Taman Sakura Keputih Surabaya

2506 views

Pemerintah Kota Surabaya sedang gencar-gencarnya menghidupkan kembali lahan tempat pembuangan sampah, dan mengubah fungsinya menjadi lahan terbuka hijau yang dapat menambah kesejukan kota. Dan untuk area Keputih, perubahan fungsi ini menghasilkan sebuah taman asri yang bisa dinikmati semua orang, yaitu Taman Sakura Keputih. Taman ini bersebelahan dengan Hutan Bambu Keputih, yang mungkin lebih dahulu tersohor. Kalau Dolaners belum kenal dengan Taman Sakura Keputih, yuk intip seperti apa indahnya taman ini.

Taman Sakura Keputih Surabaya, Taman Sakura Surabaya, Taman Sakura Keputih, Taman Harmoni, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo by agwrdhn

Taman Sakura Keputih ini dikenal juga dengan Taman Harmoni. Jangan berpikir Dolaners hanya akan mendapati bunga sakura saja di taman ini, karena masih banyak jenis bunga lain yang menyemarakkan Taman Sakura Keputih. Ada bunga jakaranda, bungur, pagoda, dan tentunya bunga tabebaya yang terkenal sebagai bunga sakuranya Surabaya. Bahkan bunga-bunga ini telah ditanam terlebih dahulu, dikelompokkan dan ditata berdasar warnanya, sebelum pohon sakuranya turut menghuni taman. Hasilnya adalah landscape bunga di taman yang cantik sekali.

Selain dihiasi dengan bunga-bunga beraneka ragam, Taman Sakura Keputih dilengkapi dengan playground untuk tempat bermain anak-anak, lengkap dengan ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, panjat tangga besi, dan sebagainya. Dolaners yang ingin main ke Taman Sakura Keputih bersama oma atau opa juga takkan kecewa karena ada fasilitas yang diperuntukkan bagi lansia, seperti area batu refleksi di beberapa bagian taman.

Tak lupa, sebagaimana ciri khas taman-taman di Kota Surabaya, Taman Sakura Keputih ini juga punya air mancur meskipun airnya tak selalu mengalir setiap waktu. Tapi jangan kuatir, taman ini masih tetap memiliki daya tarik yang sulit ditepis karena fasilitas-fasilitas lain yang cukup menggiurkan. Bila sesuai dengan rencana awalnya, Taman Sakura Keputih ini terintegrasi dengan sungai buatan, jalur sepeda, arena outbond, tanaman obat, taman lalu lintas, rumah baca, taman remaja, bahkan ada wacana untuk membangun rumah susun.

Tak perlu menunggu lama sampai semua fasilitas yang direncanakan itu terwujud. Dolaners datang saja ke Taman Sakura Keputih ini. Dijamin pemandangan taman ini akan menghilangkan penat isi kepala, sambil Dolaners duduk-duduk di bangku tamannya. Kalau perlu stimulus fisik, setidaknya Dolaners bisa jalan-jalan keliling taman atau incip-incip menggunakan fasilitas playground. Oh ya, playground ini hampir selalu ramai digunakan saat akhir pekan, karena anak-anak yang datang dan bermain sedang menikmati libur sekolah. Jadi sesuaikan saja waktumu ke Taman Sakura Keputih, agar bisa menikmati fasilitas yang diinginkan sepuasnya.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Sakura keputih punya area kantin yang melayani kebutuhan logistik pengunjungnya. Ya maksudnya, kalau Dolaners lapar, tinggal menuju ke area di mana pedagang kaki lima menjajakan dagangannya, kemudian pesan makanan dan minuman di sini.
Akomodasi
Taman ini gratis disediakan oleh pemerintah Kota Surabaya. Paling-paling, Dolaners cuma perlu membayar biaya parkir kalau datang dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Kegiatan
Dolaners bisa menggunakan semua fasilitas di Taman Sakura Keputih ini. Mau ikutan pengunjung lansia menggunakan area batu refleksi? Silakan dicoba. Mau ikutan pengunjung anak-anak bermain di playground? Boleh, selama mereka juga asik. Tapi yang jelas, Dolaners akan suka view taman bunganya. Narsis dengan background bunga-bunga ini bakal bikin Instagrammu tambah kece.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jaga sikap ya, Dolaners. Jangan karena sibuk berselfie atau wefie ria, Dolaners sampe kelupaan menginjak-injak bunga taman. Yuk kita jaga bersama fasilitas umum ini.
Taman ini dekat dengan Terminal Keputih. Kalau Dolaners menggunakan angkutan kota, pilih jurusan JBM atau O, turun saja di terminal, lalu jalan kaki ke Taman Sakura Keputih. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners perlu menemukan Rumah Sakit Bersalin Putri terlebih dahulu. Dari sini, Dolaners menuju ke arah Perumahan Araya. Dari perumahan ini, Dolaners jalan terus sekitar 2km-an, sampai di pertigaan, ambil yang belok ke kanan. Arah ini menuju Terminal Keputih. Nah, Taman Sakura Keputih bertetanggaan, ada di belakang terminal.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link