Taman Trunojoyo

1329 views

Dolaners sudah pernah menggunakan fasilitas kereta api untuk ke Kota Malang? Sudah pernah menginjakkan kaki di Stasiun Kota Baru Malang? Tahukah Dolaners kalau di depan stasiun ini ada sebuah taman yang nyaman banget buat main-main sekeluarga? Bukan sebuah taman sih, sebenarnya ada dua area taman yang terpisah jalan. Dan keduanya memang area taman yang bikin siapapun nyaman dolan di taman ini. Ya, inilah Taman Trunojoyo di Kota Malang.

Taman Trunojoyo, Taman Trunojoyo Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via ihwanhariyanto

Sejak dirapikan kemudian diresmikan pada pertengahan tahun 2014, hingga saat ini Taman Trunojoyo masih tetap jadi favorit warga Kota Malang untuk ngaso, ngadem, dan dolan di dalam wilayah kota. Dolaners kepo seperti apa arek-arek Malang? Coba tongkrongin Taman Trunojoyo sebentar saja.

Karena lokasinya, taman ini dikenal juga dengan nama Taman Depan Stasiun Kota Baru. Karena Stasiun Kota Baru terletak persis di ujung Jalan Kertanegara, Taman Trunojoyo terpisah oleh jalan kembar ini. Sesuai lokasinya saja, ada Taman Trunojoyo Utara dan Taman Trunojoyo Selatan. Keduanya memiliki luas yang hampir sama, dan sama-sama memiliki trotoar yang nyaman. Sebaliknya, keduanya terpisah oleh pertigaan yang sangat ramai, sehingga Dolaners harus berhati-hati bila hendak menyeberang dari Taman Trunojoyo Utara ke Taman Trunojoyo Selatan, atau sebaliknya.

Konsep Taman Trunojoyo di Kota Malang ini adalah ruang terbuka yang nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Bangku taman tersebar di seluruh area, sementara playground ada di mana-mana. Si kecil bisa puas memilih permainan yang disukai, terutama di Taman Trunojoyo Utara. Ada lautan pasir, ayunan, jungkat jungkit, tempat baca, bahkan ada ruang bilas setelah si kecil selesai bermain. Di Taman Trunojoyo Utara ada air mancurnya, yang pasti bikin si kecil menyukai area taman ini.

Taman Trunojoyo adalah area terbuka hijau yang nyaman, lapang, dan rindang. Fasilitasnya lengkap, termasuk WiFi, ruang ibu menyusui, area wifi, dan toilet umum. Semua disediakan tanpa dipungut biaya. Cobain yuk, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Di sebelah Taman Trunojoyo Selatan ada food court yang menawarkan banyak banget ragam makanan. Pendeknya, semua jenis makanan ada di sini, deh. Dolaners tinggal pilih. Kalaupun tak ada yang sreg di hati, bisa ke resto-resto di sekitar area ini. Semua resto di sekitar food court masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, jadi tak terlalu jauh. Tapi kalau mau bawa bekal dan piknik di taman ini, boleh2 saja. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya, ya!
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa duduk-duduk santai menikmati semilir angin di bawah teduhnya pepohonan rindang sambil mengawasi si kecil bermain. Atau nongkrong bersama kawan-kawan di Taman Trunojoyo juga bisa, trus langsung pindah ke food court saat perut mulai keroncongan atau tenggorokan mulai terasa kering. Doyan baca? Ada perpustakaan kecilnya, di mana Dolaners bisa lihat-lihat buku apa yang asik untuk dibaca. Bakan taman ini punya biopori dan sumur resapan di beberapa titik. Kalau sedang mencoba membuat biopori atau sumur resapan di halaman atau lingkungan sekitar rumah, Dolaners bisa lihat langsung contohnya di taman ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners memang pingin menikmati Taman Trunojoyo bersama si kecil, langsung saja ke Taman Trunojoyo Utara karena semua permainan anak ada di area ini. Kalau mau wisata kuliner, Dolaners ke Taman Trunojoyo Selatan saja.
Taman Trunojoyo bisa diakses dengan angkutan umum dari Terminal Arjosari maupun Terminal Gadang. Dolaners bisa naik angkot AG, AL, atau ADL untuk mencapai lokasi. Bisa juga bertanya angkot mana yang menuju Stasiun Kota Baru, dan Dolaners akan dihantarkan sampai di tepi Taman Trunojoyo. Bisa juga menggunakan kendaraan pribadi, dan Dolaners cuma perlu membayar biaya parkir. Mudah banget ditemukan karena lokasi taman ini memang di sebelah kanan dan kiri ruas jalan yang persis ada di depan Stasiun Kota Baru.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link