Taman Wisata Selecta

2212 views

Ragam bunga ciptaan Sang Pencipta seraya tersenyum cantik, mereka bermekaran dan menghiasi area taman dengan sangat menggoda setiap mata yang memandangnya.

Taman Wisata Selecta

Photo by jalan2.com

Batu adalah salah satu daerah di kota Malang yang kaya akan obyek wisatanya. Bersiaplah Dolaners untuk meletakkan kota Batu ini sebagai tujuan wisata berikutnya, salah satu wisata terkenal disana adalah Taman Wisata Selecta. Nah, wisata ini pas banget buat Dolaners yang cenderung menyukai suasana tenang seraya menikmati indahnya panorama bungan yang mengagumkan lagi mempesona. Taman ini berada di desa Tulungrejo, Batu, Malang.

Taman Bunga Selecta didirikan oleh Ruyter de Wild sekitar tahun 1930 ketika nusantara masih diduduki oleh Belanda. Bisa dikatakan taman ini adalah taman sebagai peninggalan Belanda, namun sesudah era revolusi telah berlalu tokoh masyarakat berinisiatif untuk memberdayakan kembali taman tersebut yang ketika itu tengah mengalami kersusakan.

Fasilitas seperti pasar bunga, pasar buah, gedung pertemuan, pemandian, perainan, outbond dan restoran akan menambah kenyamanan Dolaners untuk berwisata disana. Ada sesuatu yang unik dari Taman Wisata Selecta ini karena masih ada arsitektur kuno dari peninggalan di zaman Belanda dan masih dipertahankan hingga saat ini. Jadi, selain wisatawan lokal tak jarang Taman Bunga Selecta yang indah ini dikunjungi oleh wisatawan asing dan salah satunya dari Belanda.

Suhu udara didaerah ini terkenal cukup dingin, bagi Dolaners yang tidak tahan dengan dingin maka jangan paksakan diri untuk berenang. Sebaliknya, menghabiskan waktu untuk jalan-jalan menyusuri bukit dan mengelilingi Taman Wisata Selecta Malang sambil menikmati panorama indah sekitar adalah hal yang terbaik bagi Dolaners. Disana ada berbagai jenis dari tanaman bunga yang bisa Dolaners saksikan, bahkan ada juga beberapa bunga yang langka.

Usai jalan-jalan Dolaners bisa mencicipi ragam menu makanan khas di rumah makan sekitar area taman bunga dengan menu andalan yang berbeda-beda. Kapan Dolaners akan datang kesini? Segera buat planning dan berangkatlah ke Taman Wisata Selecta Batu,

Keindahan panorama alam populasi bunga bagai surga dan siapapun yang menyaksikannya pasti tak akan pernah bosan, kunjungi segera taman bunga impian di Kota Batu, Malang.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Taman Wisata Selecta Batu tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Taman Wisata Selecta ini juga tersedia beragam kios bahkan di kawasan ini terdapat pasar yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan dijajakan disini.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 25.000,-
Biaya Naik Flying Fox : Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,-
Biaya Berkuda : Rp. 10.000,- sekali putaran
Biaya Wahana Anak : Rp. 12.000,- hingga Rp. 15.000,-
Biaya Menginap di Penginapan : Rp. 300.000,- hingga Rp. 2.300.000,-
Kegiatan
Selain hanya menikmati dan berfoto foto ria di taman bunga, Di Taman Wisata Selecta ini juga sangat mendukung acara wisata keluarga karena banyak berbagai mainan, bisa dinikmati oleh anak-anak bahkan dewasa dan penginapan di sekitar area wisata ini cukup memadai sehingga bagi yang belum merasa puas menikmati keindahan dan kesejukan alam Selecta bisa menginap di hotel atau penginapan yang tersedia dengan tarif yang bervariatif.

Selain itu Taman Selecta Batu ini memiliki beberapa wahana yang menarik dan memiliki fasilitas lengkap yang alami dan spektakuler, Antara lain :

  •  Kolam Renang
  • Taman 1000 bunga
  • Waterpark
  • Outbond
  • Flying fox
  • Perahu Columbus
  • Kolam ikan tawar
  • Sepeda air
  • Pasar wisata (bunga, buah dan sayur)
  • Area jogging
  • Arena kuda
  • Aquarium raksasa dan goa singa
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Taman Wisata Selecta ini cukup mudah, dari kota Malang Dolaners mengambil arah ke dinoyo kemudian tlogomas hingga terminal landungsari ikuti petunjuk sampai ke terminal kota batu, dari sini Dolaners bisa mengikuti angkutan umum berwarna orange yang memang tujuannya ke Taman Bunga Selecta Batu. Hanya perlu perjalanan kurang dari 1 jam dari Kota Malang untuk bisa sampai ke Taman Bunga Selecta ini.
Untuk dapat ke lokasi wisata Taman Bunga Selecta ini dari pusat kota Malang cukup mudah. Dolaners bisa menggunakan kendaraan umum berupa Angkot berwarna biru dengan kode AL atau ADL tujuan Terminal Landungsari. Biaya dari pusat kota hingga Terminal Landungsari sebesar Rp. 4.000,-. Dari terminal tersebut Dolaners berganti Angkot berwarna Merah muda (pink) atau Ungu dari Terminal Landungsari turun di Terminal Batu dengan biaya sebesar Rp. 4.000,-.

Dari Terminal Batu tersebut, Dolaners harus berganti Angkot kembali menggunakan Angkot berwarna Orange (Angkot paling Kanan Warna Orange di photo di bawah ini) jurusan Terminal Batu – Selecta – Coban Talun dengan biaya sebesar Rp. 4.000,-. Dengan menggunakan angkot tersebut, Dolaners akan langsung diantarkan sampai ke pintu gerbang Taman Rekreasi Selecta. Dari pintu masuk ini Dolaners harus berjalan sekitar 50 meter untuk benar-benar sampai ke Taman Rekreasi Wisata Selecta ini. Di pintu masuk obyek wisata ini ada sebuah patung yang berdasarkan keterangan warga sekitar patung tersebut adalah patung Ken Dedes.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link