Taman Situ Lembang Jakarta

1146 views

Apa yang ada di Jakarta? Semrawut? Macet? Panas? Eits, tunggu dulu. Barangkali Dolaners belum menemukan tempat yang tenang di ibukota. Memangnya ada? Oh, jelas ada. Berada di kawasan Menteng, taman yang satu ini dijamin membuat Dolaners merasa seolah tak ada di Jakarta. Areanya cukup luas, jauh dari kebisingan lalu lintas, dengan pohon-pohon rindang yang menepis terik dan panasnya Jakarta. Mau tahu di mana dan seperti apa? Yuk sama-sama lihat ke lokasi.

Taman Situ Lembang, Taman Situ Lembang Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Ardiwebs

Kalau Dolaners sudah ke Taman Suropati, seharusnya Taman Situ Lembang ini tak asing lagi karena lokasi keduanya berdekatan. Hanya karena Taman Situ Lembang tidak berada di tepi jalan raya saja, maka orang jarang melihat ada area luas yang cukup tenang di kawasan Menteng.

Taman Situ Lembang ini kawasan yang cukup hening di tengah Kota Jakarta. Banyak pohon-pohon rindang yang tumbuh tinggi menaungi, dengan sebuah danau di bagian tengah yang menjadi focal point cukup menarik. Selain air mancur yang cukup besar di bagian tengah, Dolaners juga bisa menikmati keindahan bunga teratai di danau ini. Yak, luas sekali kolam airnya, hingga layak bila disebut danau.

Taman di area pemukiman elit ini telah mengalami renovasi beberapa kali, sehingga kini banyak warga sekitar semakin leluasa memanfaatkan fasilitas taman ini. Kesadaran warga Jakarta untuk menghabiskan waktu di taman ini terbukti dengan semakin panjangnya jajaran kendaraan yang terpakir di lahan parkir. Bahkan, bangku taman yang sebelumnya cukup mengakomodasi pengunjung taman, kini semuanya penuh terpakai, hampir setiap saat.

Selain itu, Taman Situ Lembang ini terawat dengan baik. Sudah menjadi rahasia umum bila fasilitas publik sering menderita dalam hal kebersihan, tapi hal ini tak berlaku di Taman Situ Lembang. Bangku-bangku tamannya terawat, bahkan toiletpun bersih. Tentu, kenyamanan seperti ini juga menarik minat orang untuk datang.


AKTIVITAS

Kuliner
Kalau Dolaners pingin menikmati jajanan di sekitar Taman Situ Lembang, melangkahlah sedikit ke luar taman. Di Jalan Terusan Lembang, Dolaners bisa mendapati jajaran pedagang makanan. Tinggal pilih mana makanan yang disuka. Tapi Dolaners juga boleh membawa bekal sendiri, menikmati masakan rumah ditengah suasana yang sejuk di Jakarta.
Akomodasi
Faktor tidak adanya tiket masuk bisa jadi turut mempengaruhi antusiasme warga untuk datang ke Taman Situ Lembang. Hayo ngaku, Dolaners sendiri suka kan, kalau ada yang gratis-gratis?
Kegiatan
Taman Situ Lembang ini lokasi yang tepat di tengah kota untuk Dolaners memancing ikan, menikmati waktu sendirian sambil bengong atau ngelamun. Kalau beruntung, Dolaners bisa dapat ikan gabus, mujair, atau lele. Mau bersantai berdua bersama pasangan, atau menghabiskan quality time bersama keluarga, Taman Situ Lembang bisa jadi pilihan yang mudah terjangkau karena lokasinya yang berada di tengah kota. Beberapa fasilitas permaianan anak-anak sederhana juga tersedia, berdekatan dengan batu refleksi sehingga para orang tua bisa mengawasi anak-anak bermain dengan mudah. Kalau suka jogging, baik pagi maupun sore hari, Dolaners bisa memanfaatkan jogging track di taman ini. Asik loh, tak perlu pergi jauh-jauh untuk jogging ditengah suasana yang alami, dengan udara yang segar dan angin yang berhembus bebas.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tahukah Dolaners kalau Taman Situ Lembang ini adalah salah satu taman tertua di Jakarta? Memang telah banyak pemugaran yang dilakukan demi memperbaiki tampilannya, tapi tetap saja, tempat ini memerlukan peran serta seluruh pengunjung supaya tetap terawat. Setidaknya, jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi, tempat-tempat sampah sudah tersedia di beberapa titik.
Bagaimana Dolaners bisa sampai ke Taman Situ Lembang? Dolaners boleh ke Taman Suropati dulu, yang lebih familiar. Kemudian, arahkan kendaraan ke Jalan Padalarang melalui pintu masuk perumahan elit Menteng menuju ke Jalan Lembang. Pasti ketemu kok, Dolaners, karena lokasi Taman Situ Lembang ini cuma sekitar 250m dari Taman Suropati.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link