Taman Wisata Gunung Semeru

1967 views

Salah satu spot menarik dari wisata gunung Semeru adalah perjalanan ke puncaknya dengan melewati Ranu Kumbolo dan juga Oro-oro Ombo. Ranu Kumbolo adalah sebuah tempat yang cocok untuk beristirahat dan menikmati sunrise di sela bukit.

Taman Wisata Gunung Semeru

Photo by youtube.com

Gunung Semeru, sebuah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lambang kekokohan alam dengan panorama luar biasa. Sempat menjadi objek di sebuah film, yang digadang-gadang menjadi pelopor wisata hiking, atau mendaki gunung. Wisata Semeru salah satu andalan wisata alam terbaik di Jawa Timur.

Gunung Semeru adalah gunung api aktif yang berada di kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang Jawa Timur. Memiliki puncak bernama Mahameru. Tinggi wisata gunung Semeru 3676 mdpl. Wisata gunung Semeru merupakan destinasi bagi Dolaners yang hobi melakukan wisata ekstrim. Diperlukan mental baja untuk bisa pergi ke wisata Gunung Semeru.

Taman Wisata  Gunung Semeru sangatlah cocok bagi anda yang suka tantangan. Alam yang ada di sana tak bisa ditolak keindahannya. Ada banyak flora fauna yang sangat menarik. Alam Indoesia memang sangatlah luar biasa. Wisata gunung Semeru masuk ke dalam jajaran destinasi yang cukup ramai di kalangan pecinta alam baik lokal maupun mancanegara. Banyak orang berkunjung kesana untuk menikmati terjalnya perjalanan ke Mahameru. Ada baiknya juga memerhatikan berbagai aturan demi keselamatan pengunjung. Banyak kasus terjadi akibat lalainya pengunjung terhadap aturan.Tak hanya wisata Gunung Semeru yang menjadi andalan, di kawasan tersebut terdapat beberapa gunung lain yang pesonanya tak kalah menarik. Wisata gunung Semeru yang lainnya adalah Gunung Bromo, Gunung Kursi, Segara Wedi, dan lainnya. Tentu sangat layak dikunjungi Dolaners yang hobi beradu dengan terik matahari, perjalanan menanjak, dan juga serunya jalan kaki menyusuri tempat yang luas.

Wisata Gunung Semeru yang sudah sangat terkenal adalah danau Ranu Kumbolo. Danau yang sangat indah dan dikelilingi bukit, menjadikan tempat ini sangat cocok ngecamp. Apalagi saat matahari bersinar di pagi hari, sinar matahari terlihat di balik bukit. Tak heran kawasan wisata Gunung Semeru di Ranu Kumbolo cenderung lebih ramai oleh wisatawan yang berkemah di sana. Bagi yang belum siap wisata Gunung Semeru ke puncak Mahameru, lebih baik berkemah ke Ranu Kumbolo adalah pilihan yang cukup menarik. Tentu, persiapan seperti tenda, dan juga sleeping bag dan logistic makanan harus siap dibawa.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mendaki gunung semeru dapat ditempuh lewat kota malang atau lumajang. Dari terminal kota malang Dolaners dapat menggunakan jasa angkutan umum menuju desa Tumpang. Kemudian dilanjutkan lagi dengan menggunakan Jip atau Truk Sayuran yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang dengan biaya per orang Rp. 13.000,- hingga Pos Ranu Pani.

Dengan menggunakan Truk sayuran atau Jip ini perjalanan dimulai dari Tumpang menuju Ranu Pani desa terakhir di kaki semeru. Di sini terdapat Pos pemeriksaan, terdapat juga warung dan pondok penginapan. Pendaki juga dapat bermalam di Pos penjagaan. Di Pos Ranu Pani juga terdapat dua buah danau yakni danau (ranu) panidan ranu regulo. Terletak pada ketinggian 2.200 mdpl. Untuk pendakian ke gunung semeru diperlukan waktu sekitar dua sampai empat hari untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Semeru Mahameru.

Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Taman Wisata Semeru tidak perlu khawair, karena selain bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua, roda empat atau lebih, juga telah tersedia transportasi umum yang siap mengantarkan Dolaners hingga di gerbang utama kawasan Taman Nasional Gunung Semeru ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link