Taman Sungai Mudal

263 views

Bosan dengan pemandangan sungai yang keruh dan kotor, banyak sampah? Gak percaya ada sungai yang bersih, dan bisa dipake berenang? Ada loh, Dolaners! Sungai ini ada di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Dengan taman bunga di bantaran sungai, air yang bening jernih, Taman Sungai Mudal menawarkan pesona alam tropis yang sesungguhnya. Yuk, lihat lokasinya, dan bikin sungai di kota Dolaners jadi seindah ini!

Taman Sungai Mudal, Taman Sungai Mudal Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by geghania

Nama Mudal diambil dari Bahasa Jawa, yang bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia kira-kira berarti berlimpah, banyak, dan tiada henti. Begitulah sumber air yang terdapat dalam sebuah gua di kawasan Girimulyo ini. Airnya melimpah keluar sepanjang tahun, tak kenal musim, membentuk aliran sungai hingga air terjun juga, yaitu Sungai Mudal dan Air Terjun Mudal.

Air Terjun Mudal memang telah lebih dulu dikenal sebagai destinasi wisata. Tapi berkat kerja keras warga setempat, bantaran Sungai Mudal menjadi saingan berat air terjunnya. Area sepanjang 600 meter di Sungai Mudal telah disulap menjadi taman bunga yang asri. Ketika mekar, bunga-bunga anggreknya terlihat cantik dengan warna warni yang cemerlang. Air sungainya sendiri dibendung, membentuk sebuah kolam berair jernih bersih. Bendungan bambu yang juga berfungsi sebagai jembatan ini menghantarkan Dolaners ke sisi sungai yang lain, di mana terdapat beberapa gazebo beratap ijuk yang artistik serta camping ground yang lapang. Lahan lapang ini terhenti di kaki tebing batu Gunung Kelir, yang merupakan bagian dari Pegunungan Menoreh. Dan apa artinya bila Taman Sungai Mudal ini masih menjadi bagian dari kawasan Menoreh? Dolaners bisa bertemu dengan kera ekor panjang yang sering menuruni tebing Gunung Kelir untuk mencari makan.

Ada sebuah jembatan bambu lain yang menghantarkan Dolaners ke Air Terjun Mudal, serta kolam-kolam lain sepanjang aliran Sungai Mudal. Go and explore, Dolaners!


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Aliran Sungai Mudal berlanjut hingga mencapai area yang lebih rendah, membentuk Air Terjun Kedung Pedut dan Air Terjun Kembang Soka. Dolaners bisa mampir sekalian dolan ke kedua air terjun ini karena lokasinya masih berada dalam satu wilayah desa.
Berangkat dari Kota Yogyakarta, Dolaners ambil rute ke arah ringroad barat, Pasar Godean, Jembatan Sungai Progo, kemudian belok kanan ke arah Gua Kiskendo. Ambil jalan lurus di pertigaan Gua Kiskendo, kemudian belok kiri menuju Kokap di Pertigaan hutan pinus. Di kawasan ini, Dolaners akan melihat banyak petunjuk arah ke Taman Sungai Mudal.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link