Taman Tugu Kota Malang

805 views

Sudah mampir ke Kota Malang? Sudah ke landscape ikonik kota apel ini? Kalau mau dipilih mana yang ikonik, memang agak susah, sih. Tapi yang wajib dikunjungi tentunya adalah yang dekat dengan gedung pemerintahan. Tepat di depan Balaikota Malang, ada sebuah taman indah, dengan rumput hijau menghampar dan bunga-bungaan merekah serta tak lupa ada air mancurnya pula. Inilah taman milik warganya, Taman Tugu Kota Malang.

Taman Kota Tugu, Taman Kota Tugu Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen. Dolaners

photo via _dhania90

Taman Tugu Kota Malang dikenal juga dengan nama Taman Alun-Alun Tugu Balaikota Malang, Taman Tugu Balaikota Malang, Taman Tugu Bunder, Alun-Alun Bunder, atau ada juga yang menyebut taman ini Alun-Alun Tugu. Dan mungkin Dolaners masih akan mendengar nama lain lagi. Tak masalah, tak usah bingung, semua nama ini hanya mengacu pada satu lokasi, yakni sebuah taman di depan Balaikota Malang.

Bentuk taman ini memang bunder, dalam Bahasa Jawa, yang berarti bundar atau melingkar, atau lingkaran. Dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Taman Tugu Kota Malang aslinya dibangun tanpa pagar seperti yang Dolaners bisa lihat saat ini. Bahkan tugu yang berdiri di tengah taman itu belum ada. Memang konsep taman ini aslinya sederhana sekali, hanya sebagai pelengkap halaman gedung Gubernuran Hindia Belanda.

Setelah dibangun kembali pada masa Presiden Soekarno, Taman Tugu Kota Malang kurang lebih seperti yang terlihat sekarang. Monumen tugu yang berdiri tegak di pusat taman dikelilingi oleh kolam air dengan ikan-ikan di dalamnya dan bunga-bunga teratai yang mengambang di permukaannya. Di tepian kolam ini ada air mancur, yang memancarkan air dipagi dan malam hari. Tak hanya membantu sirkulasi air kolam, air mancur ini juga menambah keindahan Taman Tugu Kota Malang. Di lingkar luar kolam teratai, ada taman rumput yang penuh beraneka warna bunga. Begitu berada di hamparan taman ini, pasti Dolaners bisa langsung merasakan instageniknya area ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Sambil jalan-jalan di Taman Tugu Kota Malang, Dolaners mau wisata kuliner sekalian? Melangkahlah keluar sedikit dari area taman, tepatnya ke kawasan Taman Trunojoyo Selatan. Di sini ada food court yang menyajikan bermacam-macam makanan, Dolaners tinggal pilih apa yang disuka. Bisa juga ke resto-resto di sekitar food court ini. Gak bakal kekurangan pilihan kalau kulineran di kawasan ini. Tapi kalau berniat piknik dan makan bekal di Taman Tugu Kota Malang, boleh-boleh saja. Sekalian menikmati hamparan rumput, bunga-bunga, dan kolam teratai. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah, dan membuangnya di tempat yang telah disediakan.
Akomodasi
Taman Tugu Kota Malang terbuka untuk umum, Dolaners bisa menikmati keindahan taman ini tanpa perlu membayar tiket masuk apapun.
Kegiatan
Banyak orang ke Taman Tugu Kota Malang untuk sekedar duduk-duduk di rumputnya. Taman ini juga menjadi pilihan keluarga kecil untuk jalan-jalan bersama menciptakan quality time mereka. Kalau Dolaners ngaku generasi kekinian yang wajib selfie, Taman Tugu Kota Malang bisa jadi pilihan lokasi selfie yang instagenik.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Taman Tugu Kota Malang berada di pusat kota, dengan banyak bangunan-bangunan penting di sekitarnya. Berhadapan dengan taman berbentuk bundar ini adalah Balaikota Malang. Di sebelah kanan Balaikota Malang adalah gedung DPRD, sementara di sebelah kiri adalah Hotel Tugu. Di sisi kanan dan kiri Taman Tugu Kota Malang masing-masing ada Jalan Kahuripan dan Kertenegara. Berseberangan dengan Balaikota Malang, ada Jalan Suropati. Dan di sisi setengah lingkaran sisanya, ada gedung Staf Komando Daerah Militer (Skodam), SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 1. Banyak banget patokan di sekitar Taman Tugu Kota Malang, jadi Dolaners takkan melewatkannya.
Karena lokasinya, Taman Tugu Kota Malang bisa diakses dari Jalan Suropati, Jalan Kertanegara, maupun Jalan Kahuripan. Masih ada dua jalan lain untuk mengakses taman ini, yaitu Jalan Simpang Majapahit dari arah Alun-Alun Merdeka dan Jalan Gajahmada yang tersambung ke Stasiun Kota Baru juga, selain Jalan Kertanegara.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link