (scuba diving), berperahu (canoeing/ sailing), memancing (fishing), jogging/ trekking serta berjemur (sunbathing).
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk bisa sampai ke Taman Nasional Taka Bonerate ini yakni Dolaners menggunakan bus dari Makassar ke Bulukumba dengan waktu tempuh lima jam, kemudian ke pelabuhan Pamatata Selayar dengan ferry sekitar dua jam, yang dilanjutkan ke Benteng sekitar 1,5 jam. Setelah itu untuk melanjutkan perjalanan dari Benteng ke Taman Nasional Taka Bonerate, dapat dilakukan dengan melalui dua pilihan jalur. Yaitu jalur Benteng – Tinabo & jalur Benteng – Jinato.
Untuk dapat sampai ke Taman Nasioanl Taka Bonerate ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih dari Kota menuju ke kawasan Benteng. Sedangkan dari Benteng, ibukota Selayar menuju Pulau Tinabo, Dolaners harus menyewa speedboat atau kapal untuk bisa ke kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link