Taman Waduk Pluit Jakarta

708 views

Jakarta, sang ibukota negara, tentu punya segalanya. Apapun yang Dolaners cari, tentu bisa didapatkan di Jakarta. Mulai kawasan pemukiman paling kece, pusat perbelanjaan paling mahal, sampai tempat pemukiman paling kumuh, bahkan tempat belanja paling semrawut. Tapi ada loh yang susah dicari di Jakarta. Dolaners tahu apa itu? Yup, lahan terbuka hijau di mana Dolaners bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Dan gratis. Gratis! Ini lagi yang paling susah dicari di Jakarta, tapi Dolaners bisa menemukannya di kawasan Penjaringan. Apa itu? Ya, Taman Waduk Pluit.

Waduk Pluit, Waduk Pluit Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Bithaliany

Sempat ramai saat terjadi relokasi warga ke rusun-rusun pemerintah, kini suasana Waduk Pluit jauh berbeda. Tak ada lagi pemandangan pemukiman berjubel, yang ada adalah panorama alam yang hijau dan biru. HIjau pada area tamannya, dan biru pada area air waduk yang memantulkan warna langit saat cerah. Taman Waduk Pluit berlokasi dekat dengan Taman Kalijodo. Saat Dolaners berdiri di tepi taman ini, yang tampak adalah panorama air membentang Waduk Pluit, dengan latar belakang gedung-gedung bertingkat di kejauhan.

Pohon-pohon tamannya tinggi menjulang rindang, menaungi Dolaners dari teriknya matahari Jakarta. Udara di bawah pohonpun cukup sejuk, menggoda banget buat Dolaners duduk sejenak di atas hamparan rumputnya yang hijau. Tak heran, banyak pengunjung yang membentangkan tikar, membongkar bekal, dan memulai acara makan-makan bersama. Memang, pengunjung yang datang bersama keluarga biasanya berpiknik di area taman. Makanan yang biasa sekalipun, kalau dimakan bersama dalam suasana seperti ini, pasti jadi lebih enak. Apalagi dengan pemandangan waduk membentang dan gedung-gedung pencakar langit di kejauhan. Memang, duduk-duduk santai di bawah pohon yang rindang bisa jadi kegiatan yang menyenangkan di kota yang penat.

Taman Waduk Pluit, yang berfungsi pula sebagai lahan terbuka hijau, tentunya menyediakan fasilitas permainan untuk anak-anak. Ada permainan becak kecil, mini bom-bom car, atau balon seluncur. Setiap permainan ini memang tidak gratis, tapi tak mahal juga, kok. Dan yang pasti, anak-anak sudah senang.

Kini, sudah terlihat hasil usaha membangun kembali kawasan Waduk Pluit. Mengalirnya jumlah pengunjung membuat Taman Waduk Pluit nyaris tak pernah sepi. Jadi sekalipun Dolaners datang seorang diri, nantinya gak bakal celingak-celinguk sendirian di Taman Waduk Pluit. Saking berbedanya suasana di kawasan Waduk Pluit sekarang, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte bahkan tertarik untuk datang berkunjung dan melihat langsung. Gak pingin ikutan Pak Perdana Menteri ini, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Permainan-permainan khusus untuk anak biasanya muncul saat hari-hari libur atau akhir pekan, menyesuaikan dengan jadwal sekolah juga. Kalau Dolaners datang ke Taman Waduk Pluit saat hari-hari kerja dan sekolah, suasananya akan lebih sepi pengunjung keluarga dan anak-anak.
Taman Waduk Pluit berada di kawasan Penjaringan. Tentunya, Dolaners bisa sampai ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, taksi online, atau ojek online. Tapi Dolaners juga masih bisa menggunakan transportasi umum. Paling gampang, kalau naik bus Transjakarta, Dolaners turun saja di Halte Pluit. Kemudian, jalan ke arah timur. Timur sebelah mana? Kalau bingung, bisa tanya orang-orang di sekitar. Taman Waduk Pluit udah dekat kok, sekitar 500 m lagi, jadi pasti mudah ketemunya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link