Taman Tanjung Laut, Bontang

1416 views

Mau tahu seperti apa kehidupan penduduk setempat di suatu wilayah? Kalau Dolaners kepo maksimal tentang orang-orang di suatu tempat, lokasi yang paling pas untuk mengamati adalah di taman kotanya. Dijamin, Dolaners akan mendapati banyak pemandangan menarik di taman kota. Dan uniknya, ada sebuah kampung di bontang yang punya taman, terbuka untuk umum, dengan fasilitas kekinian, pula. Yak, inilah Taman Tanjung Laut.

Taman Tanjung Laut, Taman Tanjung Laut Bontang, Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Gusnadi

Mencari ruang terbuka hijau di Kota Bontang? Ada Taman Tanjung Laut, Dolaners. Sederhana saja, nama taman ini langsung copy-paste lokasinya, yaitu di Kampung Taman Tanjung Laut. Jangan ditanya bagaimana antusiasnya warga setempat akan taman ini. Bahkan sebelum resmi dibuka sekalipun, Taman Tanjung Laut sudah ramai pengunjung.

Yang terutama, Taman Tanjung Laut ini menyediakan tempat bermain di alam terbuka untuk anak-anak. Ada fasilitas jungkat-jungkit, seluncuran, ayunan, dan masih banyak lagi permainan di ruang terbuka yang lain. Tak hanya area permainan untuk anak-anak, atau playground, Taman Tanjung Laut juga punya jogging track sebagai salah satu fasilitas olahraga. Tak harus jogging, banyak juga pengunjung Taman Tanjung Laut yang jalan santai di sepanjang jogging track ini, biasanya bersama pasangan. Kalau Dolaners lebih suka duduk-duduk malas menikmati suasana, sudah ada gazebo yang siap menerima kedatangan Dolaners. Bayangkan rileksnya duduk menikmati semilir angin sambil memandangi taman yang ramai pengunjung disore hari.

Taman Tanjung Laut ini sebenarnya adalah proyek dari pemerintah provinsi yang kemudian diserahterimakan pada pemerintah Kota Bontang. Perhatian pemerintah tak berhenti setelah pembangunan Taman Tanjung Laut ini selesai. Terbukti, pada pertengahan tahun lalu, taman yang terbuka untuk publik ini dilengkapi dengan WiFi gratis yang bisa diakses semua orang dalam radius 200 meter dari Taman Tanjung Laut. Tujuannya memang Bontang menjadi smart city atau kota cerdas, jadi warga kota diedukasi untuk bisa menggunakan jaringan internet secara bijak.

Setelah Taman Tanjung Laut ini diresmikan, yang terpenting adalah memanfaatkan dan menjaga fasilitas publik ini. Bila mampir ke taman ini, Dolaners tak hanya bisa memanfaatkan, tapi juga wajib menjaga fasilitas didalamnya.


AKTIVITAS

Kuliner
Taman Tanjung Laut masuk dalam wilayah Kampung Tanjung Laut. Kalau Dolaners pingin hunting makanan khas di daerah ini, tinggal mencari kedai yang menyediakan makanan khas di kawasan Kampung Tanjung Laut. Tapi kalau malas gerak keluar dari area taman, pastikan Dolaners sudah membawa bekal untuk disantap. Memang asik, mengudap makanan sambil menikmati sore ditengah keramaian taman.
Akomodasi
Taman Tanjung Laut terbuka untuk siapapun yang ingin memanfaatkan fasilitasnya. Dan semua fasilitas publik ini bisa dinikmati tanpa harus membayar apapun. Dolaners bisa memasuki area taman tanpa tiket masuk, dan bisa menggunakan fasilitas didalamnya dengan leluasa selama tidak sedang digunakan oleh pengunjung taman yang lain.
Kegiatan
Fasilitas Taman Tanjung laut cukup mendukung berbagai kegiatan yang bisa dilakukan semua kalangan usia. Selain permainan anak-anak, pengunjung berusia dewasa dan lanjut bisa memanfaatkan sarana olahraga dan lahan refleksi kaki untuk meningkatkan kesehatan. Bahkan terkadang ada sejumlah pelajar yang memanfaatkan Taman Tanjung Laut untuk kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Waktu favorit saat Taman Tanjung Laut banyak pengunjung adalah sore hari. Setelah matahari tak terlalu terik, banyak anak-anak yang bersepeda dan bermain di area taman ini. Kalau Dolaners menyukai suasana ramai, sore hari adalah saat yang tepat untuk turut serta menikmati suasana Taman Tanjung Laut bersama para pengunjung yang lain.
Dari Bontang, Dolaners bisa naik angkutan umum menuju Kampung Tanjung Laut. Sesampainya di wilayah Kampung Tanjung laut, Dolaners tinggal mencari di mana Taman Tanjung Laut. Tak akan sulit mencari lokasi taman ini karena areanya cukup luas. Kalau masih kesulitan, bisa ditanyakan saja pada penduduk setempat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link