Taman Tebing Breksi

1493 views

Alam yang indah memang bisa jadi destinasi wisata yang tak lekang oleh waktu - selama dirawat dan dijaga, ya Dolaners. Namun ternyata, fenomena hasil aktivitas manusia yang sudah tak digunakan lagi juga bisa jadi destinasi wisata kekinian lho, Dolaners! Mau bukti? Ada di Yogyakarta, nih. Bekas lokasi tambang kapur di Kabupaten Sleman ini sekarang menjadi destinasi wisata yang instagenik, pun menarik dengan tawaran keseruannya. Inilah, Taman Tebing Breksi.

Taman Tebing Breksi, Taman Tebing Breksi Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by fdg_miko

Baru diresmikan pada pertengahan tahun 2015, Taman Tebing Breksi membuktikan kreatifnya warga Yogyakarta menjadikan lahan terbengkalai sebagai destinasi wisata kece dan kekinian. Dulunya, sejak tahun 1980-an, area tebing ini ditambang oleh warga sekitarnya. Setelah kegiatan penambangan kapur selesai, area ini berubah menjadi destinasi wisata yang instagenik. Nama Breksi sebagai destinasi wisata di Yogyakarta sendiri berasal dari ide warga sekitar yang terinspirasi dari kemiripan tebing kapur ini dengan Bukit Breksi di Bali dan Bandung.

Dan ternyata, setelah diteliti, kapur yang terdapat di Taman Tebing Breksi merupakan endapan dari abu vulkanik gunung api purba Nglanggeran di Gunung Kidul. Wah, jauh juga ya, Dolaners. Tapi yang jelas, berdasar pada hasil penelitian tersebut, Taman Tebing Breksi telah dinobatkan menjadi geo heritage atau cagar budaya yang dilestarikan. Karenanya, kegiatan penambangan kapur dihentikan, namun area ini tetap mendatangkan tambahan pendapatan pada warga setempat karena wisatanya.

Memang, sisa penambangan kapur di kawasan ini meninggalkan guratan-guratan unik di seluruh area tebing. Pada beberapa bagian tampak futuristik dengan potongan sisa penambangan yang unik, sementara di beberapa bagian lain Taman Tebing Breksi terpahat dengan tokoh wayang atau ukiran budaya Jawa yang lain. Saat malam, tata lampu yang baik membuat Taman Tebing Breksi tampak berbeda, artistik seakan karya seni megah. Apalagi, saat ada pertunjukan di Tlater Seneng.

Iya, salah satu spot menarik di Taman Tebing Breksi adalah Tlatar Seneng. Kurang lebih, Tlatar Seneng ini Colosseum atau amfiteater di Yogyakarta gitu, deh. Difungsikan sebagai tempat pertunjukan kesenian, Tlatar Seneng berupa area lapang cukup luas dengan tempat duduk penonton yang mengelilingi sebuah panggung berbentuk lingkaran di tengah-tengah berdiameter sekitar 15 meter. Jangkauan yang cukup luas untuk dijelajahi kan, Dolaners? Belum lagi, bila Dolaners memutuskan untuk mendaki hingga ke puncak bukit. Jadi, jangan lupa untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan kuat, ya!


AKTIVITAS

Kuliner
Persiapkan diri dengan bekal makan dan minum yang cukup ya, Dolaners. Masih belum dijumpai warung makan di kawasan Tebing Breksi, sementara saat siang hari suasananya bisa cukup terik panas.
Akomodasi
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Taman Tebing Breksi memiliki daya tarik tersendiri bagi Dolaners yang suka bertualang di alam terbuka. Tebing-tebingnya menawarkan arena panjat yang menarik, sementara seluruh area berkapur ini bisa menjadi sirkuit menantang untuk bersepeda gunung. Dolaners penggemar fotografi juga akan menemukan banyak spot kece kok, di Taman Tebing Breksi ini. Bahkan, tak jarang, destinasi wisata ini dipilih untuk lokasi fotografi profesional maupun prewed. Dan bila memanjat sampai ke puncak, Dolaners bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Candi Sojiwan, Candi Barong, dan Candi Prambanan. Tenang, gak harus panjat tebing kok, untuk sampai puncak. Dolaners hanya perlu meniti anak tangga yang telah tersedia. Cuma, gak dikit, sih.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Taman Tebing Breksi terletak tak jauh dari Candi Ijo, sama-sama berada di Dusun Groyokan. Bila Dolaners dari arah jalan utama Prambanan Piyungan, Taman Tebing Breksi berada sekitar 1 kilometer sebelum Candi Ijo.
Dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners bisa berpatokan arah para Candi Prambanan. Setibanya di pertigaan Pasar Prambanan, Dolaners ambil arah kanan menuju Piyungan. Bila menemukan penunjuk arah menuju Candi Ijo, ikuti saja. Belok kiri di pertigaan sebelum SDN Sambirejo, Taman Tebing Breksi berada sekitar 1 kilometer dari pertigaan tersebut.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link