Denpasar

Tanah Lot

1010 views

Tanah Lot sangat indah karena airnya sangat jernih biru, dan pasirnya sangat bersih putih dan menawan. Pura yang ada di pantai tanah lot digadang gadang ini sebagai pura untuk memuja dewa dea yang telah membawa keberkahan pada pulau Bali yang memang sangat indah.

Tanah Lot

Photo by mediaforscience.net

Pulau Bali ada salah satu pulau yang sangat indah, maka karena keindahannya itu, pulau tersebut disebut pulau dewata. Pulau yang berada dekat dengan Jawa Timur ini sangat terkenal dari masyarakat Indonesia maupun dengan mancanegara. Pantai yang ada di Bali sangatlah indah dan sangat memesona. Salah satu yang paling terkenal adalah Tanah Lot. Pantai Tanah Lot sangat indah karena ada pura yang kokoh di pantai yang seolah dikelilingi riuhnya air.

Pada hari keagamaan tertentu kita dapat menyaksikan upacara sakral masyarakat setempat. Keunikan dan juga kultur religi yang kuat menambah daya pikat wisatawan terhadap Tanah Lot. Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan lain di sekitar Tanah Lot. Di sepanjang jalan menuju kawasan Tanah Lot terdapat banyak sekali penjual berbagai kaos, pernak pernik, souvenir, makanan, dan segala atribut tentang Bali. Kita bisa menawar dengan harga yang cukup murah. Selain masih bisa ditawar, di sini kita juga bisa menjumpai penduduk lokal yang ramah. Bali memang tak pernah mati. Berbagai cobaan yang silih berganti, Bali tetap di hati dan akan selalu menjadi ikon wisata Indonesia.

Dolaners, pergi ke Bali adalah salah satu cara untuk melepaskan segala kepenatan, maka dari itu, kita harus senantiasa untuk menjaganya dari tangan jahil yang merusak keistimewaannya. Selalu amankan Bali, jangan sampai luka lama Bali terkuak lagi dan Bali tetaplah surga bagi para penikmat keindahan dunia.

Melewatkan Tanah Lot adalah salah satu hal yang sangat merugikan. Untuk itu, kalau ke Bali sejenaklah menyisihkan waktu untuk ke sana. Keindahan pura di antara air laut saat pasang adalah sensasi tersendiri yang amat menyenangkan. Jangan lupa pula untuk berfoto di antara karang yang ada di Tanah Lot.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sepanjang jalan pantai Tanah Lot, Dolaners tidak hanya bisa menemukan restoran dengan berbagai macam menu andalannya, namun juga cafe untuk nongkrong bersama teman, keluarga atau pasangan Dolaners. Kebanyakan warung warung disini menjajakan aneka menu hidangan sea food. Namun Dolaners tidak perlu khawatir, di sekitar area luar kawasan Pantai Tanah Lot juga berjajar aneka tempat makan lain Seperti Pool Grill Pan Pasific Nirwana Bali Resto, Merica Restaurant, Depot Dini Cafe, Melasti dan masih banyak lagi.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 15.000,- (Domestik)
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Meskipun Dolaners tak diizinkan untuk masuk ke dalam pura Tanah Lot ini, namun masih ada hal menarik lainnya yang bisa Dolaners lakukan di Tanah Lot, seperti :
  • Hunting foto
    Pemandangan matahari terbenam di tempat wisata ini menjadi objek foto yang banyak diincar para fotografer amatir dan profesional. Pura Tanah Lot dengan latar senja kemerahan akan membuat foto Dolaners menjadi sangat cantik untuk dipamerkan ke teman dan keluarga saat pulang nanti.
  • Berburu suvenir
    Di sepanjang jalan masuk menuju ke Pura Tanah Lot terdapat pasar seni yang menawarkan beragam kerajinan tangan khas Bali. Dolaners bisa menemukan kalung dan gelang kayu berukir, gantungan kunci dari kerang, asbak dengan hiasan pasir dan bintang laut dan juga kaos dengan beraneka tulisan khas Bali.
  • Menguji mitos
    Di Tanah Lot pun demikian. Di sini, berkembang mitos bahwa jika Dolaners mencuci muka dengan Tirta Pabersihan sambil mengucapkan permohonannya, maka tak lama lagi keinginannya tersebut akan terkabul.
  • Ritual odalan
    Odalan merupakan sebuah ritual atau upacara yang biasa dilakukan menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Pada hari tersebut, Pura Tanah Lot akan dipenuhi umat Hindu yang datang dari segala penjuru Bali untuk bersembahyang di sini. Jadi jika beruntung, Dolaners bisa melihat satu lagi kebudayaan Indonesia yang masih dilestarikan di Bali ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk menuju ke Tanah Lot cukup mudah, yakni dari Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kuta menuju ke Jalan Sunset Road lalu belok kanan ke Jalan Kerobokan. Akan ada bundaran, belok kiri menuju Jalan Raya Canggu hingga tiba di Jalan By Pass Munggu. Dari sini belok kiri hingga tiba di Jalan Raya Tanah Lot. Tinggal ikuti saja jalan ini. Maka Dolaners akan menemukan Pantai Tanah Lot.
Untuk dapat sampai ke Pantai Tanah Lot ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau bahkan bus kota. Dolaners tinggal naik bus trans sarbagita koridor 6 dengan jalur Kuta menuju Tanah Lot untuk menuju ke Tanah Lot ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link